3 Rahasia Bikin Daging Empuk dan Lezat Ala Resto

Ada stok daging sapi di kulkas, tapi Mama bingung mau dimasak apa? Tenang Ma, Dapur Umami kali ini akan berbagi rahasia agar steak daging sapi terasa lebih empuk, juicy, dan enak, tanpa ribet. Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang paling disukai keluarga. Bukan hanya orang dewasa saja, daging sapi juga disukai oleh anak-anak.

 

Di Indonesia sendiri, ada beragam resep untuk membuat hidangan dari daging sapi di saat-saat tertentu, seperti saat Idul Fitri, Idul Adha, Tahun Baru ataupun perayaan lainnya. 

Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat, seperti rendang, sup, semur, dan lainnya. Saat Mama masak daging sapi yang empuk dan lezat, dijamin deh keluarga pasti langsung lahap makan. 


Steak, Menu khas Eropa

Sebelum Mama mempelajari rahasia membuat steak daging sapi empuk ala restoran, kita simak terlebih dahulu ya berbagai fakta menarik mengenai steak daging sapi ini. 

Seperti yang diketahui, steak bukan merupakan menu asli Indonesia, melainkan dari bangsa Eropa.

Jadi, sebenarnya steak atau bisa juga disebut dengan beef steak (bistik) merupakan suatu makanan dari irisan daging sapi (biasanya irisan berukuran besar), dibumbui dan setelah itu dibakar hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Meskipun lebih banyak yang membuatnya dengan cara dibakar, tapi steak sendiri diolah dengan berbagai teknik, seperti dibakar, digoreng atau dipanggang, yang tentu semuanya itu tergantung dari selera Mama dan keluarga.

Cara pembuatannya juga disesuaikan dengan selera dan budaya. Sebagai contoh di Amerika, daging steak atau beef steak lebih sering dihidangkan dengan metode masak dipanggang, untuk di Yunani cara memasak daging steak biasanya dengan dibakar.

 

Apa saja varian Steak?

Tidak hanya cara masak steak yang beragam, steak juga memiliki berbagai varian, yaitu steak daging sapi dan steak daging ayam. Meskipun demikian, yang perlu Mama ketahui adalah salah satu bahan dasar dari pembuatan steak tentu saja daging. Nah, nantinya daging tersebut nantinya akan dilumuri dengan saus steak yang gurih dan pastinya lezat.

Saus untuk steak daging juga semakin berkembang seiring zaman. Saus steak memiliki andil yang sangat besar untuk penikmat steak. Meskipun “hanya” sebagai pelengkap, saus steak ini sangat berpengaruh dengan cita rasa steak. Jika Mama salah memilih saus, bisa saja steak kurang bisa dinikmati, tapi jika saus yang Mama pilih cocok dengan steak, pastinya steak akan terasa jauh lebih nikmat.

Banyak orang yang menyukai steak daging sapi, tapi mereka menganggap bahwa steak daging sapi hanya bisa dinikmati di restoran saja. Padahal Mama juga bisa membuatnya sendiri di rumah, lho! 

Nah, kalau Mama ingin daging sapi dimasak ala restoran, Mama perlu tau dulu apa sih triknya agar daging sapi bisa empuk dan tidak alot atau “melawan” saat digigit. Yuk, langsung kita simak berikut!


1. Potong melawan arah serat. 

Salah satu cara membuat daging sapi terasa empuk adalah dimulai dengan memotong daging sapi melawan arah seratnya. Lihat dulu ke arah mana serat ototnya, kemudian potong berlawanan. 


2. Masak dengan suhu yang tepat.

Daging sapi yang keras, juga bisa diatasi dengan memasak dalam suhu tepat. Kalau over-cook, daging akan hancur. Sedangkan, kalau under-cook, daging sapi berpotensi mengandung bakteri karena belum matang. 


Jadi, siapkan termometer dan pastikan steak dimasak di atas suhu 60-70 derajat celcius selama 5 menit. Lalu, istirahatkan atau tiriskan selama 30 menit. Dan, dimasak lagi selama 7 menit. Metode ini disebut 5-30-7. Coba deh, daging sapi bikinan Mama akan terasa empuk dan juicy. 


3. Marinasi. 

Terakhir, jangan lupa untuk membumbui daging sapi agar gurih dan menggoda selera keluarga Mama. Marinasi ini ternyata tidak hanya menambah citarasa, tetapi juga bisa melunakkan daging sapi. Bahan utama marinasi umumnya adalah garam, lada, dan minyak. Marinasi ini bisa diterapkan minimal 30 menit ke hampir semua jenis daging, baik daging sapi, daging ayam, maupun daging ikan.


Nah, gimana nih Ma, ternyata nggak sulit kan, menyediakan menu lezat bahan daging sapi buat keluarga tercinta? Kalau bisa bikin steak sendiri di rumah, pengeluaran Mama bisa makin hemat. Jangan ragu buat berkreasi dan bereksperimen di dapur. Bila perlu, ajak suami atau anak-anak untuk bantu masak bareng sambil quality time. 


Mama bisa memotong steak ukuran kecil atau tidak terlalu tebal agar bumbu bisa meresap sempurna dan proses memasak juga lebih cepat. Dapur Umami punya banyak resep-resep praktis yang pastinya dijamin menggoda selera keluarga Mama. Silahkan kirimkan resep ala Mama ke Dapur Umami untuk berbagi ide menu favorit dengan keluarga lainnya di Indonesia.


Ikuti terus artikel- artikel menarik Dapur Umami selanjutnya ya, Ma. Temukan juga aneka tips dan aktivitas terupdate Dapur Umami lainnya dengan follow Instagram @dapurumami.id. Selamat mencoba!