Artikel & Tips Resep Tahu Goreng Mudah Bisa buat Camilan
Resep Tahu Goreng Mudah Bisa buat Camilan

Resep Tahu Goreng Mudah Bisa buat Camilan

18 Jan 2023, 18:01

Tahu itu cocok jadi lauk pauk sekaligus camilan. Resep-resep ini semakin membuktikannya!


Bagusnya tahu sebagai bahan makanan itu fleksibel. Mengolahnya jadi lauk pauk? Gampang! Jadi camilan? Bisa juga! Nggak heran, tahu jadi salah satu belanjaan favoritnya ibu-ibu kalau ke pasar.


Menariknya, ada juga lho Ma resep tahu goreng yang dalam satu kali olahan tahu bisa punya dua fungsi sekaligus. Tahu adalah makanan yang enak dimakan pakai nasi, sekaligus enak juga kalau jadi camilan. Bahkan, cara membuat sejumlah resep dengan kriteria tersebut juga relatif mudah.


Biji kedelai yang merupakan asal muasal tahu juga mengandung zat besi, karbohidrat serat yang membantu tubuh menjadi lebih sehat dan mengurangi resiko penyakit jantung. 


Tim Dapur Umami sudah membuktikannya sendiri. Kini, giliran Mama mencobanya! 


Resep Stik Nugget Tahu ala Masako®

Resep Stik Nugget Tahu ala Masako® bisa Mama buat dari campuran tahu, udang, seledri, Masako® Rasa Ayam, telur kocok, serta bumbu halus. Bumbu halusnya ini terdiri dari bawang merah, bawang putih, lada, dan Masako®.


Kalau selama ini Mama sudah sering masak nugget instan isi daging, sekarang saatnya mencoba nugget isi tahu yang punya rasa berbeda. Rasanya gimana ya? Tentu nggak kalah enak.


Resep Stik Nugget Tahu ala Masako® bisa Mama membuat tahu nugget dari campuran tahu, udang, seledri, Masako® Rasa Ayam, telur kocok, serta bumbu halus. Bumbu halusnya ini terdiri dari bawang merah, bawang putih, lada, dan Masako®. Mama hanya perlu mengaduk-aduk adonannya sampai tercampur merata.


Setelah itu, siapkan loyang dan olesi setiap sisinya dengan minyak. Lalu, tuang adonan ke loyang dan ratakan hingga padat memenuhi sisi-sisinya. Kalau sudah, tutup adonan dengan menggunakan kertas aluminium, lalu kukus sampai matang.


Ketika adonan sudah matang dan dingin, untuk membuat nuggetnya, Mama bisa bentuk adonan memanjang seperti stik. Sebelum menggorengnya, celupkan dulu adonan ke dalam kocokan putih telur dan gulingkan ke wadah berisi tepung panir. Nugget tahu siap santap ketika warnanya menguning saat Mama goreng!


Resep Tahu Tempe Goreng Lengkuas ala Sajiku®

Mau yang masakan super praktis untuk lauk dan camilan sekaligus lezat? Resep Tahu Tempe Goreng Lengkuas ala Sajiku® ini nih yang paling recommended!


Mau yang masakan super praktis untuk lauk dan camilan sekaligus lezat? Resep ini nih yang paling recommended!


Mama cukup siapkan potongan tahu dan tempe, lalu siapkan bumbu celupnya agar renyah dan makin gurih. Cara bikin bumbunya, sediakan wadah lalu isi dengan 1 bungkus Sajiku® Bumbu Tahu dan Tempe Goreng. Kemudian, larutkan dengan air secukupnya dan tuangkan lengkuas giling.


Setelah itu, balur bumbu ke tahu dan tempe hingga rata. Terakhir, memasak tahu dan tempenya, goreng deh keduanya dengan minyak panas sampai warnanya jadi kuning keemasan. Renyahnya sajiku, aroma lengkuas, dan gurihnya tahu serta tempe dalam Resep Tahu Tempe Goreng Lengkuas ala Sajiku® siap menemani waktu makan dan ngemil Mama.


Resep Tahu Pedas Mayo ala Mayumi®

tumis potongan wortel, tauge, serta seledri lalu angkat dan simpan dalam wadah. Kemudian, tuangkan Mayumi® Pedas ke dalam adonan isian dan aduk sampai rata. Setelah isian siap, potong tahu pong dan masukkan isiannya.


Buat yang hobi makan pedas untuk moodbooster, resep tahu untuk meningkatkan mood Mama ini patut dicoba. Enak banget kalau Mama dan keluarga makan pas masih anget.


Mulai langkahnya dengan membuat bahan isiannya dulu. Caranya, tumis potongan wortel, tauge, serta seledri lalu angkat dan simpan dalam wadah. Kemudian, tuangkan Mayumi® Pedas ke dalam adonan isian dan aduk sampai rata. Setelah isian siap, potong tahu pong dan masukkan isiannya.


Supaya makin menggugah selera, Mama perlu siapkan juga adonan crispy. Jadi, siapkan lagi wadah untuk menyimpan larutan Sajiku® Tepung Bumbu. Sebelum masuk wajan, celupkan dulu tahu (bisa tahu kuning atau tahu putih, bebas sesuai selera Mama) ke larutan tersebut.


Sekarang, tahu pedas siap Mama santap! Pedas dan creamy-nya Mayumi®, bakal bikin Mama ketagihan dengan Resep Tahu Pedas Mayo ala Mayumi®.


Resep Lumpia Kulit Tahu SAORI®

Mama bisa mencampurkan daging ayam cincang, udang, dan bengkuang yang sudah dipotong dadu. Untuk bumbunya, cukup siram isian dengan SAORI® Saus Tiram.


Ide resep terakhir ini kita coba makanan dengan bahan yang agak beda. Nggak pakai tahu, tapi kulit tahu. Sebenarnya, bahan makanan sama-sama terbuat dari kedelai, hanya proses pengolahannya aja yang sedikit beda.


Kita awali dengan membuat isinya ya! Mama bisa mencampurkan daging ayam cincang, udang, dan bengkuang yang sudah dipotong dadu. Untuk bumbunya, cukup siram isian dengan SAORI® Saus Tiram.


Aduk semuanya sampai rata. Sebelum menggunakan kulit tahu sebagai pembungkus, Mama perlu merendamnya dulu sampai teksturnya berubah jadi lembut. Kalau sudah, baru isi kulit tahu dengan isian dan lipat rapi. Agar ikatannya kuat, gunakan kucai sebagai ‘tali’.

Selanjutnya, goreng lumpia kulit tahu sampai matang. Tanda matangnya ketika warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Terakhir, Resep Lumpia Kulit Tahu SAORI® siap Mama hidangkan.


Mudah bukan Ma resep-resepnya? Semua ide masakan ini bukan hasil kira-kira, tapi memang sudah teruji langsung lezatnya oleh tim Dapur Umami. Jadi, Mama tinggal praktek dan buktikan rasanya.


Namun, pastikan gunakan penyedap produk AJI-NO-MOTO® yang kami rekomendasikan. Jelajah Rasa Aneka Olahan Tahu untuk Mama yang terus penasaran mencoba semua resep tahu yang lezat dengan rasa yang menyenangkan. Semuanya merupakan jaminan rasa umami yang hakiki pada setiap resep di atas!








Source of thumbnail: fried tofu by antpkr
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.