Artikel & Tips 6 Menu Makanan Prasmanan Pernikahan Sederhana tapi Mewah
6 Menu Makanan Prasmanan Pernikahan Sederhana tapi Mewah

6 Menu Makanan Prasmanan Pernikahan Sederhana tapi Mewah

01 Dec 2022, 13:12

Menu makanan prasmanan acara lamaran atau pernikahan tidak perlu terlalu mewah. Sederhana saja, yang penting rasanya enak dan memuaskan tamu. Selain makanan khas rumahan, sekarang banyak juga menu luar negeri yang mulai lazim di untuk pesta pernikahan prasmanan Indonesia. Akan tetapi, dengan banyaknya pilihan justru kadang-kadang membuat Mama bingung harus pilih yang mana. Sebagai referensi, Dapur Umami akan memberi saran menu prasmanan yang jadi menu wajib acara hajatan di manapun tempatnya.


Menu Makanan Prasmanan yang Enak

Berikut aneka ragam pilihan masakan dari berbagai daerah yang cocok masuk daftar menu prasmanan:


1. Sate Ayam

Odua Images


Sate ayam sepertinya selalu ada di setiap prasmanan hajatan. Penilaian sate ayam enak adalah dari tekstur daging, tingkat kematangan dan rasa bumbu kacangnya.

Harga sate tidak terlalu mahal, tetapi orang-orang pasti ramai mengantre untuk sate ayam. Biasanya penyajian sate di prasmanan pakai lontong. Selain sate bumbu kacang, coba juga menu sate ayam taichan yang harganya sedikit lebih murah. Di samping itu menu sate lebih mudah diperkirakan jumlahnya. Misalnya, jika satu porsi 5 tusuk berarti butuh 100 tusuk untuk menyajikan 20 porsi. Sesuaikan dengan bahan yang dibutuhkan seperti bawang merah bawang putih bawang bombay, dan lainnya.


2. Bakso Malang


Menu makanan prasmanan sederhana yang kedua yaitu bakso Malang. Bakso Malang berbeda dengan bakso pada umumnya. Isinya lengkap termasuk pangsit goreng dan siomay.

Rasa kuah bakso Malang juga sangat gurih dan berlemak. Itulah yang bikin menu ini istimewa. Ciri khas kuah keruh gurih bakso Malang berasal dari proses masaknya yang sekaligus mencampurkan jeroan dan tulang. Untuk bakso dengan kuah bening namun tetap gurih, Dapur Umami merekomendasikan Bakso Malang ala Masako® untuk jadi hidangan istimewa di hari bahagia prasmanan pernikahan.


3. Kakap Asam Manis

PuspaSwara from Getty Images


Selanjutnya, hidangan laut yang cukup banyak peminatnya di prasmanan hajatan, yaitu kakap crispy asam manis. Saus asam manis melumuri fillet daging kakap, sudah terbayang kelezatannya, kan? Ikan kakap sendiri memang salah satu seafood favorit. Bahan baku ini bisa menjadi macam-macam menu. Masakan western oke, tradisional juga enak. Meski harga ikan kakap lumayan mahal untuk menghemat budget, tetapi sudah pasti bikin semua tamu puas. 


4. Rendang Daging

Ika Rahma from Getty Images


Kembali pada tahun 2011, dunia mengakui rendang sebagai makanan nomor satu terenak. Kelezatan olahan daging rendang sangat sesuai dengan lidah orang Indonesia yang suka pedas dan bumbu yang kaya akan rempah.Tidak heran, rendang daging sering menjadi menu makanan prasmanan pernikahan yang sederhana tapi mewah. Rendang sapi adalah salah satu menu pilihan utama, tetapi bisa juga cari alternatif lainnya seperti rendang telur, lokan, paru, atau pakai daging kerbau.


5. Ayam Kecap Mentega

AmalliaEka from Getty Images


Dari sekian banyak menu makanan prasmanan Sunda, menu ayam kecap mentega patut dicoba. Bumbu kecapnya benar-benar pembeda agar para tamu tidak bosan dengan menu ayam goreng yang biasa. Campuran mentega juga membuat daging ayam semakin gurih dan aromanya wangi. Ditambah nasi putih, pastinya bakal bikin tamu undangan antre dan ingin nambah.


6. Zuppa Soup

Antoksena from Antoksena's Images


Dari Italia, zuppa soup belakangan sangat populer di daftar menu makanan prasmanan lamaran dan pernikahan. Makanan ini di negara asalnya merupakan hidangan pembuka, tetapi kalorinya sama dengan dua piring nasi sehingga sangat mengenyangkan. Zuppa soup terdiri dari krim jagung manis dan ayam dengan penutup pastry. Di vendor catering, harga zuppa soup mulai Rp15 ribuan. Biasanya di prasmanan jumlahnya terbatas sehingga para tamu rela antre supaya kebagian.


Penutup

Kesimpulannya, memilih menu makanan prasmanan memang susah-susah gampang. Takutnya, kalau tidak sesuai, para tamu merasa kecewa. Daripada coba-coba, lebih baik hidangkan menu yang memang sudah umum dan banyak orang suka seperti yang Dapur Umami jelaskan di atas. Selamat mengkreasikannya, Ma.



Source of thumbnail: Bakso. bakso indonesia by Odua Images
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.