Resep Celimpungan Khas Palembang

Celimpungan Khas Palembang

Celimpungan Khas Palembang
5
durasi masak 1 Menit
porsi 1 Porsi

Tentang Masakan

Haii moms.. Gmn puasanya hr ini? Semoga lancar yaa puasanya sampai hari kemenangan nnti.. Oiyaa moms masak apa nie untuk berbuka nnti.. Kalau saya buat menu untuk berbuka puasa dengan menggunakan kaldu jamur masako yaitu "Celimpungan Khas Palembang".. Ini merupakan makanan khas Palembang yg blm banyak orang ketahui.. Celimpungan ini terdiri dari bola bola pempek dengan kuah kuning bersantan.. Celimpungan ini enaak bngt dan ga kalah rasanya seperti tekwan. Tentunya saya menggunakan kaldu jamur masako yg membuat celimpungan ini tambah gurih dan lezaat.. Yukk boleh disimak resep dan cara membuatnya..

Bahan-Bahan
Bahan bola2 celimpungan *250 gr ikan tenggiri halus *125 ml air *1,5 sdt garam *1/2 sdt masako jamur *125 gr tepung sagu *3 butir telur Bahan kuah *1000 ml air *100 ml santan instan *3 lembar daun jeruk *3 lembar daun salam *2 batang sereh,geprek *3 cm lengkuas,geprek *garam,gula dan secukupnya *1 sachet masako jamur Bahan bumbu halus *8 siung bawang merah *5 siung bawang putih *3 butir kemiri *1 sdm ketumbar bubuk *3 cm kunyit *1/2 sdt merica bubuk Bahan pelengkap *bawang goreng
Cara Membuat
1
Langkah 1/1

Cara membuatnya 1. Bola2 celimpungan : campur dan mixer ikan dan air sampai tercampur rata. Masukkan masako dan garam mixer lagi sampai adonan kental. 2. Masukkan sagu dan aduk pelan2 dengan menggunakan spatula. Ambil adonan 40 gr dan bulatkan lalu rebus hingga matang. Lakukan hingga habis. Siaihkan 3. Kuah celimpungan : tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan lengkuas hingga harum dan matang. Masukkan air,santan,masako,garam,gula dan merica. Masak hingga matang. Menjelang matang masukkan bola2 celimpungan dan daun bawang. Test rasa dan matikan kompor 4. Sajikan celimpungan dengan taburan bawang goreng.

Sudah Mencoba

Bagikan pengalaman saat kamu membuat dan menyantap resep ini, dan dapatkan Umami coins!

Tulis Jurnal Umami

Tantang resep ini

Ajak teman untuk memasak resep ini dengan versi dan keunikannya sendiri.

Challenge Recook
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.