Artikel & Tips Jelajah Rasa Aneka Olahan Tahu yang Tidak Bikin Bosan
Jelajah Rasa Aneka Olahan Tahu yang Tidak Bikin Bosan

Jelajah Rasa Aneka Olahan Tahu yang Tidak Bikin Bosan

18 Jan 2023, 18:01

Tahu itu bahan makanan yang ‘fleksibel’. Cocok diolah jadi aneka jenis masakan.


Meskipun berasal dari Tiongkok, endapan perasan biji kedelai yaitu tahu jadi salah satu makanan paling favorit di Indonesia. Selain enak, tahu adalah makanan kaya akan kandungan gizi yang baik.


Tahu mengandung zat besi, karbohidrat serat, dan lainnya. Bahkan menjadi salah satu makanan yang mencegah penyakit jantung. Dapur Umami yakin, di rumah Mama, tahu juga pasti jadi salah satu makanan andalan kan? Tekstur lembut dan rasanya yang gurih, membuat tahu cocok di lidah semua kalangan.  


Namun, ada baiknya Mama tidak hanya mengandalkan rasa asli tahu. Memberikan variasi mengolah tahu untuk berbagai resep adalah ide yang bagus. Ini akan membuat anggota keluarga di rumah tidak bosan menyantapnya. Dapur Umami akan membantu Mama mendapatkan ide-ide olahannya!


Ide Resep Tahu Goreng

Kalau menggoreng biasa sudah terlalu sering, Mama bisa mencoba ide menggoreng dengan cara lain. Tambahan sedikit bahan dan langkah, bisa meningkatkan kelezatan tahu goreng berkali-kali lipat! Ikuti Mama beberapa resep ini!


Tahu Goreng Lengkuas


Untuk mendapatkan hidangan tahu yang lezat, nggak perlu pengolahan yang ribet. Buktinya ada di ide resep ini! Mama hanya perlu menyiapkan tahu, satu bungkus Sajiku® Bumbu Tahu Tempe, lengkuas, dan air. 


Larutkan Sajiku® dalam air dan lengkuas giling, lalu celupkan tahu ke dalamnya dan goreng sampai matang. Proses yang super praktis ini bisa bikin tahu ekstra lezat. Boleh juga tambahkan tempe kalau mau variasi bahan yang lebih banyak.


Stik Nugget Tahu


Nugget yang biasanya berbahan daging atau ikan, bisa Mama ganti dengan tahu lho! Tekstur lembut dan mudah hancur, membuat tahu cocok jadi alternatif adonan nugget.


Cara membuatnya dengan menumbuk tahu bersama bahan lain seperti wortel, seledri, atau mungkin juga sedikit udang. Agar tampak seperti nugget, adonannya balut dengan tepung panir. Hal terpenting, gunakan Masako®. Rasa umaminya bisa membuat nugget homemade nggak kalah dengan nugget supermarket.


Tofu Egg Roll


Proses bikin egg roll dari tofu ini agak mirip dengan stik nugget. Mama perlu menghancurkan dulu tahu dengan campuran bahan lain seperti wortel, bawang-bawangan, dan bumbu AJI-NO-MOTO®.


Bagaimana dengan lapisan kulit egg rollnya? Kulitnya dapat Mama buat dari olahan telur, air, terigu, garam, dan minyak yang dimasak di teflon. Lengkapnya bisa lihat cara buat egg roll yang sudah kami tulis. Isian tahu yang lembut dan kulit egg roll yang crunchy, pasti enak deh!

Kalau Mama mau resep-resep tahu yang lebih detail dan bervariasi, coba Mama mampir ke ide Resep Tahu Goreng Mudah Bisa buat Camilan.


Ide Resep Tahu Isi

Kalau Mama hobi hunting kuliner pinggir jalan, pasti tau dong bahwa ada banyak variasi jajanan tahu isi yang enak-enak. Sekarang, Mama bisa kok membuatnya sendiri di rumah!


Tahu Isi Sajiku


Kalau mau bikin tahu isi yang super simpel, pakai ide ini. Mama cukup menyiapkan tahu coklat, Sajiku® Tepung Bumbu, dan sayuran untuk isiannya seperti bawang merah dan bawang putih halus, wortel, kol, serta jamur kuping.


Cara bikinnya gampang. Belah tahunya, isi dengan irisan sayuran, lalu balut dengan Sajiku® sebelum menggorengnya. Kalau mau lebih crunchy, gunakan air es untuk melarutkan bumbu celupan Sajiku®-nya.


Tahu Isi Kangkung


Buat Mama yang mau anaknya hobi makan kangkung, ide ini boleh dicoba. Mama dapat memasukkan sayuran ini dalam resep tahu isi kangkung.


Agar rasa isian tak terlalu hambar, gunakan bahan lain seperti daging ayam giling, wortel, dan berbagai penyedap rasa. Pastinya, Masako® wajib jadi salah satunya. Proses menggorengnya mirip-mirip ide sebelumnya, pakai Sajiku® sebagai bumbu celupnya.


Tahu Isi Daging


Untuk ide tahu isi yang terakhir ini, Dapur Umami punya ide bikin tahu yang gurih tapi teksturnya creamy. Sensasi rasanya pasti beda!


Tahu diolah menjadi makanan yang istimewa dengan isian yang terdiri dari daging sapi cincang, tepung tapioka, plus SAORI® Saus Tiram. Selain jadi isian, pakai juga SAORI® sebagai bumbu creamy yang membalut tahu. Hidangan lezat ini punya rasa khas oriental yang pastinya menggugah selera.


Mama perlu penjelasan lebih lengkap soal cara bikinnya? Coba mampir ke Berbagai Variasi Tahu Isi untuk Lauk Makan Malam yang sudah kami bagi. 


Ide Resep Tahu Crispy

Selain tahu isi, tahu crispy adalah camilan tahu yang nggak kalah hype di Indonesia. Gurih luar dalam jadi faktor X mengapa olahan ini laris. Mama mau buat? Coba ide yang olahan dari kami!


Tahu Walik


Tahu ini merupakan camilan khasnya orang Banyuwangi. Terdiri dari kombinasi tahu yang crispy dengan campuran (tepung tapioka) yang kenyal dan gurih. Kalau mau menambahkan nutrisi, boleh juga tambahkan irisan wortel.


Oh ya, agar semakin mantap, bisa Mama makan sambil cocol dengan sambal kecap manis dengan campuran aneka bawang. Untuk menemani santai di rumah, resep tahu walik ini pilihan tepat.


Bakwan Tahu


Mama mungkin lebih mengenal bakwan dan tahu sebagai hidangan yang terpisah. Padahal, keduanya bisa lho Ma jadi satu kesatuan makanan.


Tahu bisa menjadi salah satu adonan utama bakwan melengkapi bahan-bahan lain seperti wortel, kacang polong, daun bawang, atau udang. Untuk memberi efek crispy, pastikan Sajiku® Bumbu Tepung Bakwan Mama gunakan. Yummy deh pasti!


Otak-Otak Tahu


Betapa fleksibelnya tahu! Buktinya, tahu juga bisa jadi bahan adonan pengganti ikan untuk membuat otak-otak. Rasanya nggak kalah enak lagi!


Adonan lain selain tahu yang bisa Mama gunakan antara lain tepung tapioka, tepung terigu, wortel, telur, serta bumbu-bumbu seperti gula, merica, bawang putih, dan Masako®. Blender semuanya lalu bentuk memanjang seperti otak-otak. Rasa crispy dengan tekstur agak kenyal, pasti cocok di lidah keluarga.


Ide sarapan yang pasti lahap untuk si kecil, bisa kunjungi ide Dapur Umami yaitu Resep Tahu Crispy untuk Sarapan Sebelum Berangkat ke Sekolah.


Ide Resep Tahu Kuah

Memang benar, mungkin hidangan tahu yang digoreng itu lebih banyak. Namun, bukan berarti tahu kurang lezat kalau Mama jadikan olahan kuah. Kalau pakai produk AJI-NO-MOTO® sebagai bumbunya, rasanya pasti umami!


Sup Bakso Tahu


Ada dua hal utama yang perlu Mama buat untuk menu ini. Bakso tahu dan sup. Keduanya mudah kok membuatnya.


Untuk bakso tahunya, gunakan daging giling, telur, tepung kanji, bawang putih, lada dan Masako® sebagai adonan yang mengisi tahu putih. Sementara untuk sup, masak air dengan bumbu tumis yang bisa Mama kreasikan sendiri sesuai selera. Menikmatinya, pasti terbayang-bayang nikmat dan hangatnya!


Sapo Tahu Udang


Kuah pada menu ini lebih kental ala sup-sup oriental. Mama bisa gunakan resep ini untuk menambah pengalaman makan keluarga yang lebih kaya.


Sebelum memasak tahu dengan kuah, goreng dulu tahu secara terpisah dengan balutan tepung maizena. Selanjutnya, untuk bumbu kuahnya menggunakan bawang putih, SAORI® Saus Tiram dan Masako®. Kuah kentalnya, bisa pakai tepung maizena lagi. Sisanya, bisa tambahkan sumber gizi lain sesuai selera.


Opor Tahu 


Tahu alternatif yang lezat untuk hidangan opor khas lebaran jika keluarga Mama sedang bosan dengan daging ayam. Tahu dengan kuah opor yang bumbu dan rempah kuatnya, bisa membantu keluarga lahap menyantapnya.


Tak ada yang aneh dengan bumbu opornya, Mama bisa pakai resep umumnya. Namun, pastikan untuk menggunakan Masako® sebagai penyedap rasanya. Kalau nggak pakai Masako®, Dapur Umami nggak bisa ngejamin kelezatannya.


Mama butuh resep lebih dalam untuk hidangan tahu kuah? Cek ulasan kami ini saja tentang Aneka Olahan Tahu Kuah Sederhana Ala Masako®.


Pasti, sekarang kepala Mama sudah penuh kan dengan ide-ide menu tahu yang mau dieksekusi hari ini? Ayo Ma, mulai dengan menu dari Dapur Umami yang bahan-bahannya sudah tersedia di rumah!









Source of thumbnail: Free photo tofu made from soybeans food nutrition concept by Jcomp
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.