Artikel & Tips Resep Tahu Crispy untuk Sarapan Sebelum Berangkat ke Sekolah
Resep Tahu Crispy untuk Sarapan Sebelum Berangkat ke Sekolah

Resep Tahu Crispy untuk Sarapan Sebelum Berangkat ke Sekolah

18 Jan 2023, 18:01

Efek crispy yang ada pada berbagai resep ini, bisa bikin anak lebih semangat sarapan!


Meskipun harganya relatif terjangkau, gizi yang terdapat pada tahu yang kaya akan zat besi, karbohidrat serat, yang tidak kalah dengan bahan masakan yang lebih mahal. Tapi, kalau Mama terlalu sering mengolah tahu dengan resep yang itu-itu saja, anak-anak di rumah lama-lama bisa menjadi bosan. Ada baiknya, Mama memasak tahu diolah menjadi tahu yang lebih kreatif!


Tim Dapur Umami punya beberapa resep olahan tahu crispy yang lezat. Mama bisa gunakan ini sebagai senjata di akhir bulan supaya anak tetap semangat makan. Cocok banget buat jadi menu sarapan anak sebelum berangkat sekolah. Kalau masih nyisa, oke jadi jadi camilan enak buat Mamanya.


Penasaran? Mari kita jelajahi resepnya satu per-satu!


Resep Tahu Crispy ala Sajiku® dan Mayumi®

Pernah jajan tahu crispy di pinggir jalan lalu ketagihan karena kelezatannya? Mama bisa kok bikin sendiri di rumah.

Dapur Umami


Pernah jajan tahu crispy di pinggir jalan lalu ketagihan karena kelezatannya? Mama bisa kok bikin sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang lebih terjamin higienisnya, anak-anak bisa lebih bebas mengonsumsi Resep Tahu Crispy ala Sajiku dan Mayumi® ini.


Pertama-tama, siapkan dulu isian tahunya yang terdiri dari bawang bombay, wortel, tauge, dan garam. Mama cukup tumis dan aduk semuanya hingga tercampur. Setelah itu, potong tahu cina dan iris bagian tengah tahu. Lalu, isi tahu dengan tumisan yang sudah Mama buat.


Sekarang, giliran menyiapkan adonan. Siapkan dua wadah terpisah, adonan tahu goreng yang satu berisi Sajiku® Tepung Bumbu, yang satu lagi berisi kocokan telur. Sebelum menggoreng tahu, lumuri tahu dengan kocokan telur dan balut dengan Sajiku®.


Terakhir, goreng tahu sampai warnanya menjadi kuning keemasan. Semakin nikmat jika sajian ini Mama hidangkan dengan Mayumi® sebagai sambal cocolnya!


Resep Otak-Otak Tahu ala Masako®

Olahan tahu yang crispy bisa Mama buat juga dengan resep kreatif ini. Tahu yang teksturnya lembut, bisa menjadi pengganti ikan sebagai bahan dasar otak-otak yang juga crispy.


Olahan tahu yang crispy bisa Mama buat juga dengan resep kreatif ini. Tahu yang teksturnya lembut, bisa menjadi pengganti ikan sebagai bahan dasar otak-otak yang juga crispy.


Untuk membuatnya, siapkan adonan otak-otak yang terdiri dari tahu, telur, bawang putih, merica, gula, serta Masako® Rasa Ayam. Blender semua bahan hingga benar-benar tercampur jadi adonan. Setelah itu, tambahkan terigu, tepung tapioka, wortel, cabai rawit, daun bawang, serta air. Lalu, blender lagi untuk kedua kalinya.


Kalau sudah, Mama bisa pindahkan ke dalam wadah lalu bentuk adonan seperti otak-otak pada umumnya. Selanjutnya, rebus dengan air mendidih lalu goreng dengan minyak panas hingga warna kuning keemasan tampak.


Selain jadi camilan, Resep Otak-Otak Tahu ala Masako® ini juga oke buat jadi tambahan lauk untuk makan anak-anak.


Resep Tahu Walik ala Masako®

Adonan isian tahu ini sederhana. Hanya tepung tapioka,  potongan wortel, dan air putih. Mama bisa siapkan dengan mencampurkan ketiganya ke dalam panci, lalu tambahkan irisan daun bawang dan Masako® Rasa Ayam.


Resep Tahu Walik ala Masako® ini kini sedang hits digandrungi banyak orang. Mama bisa juga lho membuatnya. Termasuk, membuat sambal cocol kecapnya yang bikin rasa tahu jadi extra lezat.


Adonan isian tahu ini sederhana. Hanya tepung tapioka, potongan wortel, dan air putih. Mama bisa siapkan dengan mencampurkan ketiganya ke dalam panci, lalu tambahkan irisan daun bawang dan Masako® Rasa Ayam. Aduk semuanya hingga kental.


Setelah adonan selesai, isikan ke dalam tahu coklat yang sudah diiris dan goreng hingga matang. Sambil menunggu tahu menghangat, siapkan sambal cocolnya.


Cara membuat sambalnya hanya dengan mencampurkan dan menghaluskan irisan bawang putih, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, cabai merah keriting, kecap manis, dan Masako® Rasa Ayam. Kebayang dong enaknya tahu cocol sambal ini?


Resep Bakwan Tahu Udang ala Sajiku®

Tahu dan udang yang jadi bahan campuran bakwan, punya nutrisi lengkap yang sayang Mama lewatkan


Nah, yang terakhir ini, bisa jadi menu andalan untuk menghasilkan makanan double protein agar anak siap aktif seharian. Tahu dan udang yang jadi bahan campuran bakwan, punya nutrisi lengkap yang sayang Mama lewatkan.


Kalau mau mencobanya, siapkan wadah dan isi dengan tahu putih serta wortel potongan dadu. Hancurkan tahu hingga tercampur dengan wortel. Di wadah yang terpisah, buat adonan lain berisi Sajiku® Tepung Bumbu Bakwan Crispy. Lalu, campur dengan air dan aduk sampai tepung merata.


Selanjutnya, tuang adonan tahu ke dalam adonan tepung Sajiku®. Tambahkan juga udang cincang dan kacang polong. Sebelum menggorengnya, aduk semua adonan hingga merata dan bentuk sesuai ukuran yang Mama inginkan. Kini, Resep Bakwan Tahu Udang ala Sajiku® siap si kecil santap!


Sekarang, sudah tahu kan bagaimana mengolah tahu crispy yang nggak bikin bosan? Mama bisa keluarkan jurus resep ini saat anak-anak mulai terlihat malas sarapan.


Untuk menambah wawasan memasak tahu lainnya, jangan lupa untuk Jelajah Rasa Aneka Olahan Tahu yang Tidak Bikin Bosan dan terus update. Kalau penasaran dengan reaksi si kecil dengan rasa dari aneka resep ini, langsung saja mulai mencoba salah satu resepnya!









Source of thumbnail: Tahu Walik, Tahu Renyah Luar Dalam Isi Bakso. Juga Dikenal sebagai Tahu Bakso by menikwidyowati's Images
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.