Artikel & Tips Gurihnya Resep Ikan Bakar & Panggang dengan Khas Nusantara
Gurihnya Resep Ikan Bakar & Panggang dengan Khas Nusantara

Gurihnya Resep Ikan Bakar & Panggang dengan Khas Nusantara

02 Feb 2023, 16:02

Ikan bakar jadi salah satu menu favorit keluarga Indonesia. Selain rasanya, bumbu-bumbu rempahnya juga resap sampai ke daging.

Untuk alternatif, kadang-kadang ikan juga diolah dengan dipanggang. Keduanya sama-sama enak, tetapi penanganan dan bumbunya agak berbeda.


Indonesia punya banyak variasi bumbu ikan bakar dan panggang. Ada yang gurih, manis bahkan pedas.

Sebagai referensi, Dapur Umami kali ini akan membahas beberapa racikan ikan bakar dan panggang khas nusantara.


Cara Membuat Ikan Bakar dan Panggang yang Enak

Ikan bakar bumbu kecap saja rasanya sudah enak, apalagi dengan resep yang kaya rempah-rempah seperti berikut ini:


1. Nila Bakar Rica-Rica


Resep ikan bakar pertama menggunakan ikan nila dan sambal rica-rica. Ikan nila hidup di air tawar, jadi duri-durinya tidak terlalu besar sehingga mudah menikmati dagingnya.

Kendati demikian, aroma ikan nila memang lebih amis. Oleh karenanya, Mama perlu memarinasinya dahulu pakai perasan jeruk nipis.


Sementara rica-rica merupakan sambal Manado yang sangat terkenal. Bahan-bahannya cuma cabai keriting, rawit, bawang putih, dan merah.

Haluskan daftar bahan di atas, tuang AJI-NO-MOTO® dan garam seperlunya. Tambahkan juga sedikit minyak goreng saat menumis. Rica-rica selesai.


Sekarang waktunya bikin bumbu olesan Resep Ikan Bakar Rica-Rica ala AJI-NO-MOTO®. Tumbuk halus bawang putih, merah, jahe, kemiri, dan garam. Sebelum dioles ke ikan, tumis dulu sebentar.

Bakar ikan sambil mengoleskan bumbu halus barusan. Setelah sekiranya matang sajikan ikan nila bersama sambal rica-rica di atasnya. Cocok banget buat yang suka pedas!


2. Gurame Bakar Kecap


Selanjutnya ada ikan gurame bakar. Sebagaimana Mama tahu, gurame itu jenis ikan yang populer banget untuk menu ikan bakar. 

Akan tetapi, cara masaknya agak tricky. Perhatikan cara membakarnya agar daging gurame tidak gampang hancur.


“Tips! Jangan mengoleskan bumbu kecapnya sebelum membakar, tetapi kurang lebih 10 menit setelah mulai naik ke atas api.”

Tidak perlu bikin saus atau sambalnya, langsung saja siapkan bumbu kecap untuk olesan gurame.


Pertama, ulek atau blender bawang merah, putih, cabai, jahe, kemiri, dan kunyit. Kalau sudah, pindahkan ke teflon, lalu tumis sebentar.

Pada saat menumis, tuangkan juga Masako®, garam, gula, dan tentunya kecap manis. Untuk takaran, sesuaikan saja dengan jumlah gurame yang mau dibakar. 


Bakar terlebih dahulu guramenya beberapa menit. Setelah itu baru olesi seluruh permukaan gurame secara merata dengan bumbu kecapnya.

Mau tahu resep bumbu kecap bakaran yang lebih simpel? Silakan coba Resep Ikan Bakar Ala Cina.


3. Ikan Kembung Panggang Dabu Dabu


Satu lagi sambal untuk ikan bakar Manado, namanya dabu dabu. Lazimnya, bumbu ini memang dipakai untuk hidangan seafood bakar atau panggang.

Sambalnya benar-benar fresh karena itu dari bahan mentah. Bahan sambal dabu dabu, yaitu potongan bawang merah, tomat, rawit, minyak kelapa, perasan nipis. Campurkan semuanya dan taburi garam.


Untuk resep ketiga ini Mama boleh menggunakan ikan laut seperti ikan kembung. Olesannya cuma jeruk nipis dan garam.

Panggang ikan yang sudah dioles di atas teflon. Bolak balik ikannya agar matang sempurna. Terakhir, sajikan di piring dengan sambal dabu dabunya. 


Proses membuat masakan ini tidak sampai 20 menit. Jadi, Mama bisa bikin Resep Ikan Panggang Dabu Dabu waktu sedang lapar banget.


4. Tuna Panggang Bumbu Ketumbar


Coba panggang ikan dengan bumbu ketumbar kalau mau rempahnya lebih terasa.

“Di sebuah masakan, ketumbar berfungsi memberi rasa sedap alami.”


Ini juga termasuk resep ikan panggang teflon yang mudah, hanya saja waktu masaknya agak lebih lama. Estimasinya kurang lebih 40 menit.

Sebagai tambahan di Resep Ikan Panggang Bumbu Ketumbar, jangan lupa Mama pakai AJI-NO-MOTO® biar semakin sedap.


Untuk bumbu halus bakarannya adalah ketumbar, kunyit, bawang merah dan putih. Oleskan ke ikan tuna, panggang di teflon kurang lebih lima menit saja.

Sambil menunggu ikannya matang, Mama siapkan bumbu pelengkapnya untuk topping. Tumis bahan-bahan air asam, garam, gula merah, dan tambahkan lada bubuk. Setelah siap, tuangkan ke atas ikan tuna panggang.


Ikan Bakar Nusantara Simpel Tapi Kaya Rasa

Kesimpulannya, ternyata bikin ikan bakar maupun panggang dengan bumbu khas nusantara itu mudah. Mama tinggal pilih, mau resep yang rasanya gurih atau juga sekaligus pedas, seperti rica-rica dan dabu dabu. Silakan kulik resep Aneka Olahan Ikan Lezat untuk Keluarga Ala Dapur Umami untuk semakin menambah referensi Mama. Selamat mencoba!




Source of thumbnail: fried tilapia with chili sauce lemon salad garlic plate white wooden background by Jcomp
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.