Artikel & Tips Cara Membuat Opor Ayam Bumbu Instan, Praktis dan Lezat
Cara Membuat Opor Ayam Bumbu Instan, Praktis dan Lezat

Cara Membuat Opor Ayam Bumbu Instan, Praktis dan Lezat

28 Sep 2022, 09:09

Lebaran mau bikin opor ayam yang praktis? Lihat resep cara membuat opor ayam bumbu instan yang praktis dan lezat berikut.


Image: freepik 


Opor ayam merupakan hidangan lezat yang biasa muncul saat hari raya. Karena sibuk mempersiapkan lebaran, seringkali orang mencari cara membuat opor ayam bumbu instan yang praktis dan cepat.


Untuk Mama yang punya banyak kesibukan, kali ini Dapur Umami akan membagikan 2 cara memasak opor ayam yang lezat. Ayam kampung maupun ayam biasa, semua bisa jadi pilihan.


Cara pertama dengan menggunakan bumbu jadi atau bumbu instan, lalu cara kedua dengan bumbu lengkap tapi langkah memasak yang simpel.

Simak resepnya.


Cara Masak Opor Ayam Bumbu Jadi

Resep opor ayam bumbu kuning instan ini menggunakan bumbu yang sudah jadi, yaitu Sajiku® Bumbu Opor.


https://www.dapurumami.com/resep/opor-ayam-jawa-tengah-ala-sajiku-9unDY


Pada bumbu opor instan ini sudah tersedia beragam rempah yang biasa untuk memasak opor ayam Jawa Tengah. Jadi, Mama tak perlu menyiapkan bumbu apapun selain santan kental.


Maka dari itu, waktu memasaknya pun jadi sangat singkat. Hanya 30 menit, menu opor ayam yang lezat sudah bisa Mama sajikan untuk keluarga.


Langkah pertama yaitu menyiapkan bahan utamanya, ayam. Jadikan ukuran potongan per 100 gram atau sesuai selera.


Kemudian, masak air hingga mendidih lalu masukkan potongan daging ayam tersebut. Selanjutnya, tambahkan santan kental dan bumbu instan Sajiku® Bumbu Opor lalu masak hingga daging ayamnya empuk.


Takaran bumbunya yaitu 1 bungkus Sajiku® Bumbu Opor untuk 500 gr daging ayam. Adapun santan kentalnya sekitar seperempat liter dan airnya setengah liter.


Takaran tersebut bisa untuk 5 porsi sehingga jika ingin membuat lebih banyak, tinggal ditambah bumbunya.


Untuk lebih jelasnya, Mama bisa mengikuti resep Opor Ayam Jawa Tengah ala Sajiku yang sudah teruji di Dapur Umami berikut.


Cara Membuat Opor Ayam Sederhana

Selanjutnya juga merupakan resep opor ayam simple. Meski menggunakan bumbu lengkap, tapi langkah memasaknya sangat sederhana dan praktis. Cukup 3 langkah: tumis, rebus, dan sajikan.


https://www.dapurumami.com/resep/opor-ayam-khas-solo-ala-masako


Langkah pertama, Mama perlu menumis dengan minyak tumis bumbu halus. Bumbu halus untuk opor terdiri dari 5 jenis, yaitu: bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar sangrai, dan jintan sangrai.


Setelah dihaluskan, tumis bumbu opor halus tersebut bersama dengan daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas sampai aromanya harum.


Begitu harumnya tercium, masukkan potongan ayam, lalu masak sampai berubah warna menjadi kuning-coklat.


Setelah ayamnya berubah warna, masukkan santan encer, lalu tambahkan Masako® Rasa Ayam dan gula pasir untuk menimbulkan rasa gurih manis khas opor. Lanjutkan masak sampai mendidih dan ayamnya matang.


Tahap terakhir adalah menambahkan santan kental pada masakan, kemudian memasaknya sampai santannya mengental. Taburi bawang goreng dan tambahkan sambal goreng jika suka.


Opor ayam pun siap untuk Mama sajikan buat keluarga.


Sebelum dihidangkan, Mama dapat menaburkan bawang goreng di atasnya sebagai pelengkap.


Jika masih bingung, Mama dapat mengikuti takaran dan cara memasaknya di Resep Opor Ayam khas Solo ala Masako berikut.


Cara Masak Opor Ayam Santan Kuning

Resep masakan di atas adalah cara memasak opor ayam santan putih khas Jawa Tengah dan Solo. Jenis opor ini lebih terpengaruh oleh budaya Tionghoa.


Selain jenis opor ayam putih yang populer di masyarakat, ada juga jenis opor ayam santan kuning atau ada juga yang mengenalnya dengan opor ayam bumbu kuning. Jenis ini mendapatkan pengaruh dari budaya India.


https://www.freepik.com/free-photo/green-curry-bowl-with-lime-red-onion-lemon-grass-garlic-kaffir-lime-leaves_7698400.htm 


Jika Mama mau memasak opor ayam santan kuning, cukup dengan menambahkan kunyit atau kunir pada bumbu halusnya. Menambahkan kunyit akan membuat santan berwarna kuning. Adapun bumbu lainnya tidak beda.


Beberapa orang lebih menyukai tambahan kunyit ini. Selain karena warnanya yang tidak pucat, kunyit juga punya banyak antioksidan yang dipercaya sebagai penyeimbang dari efek santan.


Takaran kunyitnya tak perlu terlalu banyak, cukup sekitar 2 ruas jari saja. Sedikit itu pun sudah cukup membuat warna santan jadi kuning tanpa mengurangi kelezatan opor.


Meski lebih terkenal dengan rasanya yang manis dan gurih, Mama juga bisa menambahkan sedikit cabe rawit. Ini akan memberikan rasa pedas yang segar pada opor tersebut. 


Akan tetapi, pastikan bahwa semua anggota keluarga suka atau doyan pedas. Terutama jika ada anak-anak yang seringkali tidak tahan dengan rasa pedas tersebut.


Jadi, Mama lebih suka santannya warna putih atau kuning? Car masaknya mau instan dengan bumbu jadi atau opor ayam lengkap yang langkahnya simpel?

Yang manapun, ikuti saja resep opor ayam yang sudah teruji di Dapur Umami, dijamin hasilnya bakal memuaskan dan disukai keluarga.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.