Artikel & Tips Cara Membuat Rawon Daging Sapi Sederhana, Spesial dan Lezat
Cara Membuat Rawon Daging Sapi Sederhana, Spesial dan Lezat

Cara Membuat Rawon Daging Sapi Sederhana, Spesial dan Lezat

27 Sep 2022, 14:09

Pengen buat rawon sendiri di rumah? Pilih 3 cara membuat rawon daging sapi, dari yang resep sederhana, hingga spesial.



Buat yang pernah merasakan rawon, pasti bakal terkenang-kenang dan ingin merasakannya lagi.

Meski masakan khas Jawa Timur ini terkenal rumit dengan bumbunya yang beragam, tapi Mama tak perlu khawatir jika ingin membuatnya.


Kali ini Dapur Umami akan membagikan 3 macam resep rawon daging sapi, mulai dari resep rawon sederhana, spesial, hingga khas daerah Nguling, Probolinggo.

Simak resepnya.


Cara Membuat Rawon Daging Sapi Sederhana


https://www.dapurumami.com/resep/rawon-spesial-masako-LMlOE


Resep rawon sapi sederhana sangat praktis dan cepat. Cara memasak rawon simple ini hanya dengan 3 langkah saja dan dapat selesai dalam waktu sekitar 30 menit. Cocok sekali untuk Mama yang ingin praktis.


Sebelumnya, selain daging sapi, Mama perlu menyiapkan bumbu halus dan bumbu rawonnya.

Bumbu halusnya terdiri dari cukup banyak jenis rempah. Ada bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar sangrai, dan jahe. Tak ketinggalan rempah khasnya, yaitu buah keluak.


Setelah halus, tumis bumbu tersebut bersama dengan daun jeruk dan serai geprek. Masak sampai aroma harumnya tercium, baru tambahkan potongan daging ke dalamnya.


Masukkan air lalu tambahkan Masako® Rasa Sapi untuk kelezatan sempurna. Setelah itu tinggal masak sampai dagingnya empuk dan kaldunya mengental. Rawon pun siap disajikan dengan pelengkap tauge, telur asin, dan sambal terasi.


Kalau Mama mau mengikuti resepnya, bisa lihat di Resep Rawon Ala Masako® ini.


Resep Rawon Asli Jawa Timur


https://www.dapurumami.com/resep/rawon-jawa-timur-ala-sajiku-GnVlp


Resep rawon asli menggunakan daging sandung lamur karena mengandung bagian lemak yang membuat kaldunya terasa lebih nikmat.

Selain itu, bumbunya juga terdiri atas bumbu halus dan bumbu kaldunya.


Bumbu halusnya terdiri atas 10 macam. Ada bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, ketumbar, keluak, terasi, garam, dan AJI-NO-MOTO®. 

Adapun bumbu kaldunya menggunakan daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai geprek.


Cara membuat rawon khas Jawa Timur pun bertahap. Pertama perlu membuat kaldu terlebih dahulu dengan memasak daging bersama bumbu kaldu di atas.


Setelah daging matang dan empuk, angkat dan tiriskan, kemudian potong kecil-kecil. Selanjutnya, saring air rebusan kaldu yang tadi lalu masukkan lagi potongan daging ke dalam kaldu tersebut.


Secara terpisah, tumis bumbu halus yang 10 macam tersebut bersama dengan irisan daun bawang. Setelah matang dan harum, angkat dan campurkan dengan rebusan daging tadi.


Selanjutnya tinggal memasak rawon tersebut dengan api kecil sampai mendidih dan rawon khas Jawa Timur pun siap dihidangkan.


Jangan lupa untuk menyajikan bersama bahan pelengkap khas, yaitu tauge, telur asin, dan sambal terasi. Untuk menyontek inspirasinya, Mama bisa melihat di halaman Resep Rawon Daging Sapi.


Resep Rawon Nguling


https://www.dapurumami.com/resep/rawon-nguling-ala-masako


Beda daerah di Jawa Timur bisa sedikit berbeda resep rawonnya. Jika mau variasi, Mama dapat membuat rawon Nguling dari Probolinggo.

Dagingnya sama menggunakan bagian sandung lamur, hanya saja bumbu halusnya sedikit berbeda. 


Selain 10 macam bumbu di atas, ada tambahan jinten sangrai, asam jawa, dan merica bubuk. Kali ini pun tidak menggunakan AJI-NO-MOTO®, tapi Masako® Rasa Sapi untuk memperkaya rasa.


Selain itu, tahapan masaknya juga lebih simpel dan praktis, hanya terdiri dari 3 langkah saja.

Setelah merebus daging sampai matang, tumis bumbu halusnya secara terpisah. Kemudian tambahkan rebusan daging tadi bersama dengan daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan serai.


Selanjutnya, masak rawon sampai matang dan tambahkan irisan daun bawang serta gula atau garam untuk mengoreksi rasa.


Terakhir, tinggal menyajikan bersama dengan bahan pelengkap rawon yang biasa, yaitu telur asin, tauge, dan sambal terasi.

Jika masih bingung takaran dan langkahnya, Mama bisa melihat di halaman Resep Rawon Nguling Ala Masako berikut.


Resep Rawon Instan

Kalau mau lebih cepat lagi, Mama bisa pakai cara masak rawon bumbu jadi, yaitu dengan Sajiku® Bumbu Rawon.


https://www.youtube.com/watch?v=A1ojoeO7e5U&t=3s 


Tak perlu menumis, tinggal masukkan Sajiku® Bumbu Rawon pada rebusan daging yang sudah matang. Aduk sesekali dan masak selama 45-60 menit sampai bumbunya meresap. Rawon daging sapi cepat saji pun siap disantap.


Gampang sekali, kan, cara membuat rawon daging sapi? Mau resep yang simpel, orisinil, variasi Nguling, maupun yang instan, tinggal pilih saja. Yang pasti, semua resep sudah teruji kelezatannya di Dapur Umami.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.