Wajib Dicatat! Ini Perbandingan Bumbu dalam Memasak untuk Menciptakan Cita Rasa yang Pas

Mama pasti gak mau kan kena komplain suami atau anak-anak di rumah gara-gara masakannya terlalu asin, manis, menyengat, atau yang lainnya? Kalau Mama ingin selalu menyajikan hidangan terbaik, Mama perlu tau kuncinya. Salah satunya pada perbandingan bumbu dalam memasak yang mesti tepat.


“Komposisi yang kurang pas, akan membuat makanan yang semestinya lezat malah sama sekali tak menggugah selera, bahkan tak layak makan.” 

Untuk hidangan Nusantara, ada sejumlah bumbu yang hampir pasti perlu Mama gunakan ketika memasak. Dapur Umami punya panduan penggunaannya untuk membantu Mama mendapatkan takaran yang pas.


Perbandingan Garam dan Gula

https://unsplash.com/photos/4OfaTz6SdYs


Perbandingan takaran gula dan garam dalam masakan yang pas, dapat memberikan rasa yang mirip MSG (Monosodium Glutamat). 


Fungsi gula untuk hidangan yang mengandung garam adalah mengontrol rasa asin agar tidak berlebih sekaligus memberi efek gurih.


Perbandingan paling tepat adalah 2 untuk gula dan 1 untuk garam. Kesalahan pemula dalam memasak adalah menggunakan keduanya dalam perbandingan yang sama. Padahal, ini malah membuat masakan jadi keasinan.


Dalam prakteknya, ini memang bisa jadi tidak saklek karena selera masing-masing orang itu berbeda. Mama bisa icip-icip untuk mendapatkan selera yang sesuai dengan tidak terlalu jauh berpijak pada patokan 1 : 2.


Perbandingan Bawang Merah dan Bawang Putih

Hidangan Nusantara sangat akrab dengan bawang merah dan putih karena mampu menghasilkan aroma khas. Keduanya menjadi bahan dasar untuk berbagai jenis bumbu, mulai bumbu dasar putih, merah, maupun kuning.


Secara umum, perbandingan bawang merah dan bawang putih yang paling pas adalah 2 berbanding 1. Aroma bawang putih yang cenderung lebih kuat, membuat penggunaannya mesti Mama kontrol agar wangi masakan tidak terlalu menyengat.


Namun jika Mama ingin menambahkan bahan-bahan tambahan untuk membuat bumbu dasar yang lebih kaya rasa, Mama perlu tips berikut.


Perbandingan Bumbu Dasar Putih

Jenis bumbu ini menjadi bumbu dasar yang enak untuk hidangan seperti nasi goreng, lodeh, semur, atau soto. Selain bawang merah dan putih, bahan yang biasa ada di dalamnya adalah kemiri.



Apabila Mama perlu menambahkan kemiri sebagai bahan tambahan untuk bumbu putih, maka pakailah dengan takaran yang sama dengan bawang putih. 


Perbandingan Bumbu Dasar Merah

Bumbu dasar merah ada Mama perlukan untuk melezatkan berbagai masakan pedas seperti rendang, rica-rica, atau balado. Di luar bawang merah dan putih, cabai merah adalah bahan lain yang pasti muncul.



Untuk mendapatkan rasa yang paling pas, maka perbandingannya 4 cabai merah : 2 bawang merah : 1 bawang putih. Namun karena pedas itu seringkali tergantung selera, maka bisa saja Mama menambah takaran cabai.


Perbandingan Bumbu Dasar Kuning

Sementara untuk pembuatan bumbu kuning untuk membuat gulai atau kari, maka rumusnya beda lagi. 



Mama bisa campurkan kedua bawang dengan perbandingan sama ditambah kunyit dengan takaran ½ dari bawang putih.


Mau Praktis? Pakai Bumbu Masak AJI-NO-MOTO®

Mampu memahami dan menerapkan rumus perbandingan bumbu di atas pasti akan membuat masakan Mama lebih nikmat. Namun, penyakit manusia yang kadang-kadang lupa atau salah, berpotensi membuat penggunaannya tidak konsisten. 


Kalau Mama khawatir dengan hal tersebut, pakai saja AJI-NO-MOTO®. Produk-produk terbaik dari AJI-NO-MOTO® adalah penyedap rasa yang dapat membantu Mama lebih mudah menyajikan hidangan dengan rasa bumbu yang akurat sehari hari. 


https://www.ajinomoto.co.id/id/produk-resep/produk-retail


Usianya yang sudah lebih dari 1 abad, jadi jaminan bahwa semua produk hadir dengan perbandingan bahan yang konsisten dan seimbang. 


Untuk melengkapinya, Mama bisa ikuti resep-resep dari Dapur Umami yang sudah sangat ahli dan memahami perbandingan bumbu dalam memasak. Bahkan, Dapur Umami sudah menguji langsung bahwa aneka produk AJI-NO-MOTO sangat cocok dengan beragam hidangan dari seluruh dunia. Termasuk, Nusantara.