Artikel & Tips Kreasi Sarapan Ayam untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak
Kreasi Sarapan Ayam untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Kreasi Sarapan Ayam untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

09 Feb 2023, 14:02

Sarapan anak lebih semangat dengan menu yang kreatif namun tetap praktis dibuat. 

Menjaga nafsu makan anak agar tetap tinggi memang susah-susah gampang. Salah satu cara ampuh yang bisa Mama coba adalah memastikan menu-menunya tampak good looking dan fresh bagi mereka. Termasuk, kalau Mama mau mengolah ayam sebagai hidangan saat sarapan.


Untuk membantu Mama menemukan ide masak, Dapur Umami punya sejumlah resep yang mungkin bisa menjadi solusi. Selain menarik, resep-resep ini juga dijamin punya rasa yang lezat. Bahkan, mungkin sebagiannya ada yang bisa jadi andalan Mama saat menyiapkan sarapan.


Resep Pizza Ayam ala Mayumi®

Siapa sih yang nggak suka pizza? Makanan lezat khas Italia ini jadi favorit banyak orang. Termasuk, mungkin keluarga Mama di rumah. Namun kini, Mama tak perlu membelinya ke resto, cukup bikin sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang lebih murah dan sederhana.


Sebagai pengganti dough yang lebih praktis, Mama bisa gunakan roti tawar. Sementara untuk adonan dasar topping-nya, gunakan campuran Mayumi® Pedas. Oles ke salah satu permukaan roti.


Kalau sudah taruh sejumlah topping-nya. Ayam suwir, jagung manis, paprika merah, paprika hijau, serta keju yang mudah leleh. Kombinasi bahan topping yang warna-warni, bisa menjadi daya tarik anak-anak untuk menyantapnya. Sangat mudah bukan membuat pizza ayam Mayumi® ini?  


Resep Tortilla Isi Ayam ala Mayumi®

Roti khas Meksiko ini mungkin masih agak asing bagi Mama dan keluarga. Tapi, tak salah jika Mama mencobanya. Ini akan memperkaya pengalaman dalam menjajal berbagai citarasa makanan. Muatan kalori dalam menu ini membuatnya cocok jadi menu sarapan.


Untuk isian tortilla, siapkan tumisan ayam dan bawang bombay, tomat, irisan selada, serta Mayumi®. Campurkan semuanya dalam satu wadah, lalu aduk hingga merata. Kemudian, siapkan tortilla dengan memanggannya terlebih dahulu di wajan panas.


Terakhir, taruh isian ke atas tortilla, lipat dengan rapi, dan potong menjadi dua bagian. Kini, tortilla isi ayam siap untuk keluarga santap jadi teman sarapan!


Resep Sandwich Donat Ayam Teriyaki ala SAORI®

Selain sarapan ayam ala Italia dan Meksiko, Dapur Umami juga punya ide sarapan Sandwich yang popularitasnya di mulai di Inggris pada abad ke-18. Bedanya, resep ini menggunakan donat yang tak kalah lezat dengan isian teriyaki ala oriental.


Ada dua yang perlu Mama siapkan: Donat dan isian ayam saus teriyaki. Donatnya bisa Mama buat adonannya dari tepung terigu, gula, ragi instan, dan telur. Saat menguleni, tuang air sedikit-sedikit dan tambahkan margarine serta garam sampai kalis. Setelah itu, tunggu 30 menit dan bentuk bulat-bulat.


Agar lebih menarik, sebelum menggoreng adonannya, masukkan adonan ke dalam telur kocok dan guling dengan tepung roti. Saat matang, donat jadi lebih menarik.


Untuk isian sandwichnya, terdiri dari tumisan bawang putih, bawang bombay, minyak wijen, ayam cincang, dan SAORI® Saus Teriyaki. 


Kalau sudah jadi, tinggal taruh isian di dalam donat yang sudah Mama potong menjadi dua bagian. Jangan lupa tambahkan selada, tomat, dan ketimun untuk meningkatkan nutrisi dari sandwich donat ayam teriyaki.


Resep Nugget Ayam Sayur ala Masako®

Memang, banyak sih nugget instan yang bisa Mama gunakan dengan jadi lauk untuk sarapan. Namun sesekali, boleh dong bikin nugget sendiri. Selain bisa jadi lebih hemat, bahannya juga Mama eksplorasi lebih sehat dan lezat.


Adonan nugget terdiri dari daging ayam giling, tepung roti, telur, potongan wortel dan daun bawang, serta Masako® Rasa Ayam. Campurkan semua adonan, lalu bentuk bulat sesuai dengan keinginan Mama. 


Jika adonan sudah siap, celup adonan ke dalam kocokan telur, lalu balur dengan tepung roti. Terakhir, goreng nugget ayam sayur dengan api sedang sampai matang. Kalau rasanya mau lebih kaya, siapkan juga saus tomat sebagai cocolannya, Ma! 


Dengan rajin-rajin menyiapkan sarapan yang kreatif dan variatif, Dapur Umami yakin anak-anak Mama bakal lebih semangat makan. Otomatis, mereka bakal lebih sehat, aktif, dan produktif dalam menjalani hari.


Tenang saja, Mama nggak perlu takut kehabisan ide. Kalau semua resep ayam di atas sudah tuntas Mama jajal, masih banyak resep menarik lainnya yaitu Kreasi Olahan Ayam Rumahan Terbaik versi Dapur Umami. Sering-sering saja mengunjungi kami!







Source of thumbnail: Kids food, chicken nugget and broccoli by Rawbixel


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.