Artikel & Tips Serba-Serbi Hidangan Panggang Gurih untuk Makan Malam Spesial
Serba-Serbi Hidangan Panggang Gurih untuk Makan Malam Spesial

Serba-Serbi Hidangan Panggang Gurih untuk Makan Malam Spesial

22 Feb 2023, 17:02

Bosan makan malam dengan hidangan goreng atau kuah? Yuk coba alternatif dengan teknik sajian lainnya yang nggak kalah lezat, yakni panggang. 

Ada banyak stok ide olahan panggang yang Dapur Umami miliki. Tapi, dalam kesempatan kali ini, Dapur Umami akan bagikan empat rekomendasi masakan panggang terbaik untuk makan malam. Sudah siap ngiler dan menjajal resepnya? Yuk cek dulu satu per-satu!


Resep Cumi Panggang Teriyaki ala SAORI®

Kami tak yakin jika mayoritas dari Mama sudah pernah menyantap cumi panggang. Bagi yang memang belum pernah mencobanya, yuk coba resep ini. Kreasi panggangnya nggak sembarang kreasi, tapi sudah teruji umami.


Sebelum memanggang cuminya, Mama perlu menyiapkan isian untuk cumi. Caranya dengan menumis bahan-bahan yang terdiri dari serai, cabai, seledri, tahu yang sudah dihaluskan, serta SAORI® Saus Teriyaki. Saat matang dan selesai mengangkatnya, dinginkan dulu beberapa saat.


Setelah itu, potong 1 buah dan banyak cumi menjadi dua bagian dan masukkan adonan isian ke dalam potongan cumi. Terakhir, sematkan cumi dengan tusuk gigi lalu panggang dan sajikan saat matang. Resep cumi panggang teriyaki ini siap untuk mengejutkan keluarga di rumah! 


Resep Bebek Panggang Hijau ala Masako®

Hayo, siapa yang suka makan bebek? Rasa gurihnya yang bikin terngiang-ngiang, bisa semakin gurih dengan aneka bumbu panggang yang Dapur Umami rekomendasikan dalam resep ini. Bukan hanya itu, aromanya juga pasti menggugah selera dan meningkatkan nafsu makan.


Untuk menghilangkan aroma yang kurang sedap dari bebek, sebelum mengolahnya Mama dapat menyiramnya dengan air jeruk nipis. 


Kalau sudah, langsung saja tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai hijau besar, kemiri, jahe, serta Masako® Rasa Ayam. Kemudian, tambahkan daun jeruk, serai, air, serta Masako®. Setelah itu, masukkan potongan bebeknya sampai terendam oleh air dan bumbu. 


Ketika airnya sudah berkurang dan bumbu meresap, Mama dapat mengangkat bebeknya lalu panggang dalam oven. Gunakan suhu 250ºc dan tunggu 25 menit untuk dapatkan resep bebek panggang hijau dengan kematangan yang baik.


Resep Nasi Goreng Panggang ala Sajiku®

Makan malam dengan nasi goreng pasti sudah biasa bagi Mama dan keluarga. Namun, bagaimana dengan nasi goreng panggang? Dengan menggunakan dua teknik memasak dalam satu masakan sekaligus, Mama bisa dapatkan cita rasa hidangan yang berkesan bagi keluarga. Tertarik?


Proses awalnya mirip dengan membuat nasi goreng pada umumnya. Mulai dari memanaskan minyak, memasukan telur kocok, wortel, cabai merah, hingga jagung manis, lalu nasi. Untuk bumbunya, cukup gunakan Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam. Aduk-aduk saja sampai rata, lalu angkat dan taruh dalam wadah.


Setelah itu, siapkan wajan berisi air dan taruh wadah berisi nasi goreng yang sudah ditaburi dengan keju yang mudah leleh. Masakan dengan teknik panggang yang unik ini bisa Mama sajikan ketika keju yang Mama taburkan sudah meleleh. Hmm.. kebayang kan bagaimana lezatnya resep nasi goreng panggang ini?


Resep Kakap Panggang Saus Gulai ala Masako®

Satu lagi makanan yang dapat Mama pertimbangkan untuk dipanggang saat menyiapkan menu makan malam adalah ikan kakap. Hal yang menarik dari resep ini ada pada kuah gulainya yang gurih dan creamy. Tentu saja, cita rasanya sangat cocok dengan ikan kakap yang pada dasarnya punya rasa gurih.


Hal pertama yang harus Mama siapkan adalah bumbu gulainya. Bumbunya terbuat dari bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai merah keriting, kemiri, serta ketumbar yang sudah Mama haluskan. Kemudian, tumis bumbu bersama daun jeruk, Masako® Rasa Ayam, air, dan santan.


Untuk kakapnya, cukup panggang dengan terlebih dahulu melumurinya dengan Masako® Rasa Ayam. Saat matang, Mama bisa menyiram kakap dengan bumbu gulainya. Semakin lezat jika Mama sajikan resep kakap panggang saus gulai ini bersama nasi daun jeruk yang aromanya khas dan menggugah.


Pusing kan mau masak yang mana setelah lihat aneka resep panggang rekomendasi dari Dapur Umami? Daripada pusing, mending jadwalkan untuk mengolah satu per-satu resepnya. Misal hari ini cumi panggang, besoknya bebek panggang, dan seterusnya. Bagaimana, setuju?



Source of thumbnail: Sam Moghadam Khamseh by Unsplash
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.