Artikel & Tips Aneka Olahan Mie yang Tidak Kalah Lezat dengan Mie Instan
Aneka Olahan Mie yang Tidak Kalah Lezat dengan Mie Instan

Aneka Olahan Mie yang Tidak Kalah Lezat dengan Mie Instan

18 Jan 2023, 18:01

Mie instan memang lezat. Tapi setelah mencoba ide resep olahan mie ini, Mama bakal tahu tau bahwa ada banyak mie yang nggak kalah lezat.


Pengen makan mie, tapi bosan dengan rasa mie instan yang begitu-begitu aja? Tenang, Mama nggak sendiri. Banyak kok ibu lain yang merasa seperti itu saat ini.


Memang, mie instan enak sih. Namun, mie bikinan sendiri bisa jauh lebih enak kalau Mama mengolahnya dengan benar. Dengan bahan, rempah, dan bumbu yang tepat, keluarga di rumah bisa ketagihan dengan rasanya. Nggak percaya? Cobain aja, Ma!


Dapur Umami punya sejumlah ide kreasi olahan mie, makanan enak berbahan dasar tepung terigu yang dapat membuat keluarga jatuh hati. Spesial untuk Mama yang ingin membahagiakan keluarga dengan makanan istimewa!


Ide Resep Mie Goreng ala Resto

Hidangan restoran pasti enak-enak. Termasuk, mie gorengnya. Namun tenang, Mama nggak perlu ke resto, pakai ide-ide dari kami saja!


Mie Goreng Jawa


Ini adalah mie tradisional yang kentara rasa manisnya, rasa yang familiar banget untuk lidah orang asli Jawa. Cirinya terletak pada bumbu halus dan kecap yang digunakan dalam prosesnya.


Kemiri, bawang merah, bawang putih, dan merica, biasanya jadi bahan utama untuk bumbu halus yang dimasak pertama kali dalam wajan. Untuk efek manisnya, tentu saja dari kecap. Sayuran seperti kol dan wortel, serta suwiran daging ayam dan udang, bisa Mama tambahkan untuk melengkapi gizinya. Jangan lupa pakai kerupuk!


Mie Goreng Siram


Kalau yang satu ini, mie goreng yang biasa ada di resto oriental (Chinese) dan punya nama lain I Fu Mi. Keunikan hidangan ini terletak pada mie-nya yang sengaja digoreng garing seperti keripik, kemudian disiram dengan kuah kental yang lezat.


Untuk mienya, cukup goreng mie dengan merendamnya ke dalam minyak panas. Sementara kuahnya, bisa gunakan bumbu yang memberi rasa asam-manis khas oriental seperti SAORI® Saus Tiram, kecap asin, lada halus, larutan maizena, dan lainnya. Daging ayam atau telur puyuh, pas jadi tambahan nutrisi hidangan ini.


Mie Goreng Sambal Matah


Kreasi mie goreng dengan sambal matah ala Bali, bisa Mama bawa lho sensasi lezatnya ke dalam rumah!


Bumbu matah-nya sendiri terdiri dari bawang merah, cabai merah, cabai rawit, serai, dan terasi. Nggak perlu Mama haluskan pakai blender, cukup iris saja sehingga bahan-bahan sambalnya masih kelihatan saat tersaji. 

Mama juga bisa berkreasi dengan menambahkan Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam untuk menambah kelezatan.


Kalau saran Dapur Umami ini masih kurang jelas, Mama bisa cek juga resep Mie Goreng Ala Restoran yang Bisa Jadi Pilihan Menu Sarapan, dijamin sarapan lahap untuk sekeluarga. 


Ide Resep Mie Kuah + Lauk Pauk

Siapa yang lebih suka mie kuah daripada mie goreng? Dapur Umami punya ide supaya sajian mie dengan kuah jadi lebih nikmat, lengkap dengan bahan lauk pauknya.


Mie Kopyok


Jadi, mie kopyok ini merupakan mie khas Semarang, Ma! Bikinnya relatif praktis dengan campuran tahu yang kaya protein serta sayuran hijau dan tauge yang kaya vitamin.


Jika ingin membuatnya, Mama cukup merebus mie dan sayuran secara terpisah, lalu tiriskan. Untuk kuahnya, Mama buat juga terpisah dengan campuran irisan bawang putih, gula, dan Masako®. Plating-nya, siram mie, sayuran, dan potongan tahu pong dengan kuah tersebut. Sajian ini, cocok banget jadi hidangan makan malam. 


Mie Ramen


Nggak perlu jauh-jauh datang ke resto Jepang. Di rumah, Mama bisa bikin ramen sendiri. Dengan penyedap AJI-NO-MOTO®, rasa umami dalam ramen dapat Mama ciptakan.


Rasa khas ramen sendiri terdiri dari bawang putih, kecap asin, kecap ikan, jamur, dan AJI-NO-MOTO®. Semua bahan ini bisa Mama masak dengan air. Adapun bahan makanannya, selain mie, tambahkan juga protein lain seperti bakso ikan, telur, atau yang lainnya sesuai selera.


Lomie Ayam


Buat yang belum tahu, lomie ini juga makanan oriental, tepatnya dari Tiongkok. Kuahnya dibuat lebih kental dengan rasa gurih sedikit manis.


Dapur Umami sendiri punya kreasi lomie yang khas dengan menambahkan Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam sebagai bumbu. Menemani irisan daging ayam, kecap, dan larutan maizena yang dapat Mama tumis di awal. Untuk memperkaya gizi, oke juga jika menambahkan kangkung muda dan tauge.


Kalau Mama perlu penjelasan lebih detail cara bikin resep-resep di atas, kami sudah menuliskannya di Resep Mie Kuah dengan Lauk Lengkap untuk Makan Malam.


Ide Resep Mie Spesial Pakai Masako®

Sejak 1969, Masako® hadir membawa rasa umami yang spesial ke Dapur Mama di berbagai penjuru dunia. Mama juga bisa menghadirkannya dalam sejumlah ide hidangan mie spesial untuk keluarga di rumah.


Mie Aceh


Untuk Mama dan keluarga yang hobi makan mie dengan cita rasa gurih dan pedas, coba bikin mie aceh! Kombinasi bumbu dan rempahnya, bikin rasa mie ini spesial.


Cara membuat mie aceh, Mama wajib bikin dulu bumbu halusnya secara terpisah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan cabai keriting. Nantinya bumbu halus ini bisa Mama tumis dengan daging, sayuran, kecap, gula, Masako® dan bumbu kari. Kuahnya inilah yang menciptakan efek gurih dan pedas khas pada mie.


Mie Telur Ayam Aglio Olio


Italia punya salah satu menu mie yang cara membuat mie aglio olio sederhana tapi rasanya spesial. Aglio olio namanya. Hidangan ini menjadikan bawang putih sebagai bumbu dan aroma yang ditonjolkan.


Proses membuatnya sangat sederhana. Cukup dengan menumis bawang putih cincang, lalu campur dengan bahan-bahan lain mulai dari oregano, daging ayam, lada, bubuk cabai, kemangi, Masako® , dan tentu saja mie-nya. Mudah sekali bukan? Tapi, coba deh rasanya!


Soto Mie Bogor


Hal yang bikin soto mie ala Bogor ini khas adalah bahan dan pelengkapnya yang super banyak. Kalau Mama pernah mencobanya, pasti tahu deh bagaimana banyaknya. 


Kuahnya sotonya terbuat dari daging sapi, bumbu halus, Masako® dan aneka rempah yang aromatic seperti jahe, lengkuas, salam, sereh, hingga daun jeruk. Adapun mie, sebenarnya hanya salah satu pelengkap saja. Mama bisa tambahkan pelengkap lain mulai dari risol, kol, tomat, jeruk limau, hingga emping.


Lebih jelasnya, resep spesial mie pakai Masako® bisa Mama temukan di Olahan Mie Spesial Ala Masako® yang Rasanya Bikin Terngiang.


Ide Resep Camilan Mie

Mie jadi camilan? Bisa kok. Dapur Umami punya ide untuk Mama! Cocok juga untuk jadi bahan jualan.


Bola-Bola Mie


Idenya sederhana, membuat mie menjadi adonan yang bisa Mama bentuk bola-bola. Tentu, dengan campuran bahan lain yang membuat rasanya semakin kaya.


Pertama-tama, rebus mie. Mama dapat mencampurkan mie yang sudah direbus dengan ayam giling, bawang-bawangan, dan wortel. Campurkan semuanya dan lezatkan rasanya dengan Masako®. Sebelum Mama goreng, jangan lupa bentuk dulu adonan jadi seperti bola.


Sosis Gulung Mie


Sosis gulung paling cocok jadi andalan kalau Mama punya anak yang lagi susah makan. Namun, membuatnya jangan sekedar menggulung sosis dengan mie lalu goreng.


Agar rasanya makin menggugah, campurkan dulu mie-nya dengan Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam. Gurihnya pasti bikin keluarga susah berhenti memakannya.


Bukan hanya ada, Dapur Umami juga masih punya ide Olahan Mie kreatif untuk camilan, bisa jadi ide jualan juga dari mie lainnya yang bisa Mama buat. Kalau sudah tahu ide-ide di atas, sekarang Mama nggak akan kehabisan ide jika merasa bosan dengan mie instan. Faktanya, banyak kan sajian mie yang bisa Mama eksplorasi dan punya rasa nggak kalah lezat!







Source of thumbnail: Yakisoba by ma-no
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.