Artikel & Tips Aneka Olahan Ikan Lezat untuk Keluarga Ala Dapur Umami
Aneka Olahan Ikan Lezat untuk Keluarga Ala Dapur Umami

Aneka Olahan Ikan Lezat untuk Keluarga Ala Dapur Umami

02 Feb 2023, 16:02

Indonesia adalah negara penghasil ikan terbesar kedua di dunia setelah Tiongkok. Tidak heran, ikan jadi salah satu makanan favorit masyarakatnya.

Bukan wilayah pesisir saja, tetapi negeri ini memiliki menu ikan khas hampir di setiap daerah. Mulai lauk makan, hingga berbagai olahan ikan untuk camilan.


Jumlah aneka resep ikan tradisional diperkirakan ratusan jenis. Pastinya, butuh banyak waktu kalau mau menjelajahi semua menu tersebut.

Jadi, kali ini Dapur Umami hanya akan menunjukkan beberapa kekayaan kuliner nusantara dari bahan dasar ikan laut maupun air tawar


Ikan Bakar & Panggang Bumbu Nusantara

Tekstur ikan bakar dan panggang memang agak berbeda. Namun, dari segi rasa keduanya sama-sama istimewa, apalagi diolah dengan bumbu nusantara seperti:


Nila Bakar Rica-Rica


Sambal khas Sulawesi Utara ini punya cita rasa pedas sangat kuat. Kendati demikian, banyak yang memodifikasi resepnya menyesuaikan lidah dan selera masing-masing.

Di daerah asalnya, ikan bakar rica-rica menggunakan cabai dari daerah Gorontalo.


“Bumbu rica-rica biasanya dimasak bersama daging ayam, bebek, ikan, atau bahan makanan sumber protein lainnya.” 

Resep ikan bakar rica-rica kuncinya adalah olahan sambal. Untuk hasil terbaik, Dapur Umami menyarankan Mama mengolah rempahnya dengan teknik parut.


Gurame Bakar


Di acara kumpul bareng keluarga, ikan gurame bakar sering disajikan sebagai hidangan utama. Tidak ada alasan khusus kecuali karena bumbunya simpel.

Intinya, siapapun bisa membuat bumbu oles gurame bakar dari rempah-rempah sederhana. Hanya saja, ini butuh sedikit trik.


Membakar ikan gurame harus cermat agar bau amisnya hilang dan dagingnya tidak mudah hancur pada prosesnya.

Caranya, kucurkan lemon di permukaan ikan untuk menghilangkan amis. Kemudian bakar dahulu sebentar sebelum mengoleskan bumbu.


Ikan Panggang Dabu-Dabu


Sambal dabu-dabu juga berasal dari Sulawesi Utara, tepatnya Kota Manado. Secara tampilan, ini lebih mirip sambal matah karena terbuat dari bahan mentah.

Di Manado sendiri, dabu-dabu termasuk kategori sambal lilang. Cara buatnya dengan mencincang bahan-bahannya lalu disiram minyak panas.


Satu hal yang menjadi ciri khas yaitu perasan lemon cui. Jeruk tersebut katanya khusus untuk masakan ikan khas Manado.

Sambal segar ini sangat nikmat dimakan bersama Ikan Panggang dan Bakar.


Camilan dari Ikan Laut

Ide mengolah ikan selanjutnya yaitu untuk camilan. Dari beberapa jenis ikan laut, Mama bisa membuat beberapa macam camilan enak, antara lain:


Rempeyek Ikan


Rempeyek merupakan camilan tradisional yang renyah dan gurih. Bedanya dengan keripik, rempeyek berbahan tepung beras.

Keunikan lain rempeyek terletak pada topping yang menyatu dengan adonan tepung. Biasanya itu berupa bahan makanan berukuran kecil.


Isian rempeyek contohnya kacang tanah, kacang kedelai, atau ikan teri Medan. 

Bumbu halus rempeyek terdiri dari ketumbar, kunyit dan daun jeruk. Cairkan bumbu barusan bersama tepung beras dan Masako®.


Langkah terakhir, masukkan putih telur (1 butir) dan ikan teri Medan. Ambil sesendok, lalu goreng dari tepi penggorengan sampai matang. Mudah, bukan?


Siomay Ikan Tenggiri


Siomay ikan paling enak biasanya dari ikan tenggiri. Bahan utamanya gilingan daging tenggiri tanpa duri dan tepung kanji.

“Agar siomay ikan lebih kenyal, caranya tambahkan jumlah tepung kanji dalam adonan.”

Beberapa orang mengganti kanji dengan tepung terigu karena ingin mendapat tekstur siomay yang halus.


Sementara untuk bagian luarnya, gunakan kulit siomay. Alternatifnya, boleh juga pakai kulit pangsit. 

Karakteristik kulit pangsit dan siomay berbeda. Untuk kukusan, kulit siomay lebih cocok karena bertekstur lentur dan tipis.


Fish and Chips


Ide olahan ikan kekinian untuk camilan selanjutnya fish and chips. Dari namanya, Mama pasti tahu bahwa ini bukan makanan asli Indonesia.

Tepatnya, fish and chips merupakan camilan khas Britania Raya yang populer sejak 1860-an. Camilan ini disajikan sebagaimana penamaan menu tersebut.


Dalam satu wadah, tersaji ikan goreng tepung renyah, kentang goreng dan saus cocolan. Bikin fish and chips praktis banget karena ada Sajiku® Tepung Bumbu. 


Cari tahu lebih banyak resep Camilan dari Ikan.


Ikan Bumbu Pedas Simpel

Suka masakan pedas? Indonesia kaya akan resep bumbu pedas yang cocok untuk masak ikan. Menu berikut pasti nikmat dihidangkan saat makan siang:


Tongkol Bumbu Rujak


Rekomendasi resep ikan goreng pedas yang pertama menggunakan bumbu rujak. Ini adalah variasi ayam bumbu rujak khas Jawa Timur.

Bumbu rujak sendiri memiliki pedas yang unik. Rasanya cenderung manis dan segar daripada sambal yang lain.


Itu karena komposisinya menggunakan gula merah, bawang putih, merah, daun sereh, kemiri, lengkuas, dan cabai merah. Tanpa kacang tanah, ya.

Sebenarnya akan terasa lebih gurih kalau ditambah santan, tetapi Mama juga bisa memasaknya tanpa santan. Cukup gunakan air dan tunggu sampai susut.


Pepes Ikan Mas


Pepes adalah cara mengolah makanan unik asli Indonesia. Selain ikan, ada pula pepes tahu, telur asin, jamur, dan lain-lain.

Caranya yaitu membungkus bahan makanan dengan daun pisang. Khususnya pepes ikan, perutnya diisi cabai dan aneka rempah-rempah.


Sedikit tips, sebelum proses memasak, masukkan ikan ke rendaman Sajiku® Bumbu Ikan Goreng selama 15 menit. Dengan begitu, rasa ikan jadi lebih kaya. 

“Di beberapa daerah, pepes dimasak dengan mengukusnya, tetapi ada pula yang dipanggang.”


Ikan Asam Padeh


Salah satu masakan pedas nusantara yang terkenal tidak lain resep masak ikan asam pedas atau asam padeh dari Sumatera Barat.

Umumnya bumbu tradisional ini disajikan bersama macam-macam ikan laut, misalnya tenggiri.


Campuran asam kandis dan cabai menghasilkan cita rasa pedas dan asam. Namun, sekarang Mama cukup menggunakan bumbu Sajiku® Sayur Asem.

Selain asam padeh, masih banyak resep Ikan Bumbu Pedas Simpel lainnya yang bisa Mama coba untuk pilihan menu makan siang.


Sup Ikan yang Enak & Bergizi

Terakhir, sebagai referensi masakan makan malam bergizi untuk keluarga, temukan ide resep sup ikan favorit Mama di bawah ini:


Sup Ikan Batam


Perpaduan ikan dan sup mungkin tidak begitu familier di beberapa daerah. Menariknya, di Batam menu sup ikan justru sangat melegenda.

Sup ikan khas Batam pakai ikan tenggiri, tetapi Mama bisa menggantinya dengan ikan lain sesuai selera, semisal nila air tawar.


Ciri lainnya yaitu penyajian ikan tidak secara utuh melainkan berupa potongan daging tanpa duri.

Sebelum pengolahan, Dapur Umami punya tips agar ikannya tetap lembut. Caranya rendam ikan di air sagu selama 15 menit.


Setelah semua siap, masak kuah dan campurkan dengan sawi asin. Bahan ini juga sering digunakan pada macam-macam Cara Masak Sup Ikan


Sup Krim Gurame


Bosan dengan sup bening? Mungkin Mama perlu mencicipi sensasi sup yang lebih creamy.

Resep sup ikan gurame ini unik karena menggunakan bahan tambahan susu cair. Kuahnya jadi kental, terasa gurih dan manis. 


Isiannya antara lain jagung manis, brokoli dan potongan daging gurame. Kadang-kadang juga ditambah jamur kancing atau sosis.

Sebagai pelengkap, menu ini cocok dinikmati dengan garlic bread.


Yuk, Cicipi Aneka Olahan Ikan!

Kesadaran konsumsi ikan masyarakat Indonesia mungkin dapat meningkat dengan aneka cara mengolah ikan yang unik dan lezat. Jadi, pengalaman yang didapat tidak melulu ikan goreng, melainkan banyak pilihan menu lainnya.







Source of thumbnail: spicy fried tubtim fish salad spicy thai food by jcomp
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.