Artikel & Tips Resep Camilan Jamur Gurih yang Praktis dan Bikin Ketagihan
Resep Camilan Jamur Gurih yang Praktis dan Bikin Ketagihan

Resep Camilan Jamur Gurih yang Praktis dan Bikin Ketagihan

22 Feb 2023, 16:02

Jamur bukan hanya cocok diolah menjadi bahan masakan untuk menu lauk atau pelengkap yang disantap bersama nasi. Dapur Umami sudah buktikan sendiri, jadi camilan juga tak kalah dari segi cita rasa. Rasa dan teksturnya yang khas membuat jamur cukup fleksibel mendukung hal ini.


Jamur memang terbagi dua, yaitu jamur yang dapat dimakan dan jamur beracun atau jamur yang tidak aman untuk dikonsumsi. Nah, kita mengonsumsi jamur yang tentunya aman dan bernutrisi untuk dimakan ya, Ma. Contoh jamur yang dapat dimakan adalah jamur shimeji, jamur merang, jamur kancing, jamur kuping, dan lain-lain. Mama juga bisa budidaya jamur jika memang hobby berkebun. 


Ada berbagai resep camilan jamur yang sudah kami uji langsung di dapur. Semaunya adalah kategori yang punya rasa gurih dan kemungkinan besar Mama serta keluarga sukai. Bukan tidak mungkin, aneka kreasi camilan ini akan jadi camilan favorit baru di rumah. Mari kita coba!


Resep Jamur Crispy Asam Manis ala SAORI®

Kombinasi jamur yang kriuk dan gurih, berpadu dengan saus tiram yang punya rasa asam dan manis, membuat sajian ini spesial. Bahkan, tak hanya jadi camilan, tampaknya bakal pas juga kalau jadi teman nasi.  


Jamur yang sebaiknya Mama gunakan dalam resep ini adalah jamur tiram. Goreng terlebih dahulu jamurnya bersama balutan adonan berisi campuran tepung, telur, garam, merica, serta air. Angkat dan sisihkan kalau warnanya sudah kelihatan berubah. 


Setelah itu, mulai tumis sausnya dengan memasukkan potongan bawang bombay dan wortel. Kemudian, tambahkan SAORI® Saus Tiram dan air. Aduk-aduk sampai teksturnya mengental, lalu tuang di atas jamur yang sudah Mama goreng sebelumnya. Resep jamur crispy asam manis kini siap disantap!


Resep Jamur Crispy Saus Thai ala Sajiku®

Meski sama-sama crispy, eksekusi camilan jamur ini agak berbeda dengan yang pertama. Baik dari jenis jamur, bentuknya, hingga sausnya. Namun untuk rasanya, tetap sama-sama lezat. Cobain yuk!


Gunakan jamur enoki untuk mengeksekusi resep ini. Bentuk jamur ini memanjang mirip tauge, jadi saat mengolahnya menjadi crispy, bentuknya seperti stik. Untuk menghasilkan tekstur crispy, Mama wajib mencelupkan jamurnya ke adonan basah dan membalutnya dengan adonan kering Sajiku® Tepung Bumbu.


Sementara untuk membuat saus thainya, masak campuran cabai merah giling, cuka, gula pasir, daun ketumbar, garam, air, serta larutan maizena. Aduk-aduk semua bahan di dalam wajan dengan api kecil sampai teksturnya mengental dan simpan dalam wadah khusus. 


Nah, resep jamur crispy dengan cocolan saus thai kini siap meluncur ke ruang keluarga!


Resep Siomay Jamur ala Masako®

Kali ini, Dapur Umami rekomendasikan kreasi camilan ala-ala Chinese. Jamur bisa Mama campurkan dalam adonan siomay untuk menghasilkan rasa siomay yang lebih spesial dari biasanya. Selain punya rasa yang gurih, camilan ini juga memiliki kandungan nutrisi protein vitamin yang cukup lengkap.


Isian siomay bisa Mama buat dari campuran daging ayam cincang, kol, jamur, seledri, dan Masako® Rasa Ayam. Tak perlu penyedap lain, hanya Masako® sudah cukup. Selanjutnya, aduk rata bahan-bahan tersebut.


Setelah itu, siapkan kulit pangsit dan taruh isian yang sudah Mama siapkan ke dalam pangsit. Lipat rapi, lalu goreng siomay hingga warna pangsitnya berubah menjadi kuning kecoklatan. Sebelum menyajikan resep siomay jamur ini, Mama bisa taburkan parutan wortel di atas siomay untuk melengkapi nutrisinya.


Resep Bakwan Jamur Crispy ala Sajiku®

Pasti ada diantara Mama yang jadi penggemar bakwan. Ngomong-ngomong, biasanya Mama makan bakwan yang bahannya apa saja? Pernah nggak Ma, sebelumnya makan bakwan yang menggunakan jamur sebagai bahan utamanya? Kalau belum, coba yuk ide dari Dapur Umami ini.


Ketimbang resep-resep sebelumnya, resep ini tergolong yang paling praktis. Kunci resepnya terletak pada varian Sajiku® Tepung Bumbu Bakwan yang wajib Mama gunakan dalam prosesnya. Cukup campurkan tepung spesial ini bersama jamur dan air, aduk adonan hingga rata, dan goreng hingga warnanya kuning keemasan.


Saran Dapur Umami, kekentalan adonannya harus pas, tidak terlalu padat dan tidak terlalu encer. Kalau terlalu padat hasilnya nanti bisa keras dan kalau terlalu encer hasilnya nanti akan terlalu melebar mirip rempeyek. Untuk hasil resep bakwan jamur crispy yang pas, perbandingannya untuk 1 bungkus Sajiku® cukup pakai air 130 mililiter.


Bagaimana, membuat camilan jamur ternyata mudah kan? Memang mudah kok Ma. Tapi, untuk memastikan rasa gurihnya sesuai ekspektasi yang Mama miliki, pastikan hanya menggunakan produk-produk AJI-NO-MOTO®. Termasuk, kalau Mama juga tertarik mencoba aneka resep jamur lezat lainnya.







Source of thumbnail: Jamur Enoki Goreng atau Jamur Golden Needle by Monica Todica Image’s
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.