Resep Lodeh Nangka Bumbu Kuning

Lodeh Nangka Bumbu Kuning

Lodeh Nangka Bumbu Kuning
5
durasi masak 45 Menit
porsi 20 Porsi

Tentang Masakan

Lodeh Nangka Bumbu Kuning adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang menggunakan nangka muda sebagai bahan utama. Masakan ini kaya akan rasa dan aroma karena menggunakan kombinasi bumbu kuning yang terbuat dari kunyit dan rempah-rempah lainnya. Hidangan ini cocok disajikan sebagai lauk pauk bersama nasi hangat.

Bahan-Bahan
500 gram nangka muda, potong-potong 2 lembar daun salam 1 batang serai, memarkan 2 cm lengkuas, memarkan 2 lembar daun jeruk 200 ml santan kental 800 ml air Garam, gula, dan kaldu jamur secukupnya untuk menambah rasa
Bumbu Halus: 5 siung bawang merah 3 siung bawang putih 3 butir kemiri, sangrai 2 cm kunyit, bakar 1 cm jahe 1/2 sdt merica butir 1 sdt terasi bakar (opsional)
Penyedap rasa Masako dan Ajinomoto
Cara Membuat
1
Langkah 1/3

Persiapan Bahan: Bersihkan nangka muda, lalu rebus hingga setengah matang. Tiriskan dan sisihkan. Membuat Bumbu Halus: Haluskan semua bahan bumbu halus menggunakan blender atau ulekan sampai benar-benar halus. Menumis Bumbu: Panaskan sedikit minyak dalam panci, tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, serai, lengkuas, dan daun jeruk hingga harum.

2
Langkah 2/3

Memasak Nangka: Masukkan potongan nangka muda ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan biarkan beberapa menit agar bumbu meresap. Menambahkan Air: Tuangkan air ke dalam panci, aduk rata, dan biarkan hingga mendidih. Masak dengan api kecil hingga nangka menjadi empuk. Penambahan Santan: Setelah nangka empuk, tuangkan santan kental ke dalam panci. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga mendidih lagi. Pastikan untuk terus mengaduk agar santan tidak pecah.

3
Langkah 3/3

Pengecekan Rasa: Tambahkan garam, gula, kaldu jamur secukupnya, penyedap rasa Masako dan Ajinomoto secukupnya. Aduk rata dan cek rasa. Pastikan rasa sudah sesuai dengan selera Anda. Penyelesaian: Masak hingga semua bahan matang sempurna dan kuah mengental sedikit. Matikan api. Penyajian: Siapkan lodeh nangka bumbu kuning dalam mangkuk saji. Hidangan ini paling lezat disajikan hangat bersama nasi putih.

Sudah Mencoba

Bagikan pengalaman saat kamu membuat dan menyantap resep ini, dan dapatkan Umami coins!

Tulis Jurnal Umami

Tantang resep ini

Ajak teman untuk memasak resep ini dengan versi dan keunikannya sendiri.

Challenge Recook

Inspirasi Resep Lainnya

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.