Artikel & Tips Resep Camilan Udang Gurih untuk Teman Santai di Rumah
Resep Camilan Udang Gurih untuk Teman Santai di Rumah

Resep Camilan Udang Gurih untuk Teman Santai di Rumah

14 Feb 2023, 17:02

Bikin camilan udang yang lezat hanya 10 menit dengan bumbu-bumbu umami dari AJI-NO-MOTO®.


Gurihnya udang bukan hanya bisa Mama rasakan nikmatnya sebagai lauk pauk. Sebenarnya, Hampir semua jenis udang seperti udang vaname, udang peci, udang windu, udang rebon, dan lainnya baik yang berukuran besar maupun kecil sudah sangat familiar di Indonesia.


Salah satu seafood favorit di Indonesia yang hidup di perairan khususnya sungai laut atau danau ini juga tak kalah lezat jika diolah menjadi camilan. Tentunya, camilan dengan bahan udang akan jadi camilan spesial, karena pasti mengandung protein tinggi.


Dari sekian banyak ide camilan udang, Dapur Umami memiliki empat rekomendasi olahan yang praktis dan terbaik untuk Mama coba di rumah. Kalau mau membuatnya, pastikan porsinya agak banyak. Jaga-jaga kalau anak dan suami ketagihan, Ma!


Resep Bola Bola Ikan Udang ala Masako ®

Ada banyak variasi camilan dengan bentuk bola-bola yang mungkin sudah Mama temui. Namun untuk yang berbahan udang, sudah pernah coba belum Ma? Kalau belum, kita coba olah yuk resep bola bola ikan udang!


Adonan bola-bolanya terdiri dari udang cincang, ikan kakap cincang, wortel, daun bawang, telur, lada bubuk, garam, Masako® Rasa Ayam, serta tepung roti. Campurkan semuanya dalam satu wadah lalu aduk-aduk hingga rata. Kalau sudah, bentuk bulat-bulat dengan ukuran sesuai selera.


Sebelum menggoreng adonan, celupkan dulu ke telur kocok dan tepung roti. Saat menggorengnya, gunakan api sedang lalu angkat saat adonan berubah kecoklatan. Terakhir, siapkan Mayumi® Pedas untuk sambal cocolan untuk memperkaya rasa camilan ini.


Resep Bakwan Udang Thailand ala Sajiku®

Jika Indonesia punya camilan bakwan yang umumnya menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya, maka bakwan versi Thailand biasanya menggunakan ikan. Termasuk, bisa juga memakai udang. Sekarang, mari kita mencoba langsung seberapa lezat bakwan udang spesial ini.


Cara membuatnya sangat mudah. Cukup campurkan udang cincang, irisan daun bawang, serta Sajiku® Tepung Bakwan Crispy. Selanjutnya, tambahkan air secukupnya, aduk-aduk sampai teksturnya mengental, rata, dan siap untuk digoreng.


Kalau sudah, goreng adonan dengan minyak panas. Untuk memudahkan penyesuaian ukurannya, gunakan saja ukuran sendok sebagai patokan. Saat warna adonannya sudah kuning kecoklatan, Mama bisa menyajikan resep bakwan udang thailand ini kepada keluarga tercinta di rumah.


Resep Talam Udang Gurih ala Masako®

Sebagian dari Mama pasti sudah tidak asing dong dengan talam? Camilan tradisional Indonesia dengan cita rasa manis dan gurih ini cukup populer. Terutama, pada momen-momen tertentu seperti bulan Puasa. Dapur Umami punya ide untuk mengkreasikan camilan ini bersama udang.


Untuk membuatnya, buat dulu talamnya. Siapkan panci berisi santan, tepung beras, serta Masako® Rasa Ayam. Kemudian, aduk-aduk adonannya sampai teksturnya mengental. Setelah itu, masukkan adonan ke cetakan dan kukus sampai matang (kira-kira 10 menit). 


Sambil menunggu kukusan talam matang, goreng udang dengan tambahan bumbu Masako®. Saat talam matang, lakukan plating dengan menaruh udang, daun bawang, serta cabai merah iris di atas talam. Nah, resep talam udang yang lezat dan cantik kini siap untuk Mama sajikan!


Resep Udang Renyah Cabai Rawit ala Sajiku®

Dengan Sajiku®, membuat makanan yang lezat, renyah, dan bikin nagih menjadi sangat mudah. Mama bisa mengeksplorasi aneka bahan masakan untuk menghasilkan makanan yang punya ketiga kriteria tersebut. Bahkan, dengan waktu yang sangat singkat dan bahan yang minimalis. Udang adalah salah satunya.


Hal pertama yang perlu Mama lakukan untuk membuat resep ini adalah menyiapkan dua wadah berisi adonan basah dan kering Sajiku®. Kemudian, celupkan udang ke dalam adonan basah, gulingkan ke adonan kering, lalu goreng sampai udang matang.


Sementara untuk sambal cabai rawitnya, siapkan wadah dan campurkan irisan cabai rawit, bawang merah, ebi cincang, garam, serta minyak panas. Resep udang renyah yang gurih, berpadu dengan sambal yang pedas, pasti jadi kombinasi rasa yang dapat membuat Mama dan keluarga sulit berhenti memakannya. 


Bagaimana Ma, sudah terpikirkan mau membuat camilan udang yang mana hari ini? Semuanya mungkin enak di mata Mama. Namun, saran Dapur Umami sih mending Mama tanya dulu ke anak dan suami, kira-kira mana yang paling menggugah seleranya. Siapa tau mereka punya ide tersendiri.


Bisa masak resep udang enak , semua keluarga suka, pasti menjadi hal yang sangat menyenangkan! Benar kan Ma?






Source of Thumbnail: Fried Shrimp by kazoka30
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.