Artikel & Tips Olahan Ayam Spesial yang Praktis untuk Makan Malam
Olahan Ayam Spesial yang Praktis untuk Makan Malam

Olahan Ayam Spesial yang Praktis untuk Makan Malam

09 Feb 2023, 14:02

Makan malam jadi lebih spesial dengan hidangan praktis rekomendasi Dapur Umami.

Masih bingung Ma nanti malam mau menghidangkan apa untuk anak dan suami di rumah? Sekarang, Mama nggak perlu bingung lagi. Kalau Mama nggak punya banyak waktu untuk menyiapkan hidangan makan malam, aneka olahan ayam dari Dapur Umami bisa jadi pilihan. 


Pastinya, kepraktisan berbagai resep ini nggak bakalan mengorbankan kualitas rasanya. Bahkan, mungkin saja ada resep yang sekali Mama buat, berpotensi jadi resep favorit yang bikin Mama membuatnya berkali-kali. Penasaran kan? Ayo, kita eksplor sekarang!


Resep Kwetiau Goreng Ayam ala Sajiku®

Bagi sebagian orang, malam-malam jadi waktu yang tepat untuk membeli kwetiau goreng yang dijajakan abang-abang keliling pemukiman. Kini, Mama nggak perlu menunggu mereka lewat, karena bisa bikin sendiri hidangan ini di rumah. Mudah, kok!


Sama seperti membuat nasi goreng, bikin kwetiau goreng juga bisa Mama mulai prosesnya dengan menumis telur orak-arik. Kemudian, campurkan dengan ayam suwir dan aneka sayuran seperti sawi hijau dan kol. Setelah itu, barulah masukkan kwetiaunya.


Hal yang membuat resep ini spesial adalah penggunaan Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam. Rasanya fleksibel, bisa blend bukan hanya dengan nasi, tapi juga berbagai bahan lain termasuk kwetiau. Coba saja kalau masih ragu, Ma!


Nah, setelah bumbu Sajiku® sudah merata ke semua bahan di dalam wajan, Mama bisa menyajikan resep kwetiau goreng spesial ini di meja makan!


Resep Sup Ayam Spesial ala Masako®

Kalau ada anggota keluarga di rumah yang lagi demam atau kurang sehat, cocok nih Mama sajikan sup ayam spesial ini. Kelengkapan nutrisinya bisa mendukung proses pemulihan. Bagi yang sehat, sup juga oke kok untuk menjaga imunitas tubuh.


Langkah pertama untuk membuatnya adalah merebus ayam dengan campuran bawang bombay dan daun seledri. Sambil membiarkan ayam direbus, siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, serta merica. Kemudian, masukkan bumbu tersebut ke dalam rebusan ayam dan aduk sampai rata.


Selanjutnya, tambahkan aneka sayuran favorit Mama untuk supnya. Kalau favoritnya Dapur Umami sih kentang, wortel, buncis, brokoli, dan tomat. Jangan lupa taburkan juga Masako® Rasa Ayam untuk menghadirkan rasa gurih dan umami serta bawang daun untuk meningkatkan aromanya.


Kalau semua sayurannya sudah layu dan empuk, boleh deh Mama sajikan bersama nasi.


Resep Spaghetti Ayam Teriyaki ala SAORI®

Bosan dengan masakan khas Nusantara? Untuk malam ini, menu ala-ala luar negeri bisa Mama coba untuk membahagiakan keluarga di rumah. Tepatnya kombinasi spaghetti yang khas Western dengan saus teriyaki khas Jepang.


Untuk spaghettinya, gunakan saja yang instan dan banyak dijual di pasaran. Mama cukup merebusnya sampai layu, sisihkan. Kalau sudah, mulailah menumis bumbu dan aneka bahan lainnya. Mulai dari bawang putih, daging ayam cincang, bawang bombay, cabai rawit hijau, cabai rawit merah, air, dan SAORI® Saus Teriyaki.


Ketika semua tumisan sudah tampak matang, barulah tuangkan spaghettinya. Cukup aduk rata sebentar, spaghetti ayam teriyaki akhirnya siap untuk Mama sajikan.


Resep Sate Ayam Asam Manis ala AJI-NO-MOTO®

Ide terakhir dari Dapur Umami ini nggak kalah spesial. Ada sate asam manis yang bukan hanya menarik secara rasa, tapi menggugah juga secara look. Pastinya, proses bikinnya tak begitu sulit.


Hal yang paling penting adalah membuat ayam dengan cita rasa asam manisnya. Mama perlu membuat bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, cabai merah, cabai rawit, serta sedikit jahe. Saat sudah harum, tambahkan ayam, gula jawa, air asam jawa, AJI-NO-MOTO®, serta air. Masak deh semuanya sampai bumbu meresap ke dalam ayam.


Kalau ayam sudah matang, tusuk dengan tusukan sate bersama potongan paprika dan nanas. Kemudian, tinggal panggang bolak-balik sampai matang dan sate ayam asam manis kini siap Mama sajikan.


Dari semua resep ayam di atas, mana yang paling menarik perhatian Mama? Kalau sudah ketemu, tunggu apalagi, ayo mulai memasak sekarang, Ma! Jangan lupa, sambil membayangkan betapa lahapnya anak dan suami nanti saat menyantapnya, ya! Sebelum itu, tidak ada salahnya melipir ke Kreasi Olahan Ayam Rumahan Terbaik versi Dapur Umami agar memperkaya khazanah pengetahuan perdapuran Mama. Semoga berhasil, Ma!







Source of thumbnail: chicken soup with corn shiitake mushroom enoki mushroom carrot by Freepik


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.