Artikel & Tips Aneka Camilan dari Ikan Laut, Bisa Bikin Sendiri di Rumah
Aneka Camilan dari Ikan Laut, Bisa Bikin Sendiri di Rumah

Aneka Camilan dari Ikan Laut, Bisa Bikin Sendiri di Rumah

02 Feb 2023, 16:02

Selain sebagai lauk makan, ternyata ikan juga bisa diolah jadi beraneka camilan gurih. Cocok banget buat menemani belajar, bekerja atau nonton film di rumah.

Cara buatnya pun mudah dan cepat. Kurang dari 60 menit, camilan ikan siap disajikan dengan aneka topping dan saus.


Jenis ikan laut yang sering digunakan untuk membuat camilan dari ikan misalnya tenggiri, teri, kakap, dan lain sebagainya.

Dari bahan-bahan tersebut, camilan ini bukan cuma enak, tetapi juga sehat. Penasaran mau buat di rumah? Simak beberapa ide dari Dapur Umami.


Aneka Kreasi Olahan Ikan untuk Camilan

Berikut cara mengolah ikan laut menjadi camilan enak agar tidak jajan di luar:


1. Rempeyek Ikan


Untuk resep yang pertama, Mama akan membuat cemilan dari ikan laut dalam bentuk rempeyek.

Rempeyek masuk dalam kategori gorengan. Teksturnya garing seperti kerupuk, cocok buat pendamping makanan atau sekadar camilan. 


Bahan utamanya tepung beras, sementara isiannya kacang-kacangan atau hewan kecil seperti ikan tabur atau teri medan.

“Ciri-ciri teri medan yaitu berwarna putih dan berukuran sedang. Sering ditemukan di masakan Indonesia.”


Resep Rempeyek Ikan Tabur, pertama-tama yang harus Mama lakukan, yaitu mencuci teri dari kotoran dan garam. Setelah itu, sisihkan teri terlebih dahulu.

Langkah kedua, mengulek bumbu halus dengan bahan-bahan kunyit, ketumbar serta daun jeruk. Campurkan bumbu ini dan tepung beras.


Sesuaikan rasanya, tambahkan air untuk mencairkan semua bahan, lalu aduk merata. Terakhir, Mama masukkan putih telur agar rempeyeknya lebih gurih dan teri medan yang sudah bersih. Adonan pun siap digoreng.


2. Bola Bola Ikan


Selanjutnya, Dapur Umami punya resep bola bola ikan. Camilan ini bisa diberikan kepada anak-anak yang susah makan ikan. Si Kecil pasti suka!

Di Resep Bola Bola Ikan Udang, bahan utamanya ikan kakap dan udang. Persiapan sampai proses menggoreng butuh waktu kurang lebih 45 menit. 


Cara membuat camilan dari ikan giling, ulek bawang merah dan putih, masukkan ke wadah, kemudian tambah ikan kakap giling (boleh juga dicincang).

Pada tahapan ini, tambahkan semua bumbunya, meliputi Masako®, garam, lada bubuk. Masukkan juga bahan-bahan, yaitu udang, telur, wortel, daun bawang.

Aduk pakai tangan sampai tercampur dan benar-benar lengket, lalu buat bentuk bola-bola dari adonan tersebut. Jika sudah, lumuri dengan panir.


Sekarang goreng bola bola ikannya sampai berwarna kecoklatan. 


3. Siomay Ikan


Mau bikin camilan dari ikan tenggiri? Mari coba masak siomay ikan.

Siomay umumnya memang terbuat dari daging ayam giling atau cincang. Akan tetapi, siomay ikan rasanya tidak kalah gurih dan kenyal.


“Tahukah Mama? Siomay ternyata termasuk jenis dimsum.”

Sebelumnya, pastikan Mama membuang bagian merah daging tenggiri. Soalnya, bagian tersebut bisa bikin tekstur siomay agak kasar.


Tips dari Dapur Umami, kalau mau siomay yang kenyal, gunakan tepung kanji. Sementara siomay yang lembut biasanya dari terigu.

Resep Siomay Ikan dimulai dari membuat adonan isiannya. Terdiri dari daging tenggiri, tepung, garam, daun bawang, dan sedikit air dingin. Aduk merata, ya.

Setelah selesai, masukkan adonannya ke dalam kulit pangsit, lalu kukus sekitar 20 menit. Sambil menunggu siomay matang, yuk, buat sambal kacangnya. 


Kalau bisa pakai blender saja karena lebih cepat. Bumbu-bumbunya, yakni kacang tanah, cabai merah, gula, garam, dan air. Hancurkan semuanya, lalu masak lagi sampai kental. 

Sajikan siomay di piring dengan topping bumbu kacang.


4. Fish and Chips


Fish and chips adalah camilan khas Britania Raya. Dalam satu paket biasanya berisi kentang goreng dan ikan goreng tepung.

Mama bisa buat versi Indonesianya di rumah dengan Resep Ikan Dori Crispy ala Sajiku®. Kulitnya akan lebih crispy daripada fish and chips yang asli, lo.


Cara membuat olahan ikan kekinian ini sangat mudah, karena tinggal pakai Sajiku® Tepung Bumbu. Praktis dan pasti cepat selesai.

Mama cuma perlu menyiapkan irisan daging ikan dori atau ikan laut lainnya, air dingin dan wajan dengan minyak goreng banyak.


Di resep keempat ini Mama harus menyediakan satu mangkuk untuk adonan kering dan di mangkuk lainnya adonan basah. Keduanya menggunakan Sajiku®. Untuk adonan basah caranya tinggal tambahkan air.

Cara masaknya, balurkan daging ikan dori ke adonan basah terlebih dahulu. Setelah itu selimuti dengan tepung keringnya, ketuk-ketuk kemudian goreng di minyak panas.

Taruh ikan di piring saji bersama kentang goreng.


Coba Buat Camilan Ikan di Rumah

Kesimpulannya, ikan ternyata memang bisa jadi aneka camilan enak. Cara buatnya pun tidak sesulit yang dibayangkan. Untuk beberapa resep seperti di Aneka Olahan Ikan Lezat untuk Keluarga Ala Dapur Umami memang butuh kesabaran ekstra karena prosesnya lama, tetapi hasil akhirnya sangat memuaskan.




Source of thumbnail: flat lay fish chips chopping board with sauce by freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.