9 Menu Makanan Prasmanan Pernikahan di Rumah, Mana Favoritmu? - Dapur Umami

9 Menu Makanan Prasmanan Pernikahan di Rumah, Mana Favoritmu?

Menyelenggarakan resepsi pernikahan tidaklah mudah, ada beberapa poin yang perlu calon pengantin siapkan. Mulai dari gedung, dekor pelaminan, baju pengantin, hingga untuk menu makanan prasmanan. Pernikahan merupakan momen yang tidak akan terulang kembali. 

Oleh karena itu, kedua mempelai pengantin harus memastikan semua dalam hal kondisi baik dan tidak mengecewakan, termasuk urusan menikmati makanan. Berikut beberapa daftar menjadi menu makanan prasmanan nikahan di rumah. 


9 Menu Makanan Prasmanan Nikahan ala Rumahan

Makanan merupakan bagian krusial dari sebuah acara pernikahan. Agar tamu undangan bahagia dan menikmati pesta yang ada, maka pasangan pengantin harus memilih pilihan menu dan jenis makanan yang lezat. 

Berikut ini beberapa rekomendasi Dapur Umami yaitu menu prasmanan pernikahan sederhana yang cocok disajikan untuk acara di rumah. 


Nasi Goreng


Siapa yang tidak suka nasi goreng? Makanan yang satu ini memang merakyat, karena hampir semua orang menyukai kelezatan nasi goreng. Tidak heran jika di setiap acara pernikahan selalu Mama temukan menu nasi goreng.  


Nasi goreng merupakan menu prasmanan yang sederhana tapi mewah. Mengapa demikian? Pasalnya, nasi goreng dapat diolah dengan bahan lainnya, seperti daging ayam, sayuran, telur dadar hingga seafood

Tamu undangan juga cenderung mengambil nasi goreng jika tidak mengambil nasi putih sebagai menu utama dan menambahkan lauk prasmanan lainnya. 


Sate Ayam


Biasanya catering pernikahan sudah mempunyai pilihan paket wedding. Menu yang selalu adalah sate ayam. Kebanyakan masyarakat Indonesia menyukai sate ayam, karena rasanya bumbu kacangnya khas karena sudah pasti cocok dengan selera Nusantara. Tak jarang, menu sate ayam juga habis duluan. Menu ini cocok menjadi lauk prasmanan untuk melengkapi nasi goreng. Atau mau agak berbeda? Cobain sate ayam asam manis ya, Ma, menu satu ini memang seru sekali!


Bakso 


Selain dua makanan di atas, bakso juga tidak boleh ketinggalan, nih. Bakso dengan kuah segar juga menjadi favorit tamu undangan. Meskipun tamu sudah mencicipi menu utama, mereka juga tetap akan mengambil bakso. Apalagi, jika tamu undangan membawa anak-anak, menu bakso bisa menjadi pilihan. Berikut Bakso Kuah Sajiku® yang cocok Mama intip resepnya. Ngomong-ngomong mengenai buah hati, ini juga ada kuncian mudah buat bikin bekal sekolahnya yang pastinya bakal disukai, cobain ya Ma di sini.


Mie Goreng


Tak jauh berbeda dengan nasi goreng, keberadaan mie goreng di meja prasmanan juga selalu menjadi incaran tamu undangan. Mie goreng merupakan makanan sederhana tetapi mengenyangkan. Jadi, tidak salah jika mie goreng selalu menjadi primadona di meja prasmanan. 


Capcay


Memilih menu yang satu ini juga pasti Mama jumpai di atas meja prasmanan rumahan, kan?. Karena wajib hukumnya dalam menu prasmanan tersedia makanan yang berbahan sayur. Oleh karena itu, menu capcay menjadi pilihan yang tepat. Karena menu yang satu ini terdiri dari beberapa macam sayuran, dengan rasa gurih yang khas. 


Olahan Ayam


Selain sate ayam, menu olahan ayam yang wajib ada di makanan prasmanan adalah ayam goreng laos/lengkuas atau ayam mentega. Pasalnya, menu ayam goreng cocok menjadi lauk prasmanan yang terlihat mewah. Lebih afdol jika mengonsumsi kedua menu ini dengan nasi goreng atau mie goreng. 


Soto 


Makanan berkuah lain yang biasanya ada di pernikahan tradisional adalah jenis soto ayam. Rasa soto yang gurih selalu menarik tamu untuk mencicipinya. Pasangan pengantin bisa memilih soto yang berbahan dasar ayam atau daging sapi. 


Ikan Asam Manis


Selain menu di atas, menu populer acara pernikahan rumahan lainnya adalah ikan tepung asam manis. Chinese food yang satu ini juga termasuk favorit masyarakat Indonesia dan banyak ditemui di meja prasmanan pernikahan di mana saja. Idealnya, ikan yang digunakan adalah kakap atau gurame. 


Es Buah


Di setiap acara pernikahan pasti tersedia es. Sebagai menu dessert, es buah jauh lebih menarik daripada es krim. Potongan buah bercampur dengan agar-agar akan jauh lebih enak dan menggoda, apalagi saat acara di siang hari. Jangan lupa, pasangkan dengan cheesy berry dessert box ala Mayumi┬«, dapat dibuat dalam bentuk box super mini yang dapat dihidangkan kepada tamu yang datang. 


Nah, itulah beberapa menu makanan prasmanan nikahan yang biasanya dihidangkan. Secara umum, tidak ada patokan apa saja menu prasmanan untuk acara di rumah. Karena setiap paket catering pernikahan memberikan pilihan sesuai budget masing-masing. Jadi, kembali lagi disesuaikan dengan kantong masing-masing calon pengantin, ya.


Source of thumbnail: Buffet Food by dotshock