Artikel & Tips Menu Kaya Protein Pembangkit Semangat
Menu Kaya Protein Pembangkit Semangat

Menu Kaya Protein Pembangkit Semangat

10 Feb 2024, 08:02

Saat ini konsumsi makanan sumber protein sedang banyak digencarkan oleh pemerintah dan Kementrian Kesehatan. Protein sendiri merupakan zat gizi makro yang memiliki banyak peranan dalam pertumbuhan dan perkembangan, terutama masa anak-anak. Asupan protein harus dicukupi dengan baik terutama untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak. Bahkan, saat ini anjuran konsumsi protein sudah mulai diberikan sejak anak belajar makan yaitu di usia 6 bulan. 

Protein hewani lebih direkomendasikan untuk dikonsumsi terutama pada ibu hamil dan balita, salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya stunting atau gagal tumbuh. Stunting sendiri ditandai dengan tinggi badan anak yang tidak sesuai dengan standar usianya.

Mengolah berbagai protein hewani seperti telur, daging, ikan dan seafood memiliki tantangan tersendiri. Pengolahan yang tepat dengan bumbu dan rempah umami bisa menghasilkan hidangan yang nikmat. Berikut adalah rekomendasi menu kaya protein pembangkit semangat ala Dapur Umami. 

Artikel Terkait: Bagian Buah yang Terabaikan Ini Mengandung Antioksidan Bila Diolah Maksimal

Steam Bandeng ala SAORI®

c

Ikan adalah sumber protein yang cocok dikonsumsi oleh semua usia, baik anak-anak hingga lansia. Ikan mengandung lemak tidak jenuh seperti omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung. Menu Steam Bandeng ala SAORI® cocok jadi pilihan untuk kamu yang lagi diet karena menggunakan pengolahan dikukus namun tetap bisa menghasilkan rasa yang lezat. 

Ayam Goreng Tepung Bumbu Ketumbar ala Sajiku®

vv

Kalau menu yang satu ini yakin deh bikin kamu pengen nambah nasi lagi. Perpaduan bumbu ketumbar dan rempah-rempah lainnya yang menyerap hingga kedalam membuat rasanya jadi lebih nikmat. Menu ini cocok dikonsumsi dengan nasi hangat dan tambahan sambal.

Bebek Goreng Sambal Mangga ala Sajiku®

z

Daging bebek juga merupakan sumber protein hewani lho. Dalam 100 gram daging bebek mengandung protein sebesar 24 gram. Perpaduan antara bebek goreng dengan sambal mangga menghasilkan citarasa unik yang pasti disuka.

Artikel Terkait: Ragam Minuman Sumber Antioksidan Agar Tubuh Tidak Mudah Sakit

Daging Sapi Szechuan ala SAORI®

xxx

Daging Sapi Szechuan ala SAORI® adalah menu kekinian yang wajib kamu coba. Olahan daging sapi ini pasti disukai oleh semua anggota keluarga. Selain kaya akan protein, daging sapi jua merupakan sumber zat besi heme yang baik bagi tubuhmu.

Oseng Buncis Telur Puyuh Ala Masako®

mm

Oseng bunci telur puyuh bisa jadi inspirasi menu simpel namun kaya protein yang bisa kamu recook di rumah. Perpaduan dengan sayuran buncis menjadikan menu ini komplit mengandung serat. Menu ini juga bisa dijadikan bekal saat ngantor maupun untuk si Kecil di sekolah.

Itu dia rekomendasi menu kaya protein pembangkit semangat ala Dapur Umami. Jangan lupa recook dan upload hasil masakanmu di Jurnal Umami ya. 

(NTR-NIK)

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.