Resep Spicy Bbq Chicken Burger with Chayote & Pineappleđź’•

Spicy Bbq Chicken Burger with Chayote & Pineappleđź’•

Durasi masak 120 Menit
Porsi 2 Porsi
Ketika labu siam dipanen dari kebun sendiri dan seger bgt ternyata bisa dijadiin pengganti timun lhoooo karena lebih crunchy, crispy dan tidak terlalu berair. Yukkk ah kita bikin burger homemade pake irisan sayur labu segar, irisan nanas & tomat dipadu renyahnya ayam goreng dan saus bbq dengan tambahan umami dari AJI-NO-MOTO....ermmmm super yummy!!! wajib coba yaaa^^

Bahan - bahan

Roti burger (lebih ke milk bread yg soft)

  • 350 gram terigu protein sedang
  • 100 susu evaporasi + 100ml air hangat
  • 50 gram gula pasir
  • 6 gram ragi instan
  • 1 butir telur (+/- 60 gram)
  • 50 gram margarin
  • 1 kuning telur utk olesan
  • 1 sdm margarin utk olesan

Chicken Crispy

  • 1 sdt Ajinomoto
  • 2 buah ayam fillet (paha + kulit)
  • 5 sdm Tepung crispy / terigu
  • 1 sdt Lada
  • 1 sdt Kaldu bubuk
  • 100ml Air

Saus Spicy BBQ

  • 1 sdt Ajinomoto
  • 200ml Saus bbq
  • 1 buah Cabe rawit merah
  • 50ml Air

Homemade French Fries

  • 1 sdt Ajinomoto
  • 1 buah Kentang Dieng (uk 400-500gr)
  • 2 sdm Tepung Crispy / terigu
  • 1 sdt Lada
  • 1 sdt Bumbu BBQ / paprika bubuk
  • 500ml Minyak goreng
  • 1 sdm margarin (opsional)

Pelengkap

  • 1/4 buah Labu Siam (slice)
  • 1/4 buah Nanas segar (slice)
  • 1 buah Tomat (uk kecil)
  • 1/4 buah Bawang Bombay
  • 50gr mozarella
  • 1 sdm unsalted butter / margarin

Cara Membuat

Langkah 1
1

Panaskan oven di 190° api atas bawah selam 10 menit. Aktifkan ragi dgn campuran susu hangat, gula dan ragi instan (biarkan selama 5 menit / berbuih) Hand mixer semua bahan kecuali margarin. Uleni sampai setengah kalis, tutup rapat diamkan 15 menit.

Langkah 2
2

Setelah 15 menit masukkan margarin, uleni sampai kalis elastis,lalu tutup rapat diamkan selama 1 jam/mengembang. Bagi adonan mnjadi 10 bagian (+/- 70 gram per piece), rapikan bulat2kan. OPSIONAL : beri taburan biji wijen hitam atasnya biar cantik :) Olesi permukaan adonan dgn kuning telur sampai rata. Panggang roti dgn suhu 190° panggang slama 20 menit/batch menggunakan api atas bawah.

Langkah 3
3

Stelah matang olesi roti dgn margarin (suhu ruang) pas lg panas2nya. Sisihkan.

Langkah 4
4

Cuci bersih kentang, sikat bagian kulit biar bersih dari tanah. Potong-potong kentang secara memanjang. Bilas dgn air hingga air nya bersih lalu keringkan kentang dengan tisu dapur. Beri tepung crispy, lada, bubuk bbq dan paling penting AJI-NO-MOTO biar umami, aduk2 merata. Panaskan minyak, masukkan margarin lalu masukkan kentang. Goreng hingga matang kecoklatan dan tiriskan.

Langkah 5
5

Setelah ditiriskan, panggang kentang di suhu 250° selama 15 menit (tergantung oven) supaya lebih crispy dan sedikit berminyak. (Opsional)

Langkah 6
6

Sambil nunggu kentang matang, marinasi ayam (filletnya sy potong jadi 2) selama 15-20 menit dgn : Ajinomoto 1 sdt, Tepung crispy / terigu 2 sdm, Lada 1 sdt, Kaldu bubuk 1/2 sdt dan Air 100ml

Langkah 7
7

Untuk tepung pelapis, saya gunakan Ajinomoto 1 sdt, Tepung crispy/terigu 3 sdm dan Kaldu bubuk 1/2 sdt. Tiriskan marinasi ayam lalu panaskan minyak. Ketika minyak sudah panas, baluri ayam dgn tepung pelapis, goreng di api sedang hingga matang kecoklatan di kedua sisi. Angkat dan tiriskan

Langkah 8
8

Untuk Saus, masukkan Aijonomoto 1 sdt, Bbq sauce 200ml, Cabe rawit 1 buah dan Air 50ml. Masak hingga mendidih, koreksi rasa dan sisihkan.

Langkah 9
9

Panaskan teflon di api sedang, masukkan 1 sdm butter/margarin, panggang burger yang sudah dibelah dua dan ayam goreng dengan potongan keju mozarella atasnya. Panggang roti hingga bagian bawahnya kecoklatan dan tutup panci supaya keju nya meleleh.

Langkah 10
10

Siapkan pelengkap, plating sesuai selera. kalo saya, bagian roti (bawah) diolesi saus spicy bbq, lalu taruh irisan (labu siam, nanas,tomat, bombay) lalu terakhir ayam berkeju nya. Bisa juga taburkan parsley kering (opsional) biar cantik.

Langkah 11
11

Gimana? menggiurkan banget kan? apalagi smua homemade, bahan2nya fresh dan menggunakan AJI-NO-MOTO dijaminnn semakin UMAMI dan berasa kayak burger mahal di restoran mevvah^^ yukkk direcook juga ya Moms..selamat mencobaa :) Porsi memasak ini utk 2 porsi burger komplit. Namun utk roti burgernya saja bisa utk 10 porsi.

2 Comment
Share Share

Rating Resep

Menurut kamu, bagaimana rasa resep ini?

Komentar (2)

enak banget

  • @Novia Damayanti maacih mbakk, yukk direcook❤️❤️

User

Hasil Recook (0)

Belum ada hasil recook