Artikel & Tips Berbagai Variasi Tahu Isi untuk Lauk Makan Malam
Berbagai Variasi Tahu Isi untuk Lauk Makan Malam

Berbagai Variasi Tahu Isi untuk Lauk Makan Malam

18 Jan 2023, 18:01

Tahu yang pada dasarnya lezat, plus sehat pula. Ada karbohidrat serat, zat besi, dan protein nabati. Tahu juga mengandung protein yang berguna untuk dari regenerasi kulit yang terkenal di dunia kecantikan. Olahan tahu bisa ekstra lezat jika diolah menjadi tahu dengan isian dan cara yang tepat.


Di luar sana, mungkin Mama sudah mencoba berbagai jenis tahu isi yang dijual dan rasanya enak-enak. Makanya nggak heran kalau sekarang tiba-tiba kepikiran untuk membuat tahu isi sendiri di rumah. Memang sih, resep tahu adalah makanan yang bisa jadi teman nasi yang meningkatkan semangat makan. 


Sebenarnya, apa yang ada dalam benak Mama itu ide bagus. Namun, untuk mendapatkan tahu isi yang lezat, Mama perlu resep yang tepat. Memasak tahu dari Dapur Umami punya beberapa koleksi resep tahu isi yang sudah teruji dengan sejumlah variasi isian yang kreatif dan melezatkan. 


Caranya sangat mudah. Sebagian bahannya juga sepertinya sudah ada di tempat persediaan makanan Mama di rumah. Yuk, kita mulai!


Resep Tahu Isi Kangkung Spesial ala Masako®


Enaknya bikin tahu isi sendiri, kita bisa menaruh isian yang bisa dipastikan sendiri keamanan dan nutrisinya. Termasuk, dengan menaruh kangkung yang punya banyak efek medis untuk kebaikan keluarga.


Kalau Mama tertarik membuatnya, siapkan dulu isian utamanya yakni kangkung rebus yang sudah dicincang. Supaya rasa dan gizinya variatif, tambahkan isian lainnya berupa suwir ayam, wortel, lada,bawang putih, dan Masako® Rasa Ayam. Aduk semua bahan isian hingga tercampur rata.


Kemudian, masukkan isian ke dalam tahu coklat yang bagian tengahnya Mama iris terlebih dahulu. Agar ada efek crispy, buatlah bahan pelapis yang terdiri dari tepung terigu, Masako® Rasa Ayam, dan air secukupnya. 


Terakhir, celupkan tahu isi ke dalam adonan pelapis, lalu goreng hingga matang. Rasa gurih luar dalam di resep ini pasti bikin nagih. Yuk buat Resep Tahu Isi Kangkung ala Masako® sekarang!


Resep Tahu Isi Daging ala SAORI®


Tahu kuning isi daging sapi? Kalau cari menu ini di luar rumah, pasti susah. Namun kalau Mama bikin sendiri di rumah, eksperimen apapun bisa-bisa aja. Tapi tenang, resep ini sudah pasti lezat karena sudah kami uji.


Isiannya relatif sedikit sebenarnya. Mama hanya perlu menyiapkan daging cincang, tepung tapioka, dan SAORI® Saus Tiram. Meskipun hanya pakai SAORI®, kombinasi rasa manis dan sedikit asin di dalamnya sudah cukup untuk membuat tahu isi ini lezat.


Setelah isian selesai, siapkan tahu coklat, lalu kerok isinya dan ganti dengan adonan isian yang sudah Mama buat. Selanjutnya, goreng tahu untuk mendapatkan tingkat kematangan setengah matang dan tiriskan. 


Terakhir, kita buat kuah sausnya. Caranya dengan menumis bawang putih, air, dan tahu yang sudah digoreng. Terakhir, tambahkan lagi SAORI® Saus Tiram, aduk rata, dan angkat ketika tahu sudah matang sempurna. Sensasi creamy pada Resep Tahu Isi Daging ala SAORI® ini, bikin tahu jadi ekstra lezat.


Resep Tahu Isi ala Sajiku®


Kalau Mama ngidam tahu isi yang crispy ala street food Indonesia, resep ini bisa jadi pilihan utama yang praktis dan murah. Tentunya, dengan isian yang lebih terjamin aman dan higienis karena proses membuatnya Mama ketahui sendiri.


Pertama, iris kol, wortel, dan jamur kuping yang jadi isiannya. Kemudian, siapkan tahu coklat yang bagian tengahnya sudah Mama belah. Lalu, masukkan isian sayuran ke dalam tahu.


Untuk membuat adonan pelapis yang crispy, siapkan Sajiku® Tepung Bumbu ke dalam wadah. Setelah itu, larutkan tepung dengan air es. Nah, penting banget memastikan air pelarutnya benar-benar dingin agar tahunya nanti bisa benar-benar crispy.


Kalau tahu dan adonan pelapis sudah siap, tinggal celupkan tahu ke dalam adonan lalu goreng dengan minyak panas. Tunggu sampai warna tahu berubah menjadi kuning keemasan. Resep Tahu Isi ala Sajiku® ini, siap Mama sajikan!


Resep Tahu Isi Udang ala Sajiku®


Di resep terakhir ini, Dapur Umami punya ide isian yang lebih lengkap. Baik dari sisi rasa maupun nutrisinya.


Kalau Mama mau mengeksekusi resep ini, campur bahan isiannya ke dalam satu wadah terlebih dahulu. Isiannya terdiri dari udang giling, jamur kuping, wortel, daun bawang, telur, serta garam. Pastikan semuanya tercampur dengan mengaduk-aduknya hingga rata.


Selanjutnya, prosesnya sama dengan resep sebelumnya. Siapkan larutan Sajiku® Tepung Bumbu sebagai bahan celupan agar tahu punya tekstur luar yang renyah. Jangan lupa gunakan api panas dan angkat tahu ketika warnanya kuning keemasan. Yuk coba Resep Tahu Isi Udang ala Sajiku® ini!


Bagaimana, apakah Mama tertarik untuk membuat salah satunya? Atau, malah tak sabar untuk menguji semua resepnya satu demi satu? 


Kalau iya, pastikan hanya memasak tahu menggunakan produk-produk AJI-NO-MOTO® yang Dapur Umami rekomendasikan atas. Percayalah, itu adalah rahasia yang membuat semua Rasa Aneka Olahan Tahu. dari kami di atas punya rasa lezat dan umami.








Source of thumbnail: Tahu Isi atau Tahu Goreng Isi, Jajanan Tradisional Mad by Ika Rahma
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.