Artikel & Tips Aneka Olahan Tahu Kuah Sederhana Ala Masako®
Aneka Olahan Tahu Kuah Sederhana Ala Masako®

Aneka Olahan Tahu Kuah Sederhana Ala Masako®

18 Jan 2023, 18:01

Semua resep tahu ini mudah dan sederhana. Tapi soal rasa, Mama tak perlu meragukannya.


Kalau ide soal resep tahu yang diolah menjadi tahu goreng, Dapur Umami yakin Mama sudah punya banyak pengalaman. Namun, bagaimana dengan tahu olahan kuah? Sebenarnya, ada banyak juga lho menu tahu yang menggunakan kuah sebagai cara melezatkannya. 


Tekstur tahu yang lembut, pada dasarnya sangat cocok untuk dijadikan masakan kuah. Apalagi, kalau Mama menggunakan aneka bumbu yang tepat. Tapi ingat Ma, tahu kuahnya juga perlu variasi supaya keluarga di rumah nggak bosan menyantapnya. 


Tahu adalah makanan yang menyehatkan. Tahu juga mengandung zat besi, karbohidrat serat, dan protein hewani yang baik untuk tubuh. Kandungan biji kedelai sangat baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung. 


Kali, Dapur Umami akan mencoba berbagi ide resep tahu sederhana untuk Mama! Mudah-mudahan membantu ya!


Resep Opor Tahu Telur ala Masako®

Opor nggak selalu identik dengan ayam. Kalau sudah akhir bulan, Mama tetap bisa bikin menu spesial ini dengan menjadikan memasak tahu sebagai alternatif. Kalau bumbunya tepat, rasanya bisa malah lebih nikmat daripada opor ayam!


Opor nggak selalu identik dengan ayam. Kalau sudah akhir bulan, Mama tetap bisa bikin menu spesial ini dengan menjadikan memasak tahu sebagai alternatif. Kalau bumbunya tepat, rasanya bisa malah lebih nikmat daripada opor ayam!


Pertama-tama, goreng dulu tahu dan telur rebus, lalu sisihkan. Kemudian, siapkan wajan lalu tumis bumbu halus yang terdiri bawang bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar bubuk, kunyit, jahe, dan cabe merah.


Saat sudah wangi, masukkan tahu serta telur dan aduk-aduk sebentar. Setelah itu, tambahkan santan encer, gula, dan Masako® Rasa Sapi. Penyedap legendaris ini bisa bikin opor semakin gurih dan punya rasa umami. 


Langkah terakhir, aduk dan masak sampai air opor mendidih, lalu opor siap Mama sajikan. Cocok banget kalau dimakan bareng dengan nasi saat masih hangat. Tertantang untuk membuatnya? Silakan dicoba resep Resep Opor Tahu Telur ala Masako® ya, Ma.


Resep Sup Bakso Tahu ala Masako®

Resep Sup Bakso Tahu ala Masako® kali ini, salah satu resep yang cocok banget Mama eksekusi kalau cuaca lagi dingin dan butuh makanan semi-berat yang hangat serta lezat.


Resep Sup Bakso Tahu ala Masako® kali ini, salah satu resep yang cocok banget Mama eksekusi kalau cuaca lagi dingin dan butuh makanan semi-berat yang hangat serta lezat. Pakai nasi oke, nggak pakai juga kayanya tetap oke.


Cara membuatnya, siapkan dulu tahu putih. Masing-masing tahu yang berbentuk kubus, bisa Mama potong menjadi dua bagian. Kemudian, keruk bagian tengahnya untuk jadi tempat memasukkan bakso sebagai isian nya.


Untuk adonan baksonya, sediakan wadah lalu isi dengan campuran daging giling, bawang putih, lada, Masako® Rasa Sapi, kocokan telur, dan tepung kanji. Aduk semuanya sampai merata. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam potongan tahu yang sebelumnya Mama siapkan, lalu rebus sekitar 25 menit.


Sambil menunggu waktu tersebut, tumis bumbu halus yang terdiri dari potongan daun bawang, seledri, caisim, dan bawang goreng. Terakhir, tuangkan bumbu halus ini ke dalam rebusan bakso tahu dan sempurnakan dengan Masako® Rasa Ayam. Tunggu sampai air mendidih, lalu sajikan di dalam mangkok.


Resep Sup Tahu Daging Asam Manis ala Masako®

Dapur Umami memberi Moms inspirasi menu oriental. Sup Tahu Daging Asam Manis Ala Masako® ini kaya akan protein dari daging dan tahu. Ditambah lagi dengan Masako® Sapi, cita rasa asam manis dan gurihnya lengkap deh! Lezat? Udah pasti. Sehat? Tentu dong!


Asal-usul tahu atau tofu berasal dari Asia Timur. Jadi, sudah pasti cocok juga kalau Mama olah jadi menu khas oriental yang rasanya asam manis. Kalau penasaran, yuk buktikan!


Mulai proses membuatnya dengan memanaskan air sampai mendidih. Kemudian, masukkan daging sapi, jamur kancing, cuka, kecap, lada putih, sambal botol, dan tentu saja Masako® Rasa Sapi. Ketika sudah lima menit, tambahkan larutan tepung maizena dan masak hingga tekstur airnya jadi mengental.


Setelah itu, masukkan telur rebus, tofu, dan irisan daun bawang secara berurutan. Terakhir, Mama hanya perlu menunggu sampai tekstur kuah mencapai kekentalan yang Mama inginkan. Bagaimana, membuat makanan oriental seperti Sup Tahu Daging Asam Manis ala Masako® tidak begitu sulit kan?


Resep Sapo Tahu Udang ala Masako®

Sapo tahu adalah menu Asia Timur lain yang cukup populer dan sering ada di resto-resto oriental. Kali ini, Mama bisa membuat hidangan ini tak kalah lezat dengan versi resto dengan mengolahnya sendiri di rumah dengan sempurna dengan mengikuti Resep Sapo Tahu Udang ala Masako® yang dijamin sekeluarga akan lahap dan nambah terus.


Sapo tahu adalah menu Asia Timur lain yang cukup populer dan sering ada di resto-resto oriental. Kali ini, Mama bisa membuat hidangan ini tak kalah lezat dengan versi resto dengan mengolahnya sendiri di rumah dengan sempurna dengan mengikuti Resep Sapo Tahu Udang ala Masako® yang dijamin sekeluarga akan lahap dan nambah terus.


Hal pertama yang perlu Mama lakukan adalah menggoreng tahu jepang yang sebelumnya sudah dilumuri tepung maizena. Setelah matang, tiriskan dulu.


Kemudian, siapkan wajan dan tumis irisan bawang putih sampai harum. Lalu, masukkan udang, Masako® Rasa Ayam, dan SAORI® Saus Tiram. Sambil memasak, aduk semuanya sampai warna udang berubah. Setelah itu, masukkan daun bawang, kacang kapri, kailan yang sudah dibuang seratnya, dan tahu goreng.


Untuk memberikan tekstur yang semakin creamy, tuang larutan tepung maizena dan aduk semuanya hingga bumbu-bumbu meresap ke tahu dan udang. Nah, sapo tahu udang lezat ini kini siap tersaji di meja makan!


Masakan kuah yang gurih, biasanya bisa bikin nagih. Lebih-lebih, kalau bumbunya punya cita rasa yang kaya. Namun Dapur Umami nggak tanggung jawab ya kalau misalnya pas nyobain berbagai resep tahu di atas jadi pengen makan terus. Jangan lupa, Jelajah Rasa Aneka Olahan Tahu yang Tidak Bikin Bosan untuk Mama yang gemar berkreasi.






Source of thumbnail: coconut and tofu curry by nito100
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.