Artikel & Tips Aneka Olahan Ayam Crispy Praktis dan Super Renyah ala Sajiku®
Aneka Olahan Ayam Crispy Praktis dan Super Renyah ala Sajiku®

Aneka Olahan Ayam Crispy Praktis dan Super Renyah ala Sajiku®

09 Feb 2023, 13:02

Dengan Sajiku®, membuat ayam crispy jadi jauh lebih praktis. Buktikan, yuk!


Ada alasan ilmiah yang menjelaskan mengapa banyak orang suka dengan makanan yang crispy. Katanya, suara-suara yang makanan crispy hasilkan, akan membawa pengaruh terhadap otak untuk membayangkan seberapa lezat makanan tersebut. Ini juga mungkin membuat Mama dan keluarga suka dengan ayam crispy.


Tentu saja, menjadikan ayam crispy sebagai jurus andalan ketika melihat nafsu makan keluarga di rumah tampak menurun adalah ide bagus. Dapur Umami memiliki sejumlah resep yang membuat proses membuatnya menjadi lebih praktis. Pastinya, dengan tetap memperhatikan kreasi dan rasa yang dibawanya.


Resep Ayam Crispy Saus Korea

Kalau Mama suka nonton drakor, pasti pernah dong melihat scene di restoran yang menyajikan ayam goreng dengan bumbu creamy ala Korea. Sekarang, Mama bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.


Sebelum membuat sausnya, buat dulu ayam crispynya. Mama hanya perlu menyiapkan potongan daging ayam dan Sajiku® Tepung Bumbu Golden Crispy untuk membuatnya. Caranya dengan membagi tepung ke dalam dua adonan; kering dan basah. Lalu, guling ke adonan kering dan celup ke adonan basah sebelum digoreng dengan minyak panas.


Membuat sausnya juga sebenarnya cukup sederhana. Dalam wajan, Mama hanya perlu mencampurkan saus sambal, cuka apel, kecap asin, larutan tepung maizena, serta air. Aduk-aduk semua bahan sampai teksturnya mengental. 


Terakhir, baru deh masukkan ayam crispy dan aduk hingga bumbunya merata. Untuk menambah aroma, boleh juga taburi wijen. Terbayang kan bagaimana yummy-nya resep ayam crispy saus korea ini?


Resep Ayam Crispy Oats


Sebagian dari Mama mungkin ada yang sedang gandrung dengan tren makan oats yang katanya lebih sehat. Ternyata, taste oat yang cenderung hambar dan kurang mampu membangkitkan selera, bisa Mama kombinasikan lho dengan ayam crispy! Pasti selera makan oat nambah deh dengan resep ini!


Untuk membuat ayamnya, kurang lebih sama dengan resep sebelumnya. Bedanya, pada adonan kering, Mama bisa menambahkan Sajiku® Tepung Bumbu dengan oat. Inilah ide uniknya! Untuk 1 bungkus Sajiku®, tuang sekitar 50 gram oat.


Selanjutnya, Mama tinggal masukkan ayam ke adonan basah, guling ke adonan kering, lalu goreng sampai ayam crispy oat matang sempurna. 


Mudah sekali bukan? Agar rasanya semakin kaya saat Mama dan keluarga lahap, ide bagus untuk menyiapkan sambal cocolan seperti saus pedas atau saus tomat. 


Resep Ayam Crispy Saus Madu

Hah? Ayam crispy sausnya madu? Emang enak? Eits, jangan salah, Ma! Dapur Umami sudah menguji resep ini. Hasilnya, kombinasi gurih dan renyahnya ayam dengan rasa asam-manis madu yang khas, bisa jadi paduan yang nikmat!


Bikin ayam crispy-nya kurang lebih sama dengan resep sebelumnya. Pokoknya, kalau pakai tepung Sajiku®, praktis dan renyah bisa Mama dapatkan sekaligus! Termasuk, dalam resep ayam saus madu ini.


Untuk sausnya, cukup campurkan saus tomat dan madu dalam satu wadah. Lalu, aduk-aduk hingga rata dan tuang ke ayam crispy. Terakhir, ratakan saus dan taburi ayam dengan wijen sangrai dan daun bawang yang memberi efek wangi dan meningkatkan selera.


Resep Burger Mie Ayam Crispy


Untuk resep ayam yang terakhir ini, pas banget Mama sajikan untuk si Kecil yang mungkin sudah bosan dengan ayam crispy biasa. Mama bisa sedikit berkreasi untuk menghadirkan look masakan yang lebih menyenangkan di mata si Kecil dengan resep burger ayam crispy.


Jadi, ayam dalam resep ini fungsinya sebagai pengganti beef patty yang biasa ada pada burger. Mama bisa gunakan ayam fillet dan mengolahnya menjadi crispy dengan Sajiku® Tepung Bumbu. 

Untuk pengganti rotinya, siapkan juga dadar telur. Selain ayam, tambahkan juga telur, selada, tomat, dan saus Mayumi® sebagai isiannya. Warnanya yang variatif dan gizinya yang lengkap, cocok jadi sarapan anak agar semangat berangkat sekolah.


Resep-resep di atas tidak memakan waktu yang lama dan proses yang ribet bukan? Mama cukup menyediakan waktu yang singkat dan sedikit energi untuk menghadirkan ayam crispy yang lezat dengan Sajiku® Tepung Bumbu. Sekarang, yuk mulai eksekusi salah satu resepnya! Cek Kreasi Olahan Ayam Rumahan Terbaik versi Dapur Umami untuk resep-resep yang lebih menginspirasi.









Source of thumbnail: Ayam popcorn crispy buatan rumah by Bhofack2
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.