Artikel & Tips 5 Menu Rendah Garam yang Cocok Disajikan Saat Lebaran
5 Menu Rendah Garam yang Cocok Disajikan Saat Lebaran

5 Menu Rendah Garam yang Cocok Disajikan Saat Lebaran

08 Apr 2024, 05:04

Lebaran adalah momen yang penuh sukacita dan kegembiraan, di mana keluarga dan teman-teman berkumpul untuk merayakan hari istimewa setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah Ramadan. Namun, dalam merayakan Lebaran, kita perlu tetap memperhatikan pola makan sehat dan menjaga asupan garam yang tepat.

Mengapa penting sekali untuk tetap menjaga makanan rendah garam yang disajikan selama Lebaran? Berikut adalah beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan:

 

  1. Mengendalikan tekanan darah
    Konsumsi garam yang tinggi akan meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Tingginya tekanan darah dapat mempengaruhi kualitas kesehatan setelah Lebaran. Maka, sangat disarankan untuk tetap menjaga tekanan darah tidak melonjak dari batas normal dengan menjaga asupan makanan selama Lebaran.
  2. Kesehatan jantung
    Tekanan darah yang tinggi dalam tubuh akan meningkatkan risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih menu makanan yang rendah garam untuk menjaga kesehatan jantung kita dan keluarga.
  3. Keseimbangan cairan tubuh
    Makanan-makan yang punya kandungan garam tinggi akan menyebabkan ketidakseimbangan cairan dalam tubuh. Hal tersebut akan memicu dehidrasi dan membuat tubuh tidak bekerja secara optimal.
  4. Kesadaran gizi
    Menjaga makanan rendah garam selama Lebaran juga memberi manfaat seperti kesadaran akan gizi yang lebih baik untuk tubuh. Dalam proses pemenuhan gizi yang lebih baik ini, kita akan cenderung mencari alternatif memberikan variasi citarasa yang menarik. Dengan begitu, kita dapat menciptakan hidangan yang sehat dan lezat secara bersamaan.
  5. Edukasi keluarga dan teman
    Dalam menjaga makanan rendah garam selama Lebaran, kita juga dapat mengedukasi keluarga dan teman. Mulai dari memberikan pemaparan ringan tentang pentingnya mengurangi garam, risiko kebiasaan makan tinggi garam, hingga tips cara mengganti garam dengan bumbu lain.

Sementara itu, menemukan menu-menu rendah garam juga bukan hal yang mudah. Untuk mempermudah proses pencarian, berikut ini beberapa menu rendah garam dari Dapur Umami yang cocok disajikan saat Lebaran:

1. Oseng Buncis Telur Puyuh Ala Masako® 2. Sup Ikan Batam ala AJI-NO-MOTO® 3. Ayam Panggang Madu ala AJI-NO-MOTO® 4. Calamari Ring ala AJI-NO-MOTO® 5. Nasi Tim Ayam Jamur ala AJI-NO-MOTO®

Dengan memilih menu rendah garam saat Lebaran, kita dapat menjaga kesehatan dan memberikan pilihan makanan yang sehat kepada keluarga serta tamu atau kerabat. Selain itu, kita juga dapat mengedukasi lebih banyak orang tentang pentingnya gaya hidup sehat dengan mengurangi asupan garam dalam makanan sehari-hari. Semoga menu-menu rendah garam di atas dapat menginspirasi untuk memeriahkan keragaman masakan yang disajikan di meja makan selama Lebaran.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.