Artikel & Tips Aneka Resep Camilan Ayam yang Kreatif dan Bikin Nagih
Aneka Resep Camilan Ayam yang Kreatif dan Bikin Nagih

Aneka Resep Camilan Ayam yang Kreatif dan Bikin Nagih

09 Feb 2023, 13:02

Terbukti, ayam juga bahan makanan yang tepat dan lezat untuk jadi camilan.

Ayam bukan hanya nikmat jadi teman makan nasi. Dengan sedikit sentuhan tangan kreatif, Mama dapat menjadikannya sebagai bahan utama camilan yang bikin seluruh anggota keluarga ketagihan. Serius lho, Ma!


Dapur Umami punya sejumlah ide yang tanpa menunggu waktu lama bisa Mama eksekusi. Selain bahan-bahannya mudah untuk Mama dapatkan, prosesnya juga tergolong praktis untuk menghadirkan rasa yang berkesan. Kalau penasaran, yuk baca deretan ide Dapur Umami sampai habis!


Resep Siomay Ayam Kukus ala Sajiku®

Siapa sih yang nggak suka makan siomay? Camilan hasil akulturasi Tionghoa dan Sunda ini jadi jajanan favorit di sebagian wilayah di Indonesia, terutama Jawa Barat. Sekilas mungkin mirip dimsum, tapi secara aroma, siomay lebih memikat. 


Di daerah asalnya, biasanya siomay menggunakan isian daging ikan. Namun, Dapur Umami mau mengajak Mama berkreasi dengan mengganti adonan utama isiannya menjadi ayam. Adonannya bisa Mama siapkan dari campuran daging ayam cincang, telur, daun bawang, wortel, keju, Sajiku® Nasi Goreng Rasa Ayam, serta tepung tapioka.


Kalau sudah mencampur dan membuatnya rata, Mama bisa membungkusnya ke dalam kulit siomay. Terakhir, Mama hanya perlu mengukusnya dan menunggu sekitar 30 menit untuk mendapatkan siomay ayam kukus siap santap yang lezat. Enak juga kalau Mama tambahkan cocolan sambal saat menyantapnya.


Resep Risol Ayam Sajiku®

Kue khas Perancis yang populer di Indonesia ini pasti pernah Mama beli dan mencobanya, kan? Sekarang, Mama bisa juga lho membuatnya sendiri. Pastinya, dengan isian ayam yang membuat nutrisi dalam risol ini jadi lebih kaya. Yuk, Ma kita buat!


Hal pertama yang perlu Mama buat adalah isiannya yang berisi adonan hasil tumisan beberapa bahan. Bahannya antara lain potongan wortel, ayam cincang, kentang, seledri, Sajiku® Nasi Goreng Rasa Ayam, tepung terigu, serta air. Adonan bisa Mama sisihkan saat teksturnya sudah kental.


Untuk kulit pelapisnya, gunakan kulit dadar. Sebelum menggorengnya, Mama perlu mencelupkan risol ke dalam kocokan telur dan menggulingkannya ke wadah berisi tepung roti. Bagaimana, proses bikin risol ayam ini tak sesulit yang dibayangkan, kan


Resep Bola Ayam Mayo®

Camilan dengan bentuk bola yang terkenal di Indonesia sangat banyak. Namun sepertinya, camilan bola ayam ini belum banyak yang tahu. Padahal, rasanya enak dan cara bikinnya mudah. Selain itu, menarik juga disajikan kepada anak.


Adonannya tak membutuhkan begitu banyak bahan. Hanya ayam cincang, wortel, tepung maizena, gula, garam, serta putih telur. Saat semuanya sudah menyatu, Mama bisa membentuk adonan seperti bola-bola. Setelah itu, tinggal goreng sampai matang.


Untuk sausnya, coba buat saus mayo ala Mayumi® yang terdiri dari campuran Mayumi®, susu kental manis, dan air jeruk nipis. Saus serbaguna yang creamy ini bisa meningkatkan kelezatan bola-bola ayam buatan Mama.


Resep Sempol Ayam Pedas ala Sajiku®

Camilan terakhir ini adalah jajanan asli Malang yang belakangan banyak juga dijual di berbagai wilayah lain di Nusantara. Tentu saja, Dapur Umami juga punya resepnya! Paling cocok Mama buat kalau benar-benar nggak punya banyak waktu.


Hanya dua bahan yang Mama perlukan untuk adonan, yakni ayam cincang dan tepung tapioka. Campurkan keduanya, lalu tusuk dengan tusukan sate. Untuk mendapatkan efek crispy dan umami, Mama harus menyiapkan Sajiku® Tepung Bumbu Pedas dalam dua wadah. Satu berisi adonan kering, satu lagi berisi adonan basah.


Nah, sebelum menggorengnya, celup dulu sempol ke adonan basah dan guling ke adonan kering. Saat warnanya sudah kuning kecoklatan dan tampak crispy, Mama bisa angkat dan menyajikan sempol ayam ala Sajiku® ini dengan saus cocol favorit Mama.


Semua resep di atas prosesnya hanya memakan waktu 10 sampai 30 menit. Rasanya juga jaminan umami karena sudah kami uji langsung di Dapur Umami.


Namun kami yakin sih, empat resep camilan ini masih kurang untuk Mama. Kalau sudah mencoba semuanya, Mama bisa mampir lagi ke koleksi Kreasi Olahan Ayam Rumahan Terbaik versi Dapur Umami ini. Pastikan untuk selalu menyajikan makanan yang lezat, bergizi, dan variatif untuk ciptakan kehangatan keluarga di rumah bersama Dapur Umami!







Source of thumbnail: deep fried spring rolls at Freepik 


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.