Artikel & Tips Olahan Mie Spesial Ala Masako® yang Rasanya Bikin Terngiang
Olahan Mie Spesial Ala Masako® yang Rasanya Bikin Terngiang

Olahan Mie Spesial Ala Masako® yang Rasanya Bikin Terngiang

18 Jan 2023, 18:01

Mie yang enak? Banyak. Mie yang bikin terngiang-ngiang? Butuh ide dan resep yang khas.


Mie itu memang enak. Hampir semua orang suka dengan rasanya. Namun, nggak semua mie yang enak itu rasanya bikin kangen dan nagih. Mama perlu resep khusus untuk membuat anak dan suami terngiang-ngiang dengan rasanya.


Kali ini, Dapur Umami punya sejumlah ide olahan mie yang rasanya bisa menempel di ‘ingatan’ lidah anak dan suami di rumah. Bahannya mudah Mama dapatkan. Demikian juga cara membuatnya cukup mudah untuk Mama ikuti. 

Yuk pelajari resepnya!


Resep Mie Telur Ayam Aglio-Olio ala Masako® 

Dapur Umami


Aglio-olio itu apa sih? Buat yang belum tahu, ini mie atau spaghetti khas Naples, Italia yang terkenal sederhana, tapi punya rasa yang spesial. FYI, aglio sendiri artinya bawang putih, sedangkan olio artinya minyak. Ya, keduanya memang ‘aktor’ utama hidangan ini.


Untuk membuatnya, rebus dulu mie sampai matang, lalu sisihkan. Setelah itu, tumis bawang putih cincang sampai harum. Kemudian, masukkan daging ayam yang sebelumnya sudah Mama potong dadu, oregano, lada, bubuk cabai, kemangi, serta Masako® Rasa Ayam.

Selanjutnya, masukkan mie yang sudah direbus dan aduk agar merata dengan bahan-bahan yang lainnya. Terakhir, sajikan dan mia siap untuk Mama sekeluarga santap.


Di Italia sana, mie ini terkenal dengan rasanya yang gurih. Dengan bumbu Masako® yang Mama tambahkan, rasanya pasti jadi ekstra gurih. Cobain deh Resep Mie Aglio-Olio ini! 


Resep Mie Goreng Imlek ala Masako® 


Di China sana, saat perayaan Imlek, mie adalah salah satu hidangan wajib keluarga. Mungkin, mirip-mirip dengan ketupat yang identik jadi makanan lebaran. Namun tentu, mie ini nggak selalu mesti Mama masak saat Imlek. Sekarang juga boleh kok!

Mulailah membuatnya dengan menumis bawang putih cincang. Setelah itu, tuang potongan daging sapi dan masak sampai harum dan warnanya berubah. 


Kemudian, masukkan mie yang sudah direbus, pakcoy, daun bawang, cabai merah, kecap manis, dan kecap ikan secara berturut-turut. Aduk-aduk sampai rata. Terakhir, taburkan Masako® Rasa Sapi lalu aduk dan tunggu sampai matang merata.


Resep Mie Goreng Imlek ala Masako® ini kaya dengan bumbu dan rempah. Rasa manis, asin, dan gurih yang umami, pasti membekaskan kesan tersendiri di lidah anak dan suami di rumah!


Resep Mie Aceh Spesial ala Masako® 


Bicara varian olahan mie lokal yang populer, mie aceh adalah salah satu yang paling spesial. Mie dengan citarasa pedas dan gurih ini juga terkenal dengan kekayaan rempahnya. Mama kini bisa mencoba rasanya dengan membuatnya sendiri di rumah.


Sebelum memasak mie, Mama perlu menyiapkan bumbu halus. Bumbunya terdiri dari bawang putih, bawang merah, dan cabai merah keriting. Selain itu, siapkan juga irisan daging sapi dan kol.


Kalau sudah, panaskan minyak dan masukkan bumbu yang sudah Mama buat. Kemudian, masukkan daging sapi dan tunggu sampai warnanya berubah. Lalu, tambahkan air, kol, gula, kari bubuk, kecap manis, Masako® Rasa Sapi, dan aduk semuanya hingga merata.

Setelah itu, masukkan mie yang sudah direbus serta tauge. Terakhir, masak dan tunggu sampai semuanya matang sempurna. 


Untuk menyempurnakan sajian ini, Mama bisa lengkapi dengan irisan tomat, jeruk nipis, atau kerupuk. Selain enak, resep mie aceh yang kaya dengan campuran sayuran ini pastinya kaya dengan nutrisi. 


Resep Soto Mie Bogor ala Masako® 


Di Bogor, ada hidangan unik yang mencampurkan mie dengan soto, namanya soto mie bogor. Kedai yang menjual makanan ini biasanya jadi salah satu tujuan wisatawan kalau mampir ke Bogor. Hal spesialnya, hidangan ini banyak sekali pelengkapnya.

Kalau mau membuatnya, mulai dengan merebus daging hingga lima menit. Kalau sudah, buang kuahnya dan isi lagi pancinya dengan air. Panaskan dan tunggu sampai airnya mendidih.


Sambil menunggu air mendidih, buat bumbu halus dari campuran cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, dan kemiri sangrai. Kemudian, tumis bumbu halus lalu tambahkan dengan daun jeruk, jahe, lengkuas, serta Masako® Rasa Ayam.

Setelah itu, masukkan semua tumisan ke dalam panci berisi rebusan daging. Saat daging sudah empuk dan matang, tuangkan dalam ke mangkuk.


Terakhir, tambahkan mie kuning basah, risol, tomat, seledri, bawang daun, emping, kol, jeruk limo, dan bawang goreng dalam mangkuk. Kalau Mama suka pedas, tambahkan juga sambal untuk menambah kelezatan Soto Mie Bogor ala Masako®.


Sudahkah Mama menjelajahi Aneka Olahan Mie yang Tidak Kalah Lezat dengan Mie Instan? Memang harus diakui, effort yang perlu Mama keluarkan untuk membuat berbagai olahan mie di atas lebih besar daripada membuat mie instan. Namun percayalah, usahanya sebanding dengan rasa spesialnya! 






Source of thumbnail: Mie soba by Proformabooks
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.