Artikel & Tips 5 Jenis Sumber Asupan Protein untuk si Kecil dan Rekomendasi Menu Umami
5 Jenis Sumber Asupan Protein untuk si Kecil dan Rekomendasi Menu Umami

5 Jenis Sumber Asupan Protein untuk si Kecil dan Rekomendasi Menu Umami

06 Jul 2023, 10:07

Protein adalah zat gizi yang memiliki peranan penting untuk tumbuh kembang anak. Protein dibutuhkan dalam pembentukan jaringan otot dan tulang anak-anak. Kekurangan protein dalam jangka panjang pada masa anak-anak dapat mengakibatkan kwashiorkor dan stunting. Nah, apa saja bahan pangan sumber protein yang bisa diberikan pada anak-anak untuk tumbuh kembangnya? Yuk kita simak ulasan 5 jenis sumber asupan protein untuk si kecil.


Pentingnya Protein bagi Tumbuh Kembang Anak 

Anak-anak terutama dibawah usia lima tahun membutuhkan asupan protein yang adekuat untuk mengoptimalkan growth spurtnya (pertumbuhan cepat). Jaringan dan organ-organ tubuh disusun oleh komponen protein juga sehingga protein memiliki peran yang vital dalam tumbuh kembang anak. Kebutuhan protein setiap anak berbeda-beda sesuai dengan tahapan usianya. Protein diperoleh dari Air Susu Ibu (ASI) sejak bayi lahir hingga anak berusia 6 bulan. Lalu, setelah anak berusia 6 bulan, sumber protein tidak hanya berasal dari ASI saja, namun juga harus diperkenalkan dari Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Bahan pangan sumber protein hewani seperti daging, ikan dan telur bisa diperkenalkan sejak anak memperoleh MP-ASI.


Artikel Terkait: Tips Memasak untuk Menjaga Kualitas Protein Makanan agar Optimal


Asupan Protein dan Penurunan Risiko Stunting pada Anak

Stunting adalah suatu kondisi kekurangan gizi dalam jangka panjang yang mengakibatkan pertumbuhan anak menjadi tidak optimal dimana tinggi badan anak dibawah rata-rata tinggi badan anak normal berdasarkan usianya. Stunting dapat terjadi ketika asupan gizi tidak memadai sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun atau yang dikenal dengan 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Kondisi stunting pada anak juga dapat mempengaruhi aspek lain terhadap pertumbuhannya seperti penurunan kualitas hidup dan kesehatan, kecerdasan dan produktivitas kerja.


Ragam Manfaat Protein untuk Si Kecil

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan saat ini sedang gencar-gencarnya memberikan kampanye untuk memenuhi asupan protein pada masa anak-anak, terutama pemberian protein hewani yang memiliki nilai biologis tinggi. Selain mampu menurunkan risiko stunting pada anak, berikut adalah ragam manfaat konsumsi protein pada anak-anak.


  • Mendukung Tumbuh Kembang yang Optimal

Protein digunakan oleh tubuh untuk mengatur regulasi, proses metabolisme dan mendukung pertumbuhan jaringan otot dan otak


  • Meningkatkan Sistem Imun

Selain membentuk jaringan, protein juga berperan sebagai antibodi dengan cara memproduksi imunoglobulin sehingga anak tidak mudah terserang penyakit dan infeksi


  • Mendukung Perkembangan Otak Anak

Protein berperan dalam pembentukan sel saraf dan neurotransmitter sehingga anak memiliki kemampuan konsentrasi, koordinasi motorik dan kecerdasan yang lebih baik


5 Jenis Bahan Pangan Sumber Protein untuk Asupan Harian Si Kecil

Si kecil tentu membutuhkan asupan protein yang tidak hanya memiliki nilai biologis yang tinggi, tapi juga komposisi asam amino esensial yang lengkap. Sumber pangan tersebut secara umum ada di kelompok bahan pangan hewani. Berikut adalah 5 jenis bahan pangan sumber protein serta rekomendasi menu umami untuk si kecil.


1. Ikan dan seafood

Ikan merupakan sumber protein yang baik untuk seafood. Ikan laut selain mengandung protein tinggi, juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat untuk perkembangan otak serta sel saraf anak. Jenis ikan dan seafood yang bisa diberikan pada si kecil misalnya salmon, tuna, kembung, udang dan cumi-cumi. Rekomendasi menu umami berbahan ikan untuk si kecil misalnya Resep Sup Ikan Batam ala AJI-NO-MOTO®, Resep Ikan Dori Saus Teriyaki ala SAORI®, dan Resep Bola Bola Ikan Udang. 


2. Daging sapi

Daging sapi selain mengandung protein, juga merupakan sumber zat besi heme dan zink yang baik bagi pertumbuhan anak. Kandungan mineral tersebut dapat membantu dalam proses pembentukan sel-sel darah merah. Rekomendasi menu umami berbahan dasar daging sapi untuk Si Kecil, misalnya Resep Gadon Daging Sapi ala AJI-NO-MOTO®, Resep Sop Iga Sapi Sajiku®, dan Resep Sup Sawi Daging Sapi Ala Masako®.


Artikel Terkait: Protein Nabati atau Hewani: Manakah yang Lebih Baik?


3. Daging kambing

Sama halnya seperti daging sapi, daging kambing juga merupakan bahan pangan yang tidak hanya mengandung tinggi protein, melainkan juga sumber mineral yang baik bagi tubuh. Rekomendasi menu umami berbahan dasar daging kambing misalnya Resep Soto Kambing Goreng ala AJI-NO-MOTO® dan Resep Sop Kambing. 


4. Telur

Telur merupakan bahan pangan sumber protein yang mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi telur 1 butir per hari ternyata bisa mencegah risiko stunting pada ana-anak. Rekomendasi menu umami berbahan dasar telur misalnya Resep Telur Kukus Jamur Ala Masako®, Resep Ekkado Telur Mayo Ala Mayumi® dan Resep Telur Gulung Ayam ala Mayumi®. 


5. Daging ayam

Daging ayam terutama bagian dada merupakan sumber protein yang baik dan mengandung lemak rendah. Selain itu, kandungan asam amino esensial pada daging ayam juga cukup lengkap. Kandungan vitamin B kompleks pada daging ayam juga dapat membantu memenuhi asupan zat gizi mikro harian si kecil. Rekomendasi menu umami berbahan dasar daging ayam misalnya Resep Tumis Ayam Kecap ala Masako®, Resep Tortilla isi Ayam Ala Mayumi® dan Resep Siomay Ayam Kukus Ala Sajiku®.


Memenuhi asupan protein harian Si Kecil merupakan hal yang penting Pastikan juga preferensi pangan dan alergi terhadap jenis protein tertentu pada si Kecil sudah diketahui ya sehingga pertumbuhannya dapat optimal. Masih bingung bagaimana memenuhi asupan protein harian si Kecil? Yuk, konsultasikan dengan nutriexpert Dapur Umami!


Referensi:
Perbedaan Asupan Energi, Protein, Zink, dan Perkembangan pada Balita Stunting dan non-Stunting - Adani FY, Nindya TS. (2017) - Jurnal Amerta Nutrition. 1(2): 46–51. Retrieved Juli 2023.
Protein Requirements in Preterm Infants: Effect of Different Levels of Protein Intake on Growth and Body Composition - Embleton AD, Richard JC. (2005) - Pediatric Research. 58: 855–860. Retrieved Juli 2023.
Energy and protein intakes are associated with stunting among preschool children in Central Jakarta, Indonesia: a case-control study - Fikawati S, et al. (2021) - Mal J Nutr. 27(1): 081-091. Retrieved Juli 2023. 
The Role of Aquatic Protein Food Sources and Stunting Children in Coastal Areas - Nirmala IR, Lestari O. (2022) - Jurnal Stunting Pesisir. Retrieved Juli 2023. 
Protein Intake and Growth in the First 24 Months of Life - Veit G, et al. (2010) - Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition. 51: 117-118. Retrieved Juli 2023. 
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.