Artikel & Tips Kreasi Tempe Unik yang Mudah Dibuat untuk Makan Siang
Kreasi Tempe Unik yang Mudah Dibuat untuk Makan Siang

Kreasi Tempe Unik yang Mudah Dibuat untuk Makan Siang

14 Feb 2023, 18:02

Kreasi tempe bisa menjadi alternatif nasi saat makan siang. Beberapa olahan tempe, khususnya yang tidak digoreng, juga bagus untuk menu diet, lo.

Paling tidak, tubuh mendapat asupan protein harian yang cukup dengan harga lebih murah. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari tempe bagi kesehatan.


Jadi, tidak ada salahnya sering-sering bikin kreasi masakan tempe pada saat makan siang. Kalaupun mau pakai nasi, tempe juga cocok untuk lauk.

Di artikel ini, Dapur Umami akan kasih beberapa contoh resepnya.


Aneka Olahan Tempe Unik untuk Menu Makan Siang

Berikut ide masak tempe unik yang patut Mama coba agar menu makan siangnya lebih bervariasi:


1. Sate Tempe Bakar

Tidak punya banyak waktu menyiapkan makan siang? Cobain resep simpel sate tempe bakar. Selain cepat selesai, makanan bakar gizinya lebih tinggi.

Mama bisa membuat lima porsi kreasi tempe untuk lauk, hanya dalam 30 menit. Bahan-bahan utamanya tempe, Masako® Rasa Sapi, dan kecap manis.


Sementara bumbu halus Resep Sate Tempe Manis, meliputi cabai merah, kemiri (sangrai), putih serai, ketumbar, dan terasi. Tumis semua bahan setengah matang saja.


Tuangkan sedikit air, tambahkan asam jawa, daun jeruk, dan juga kecap manis. Aduk-aduk merata, baru kemudian masukkan potongan dadu tempenya.

Selama proses menumis, sebenarnya tempe sudah dimatangkan terlebih dahulu. Jadi, bakar sebentar saja di atas api dengan olesan bumbu sisa tadi.


2. Tempe Panggang Kelapa

Kreasi tempe tanpa digoreng yang kedua yaitu tempe panggang kelapa. Cara memasaknya sama sekali berbeda karena tanpa tumis dulu.

“Memanggang makanan ternyata lebih sehat karena tidak banyak nutrisi yang hilang.”


Uniknya, meskipun dipanggang Resep Tempe Panggang Sajiku® tetap menggunakan santan.

Sebagai alternatif, pertimbangkan mengganti santan dengan susu segar atau susu kedelai.


Untuk mengolah tempe unik satu ini, gunakan Sajiku® Bumbu Ayam Goreng. Bahan lain yang perlu Mama siapkan, yaitu tempe, santan/susu, air, dan kelapa parut. 


Siapkan dulu tempenya. Kali ini, pilih tempe papan, lalu potong menjadi 12 bagian atau seperlunya. Cara membuat tempe panggang ini mudah banget, Ma. Campurkan semua bahan ke teflon, masak dengan api kecil, aduk-aduk sampai airnya kering.


3. Samosa Tempe

Selanjutnya, ada kreasi tempe sederhana khas Asia Selatan, samosa. Makanan tradisional ini berasal dari wilayah India, Sri Lanka hingga Pakistan.

“Samosa adalah pastri goreng dari kulit kering, lazimnya berbentuk segitiga, dengan isian daging maupun sayuran.”


Khusus vegan, samosa berisi kentang dan kacang-kacangan, sedangkan menu non vegan isinya daging. Kreasi yang ketiga ini menggabungkan keduanya, daging dan tempe. 

Yang dibutuhkan untuk Resep Samosa Tempe, yakni kulit lumpia, daging giling, serta tempe. Bumbunya cukup pakai Sajiku® Bumbu Rendang biar praktis.


Cara bikin isiannya, iris daun bawang dan bombay, lalu tumis sampai aromanya harum. Pertama, masukkan daging gilingnya dahulu, baru kemudian tempe.


Tuang Sajiku® Sajiku® Bumbu Rendang ke adonan, aduk-aduk, dan tunggu matang. Setelah selesai, sekarang waktunya membungkus isiannya. Letakkan adonan di atas kulit lumpia, lipat berbentuk segitiga, rekatkan pakai air.


4. Mendol Tempe

Kalau samosa dari India, mendol tempe adalah kuliner asli Indonesia. Tepatnya, mendol merupakan kreasi tempe goreng busuk khas Malang.

Busuk maksudnya memang karena proses fermentasi secara sengaja. Jadi, mendol menghasilkan warna agak kehitaman dan cita rasa unik.


Umumnya mendol dihidangkan sebagai lauk, tetapi enak juga untuk camilan. Bahan dan Resep Mendol Tempe Ala Masako® sangat simpel. Tempe, daun bawang, Masako® Rasa Ayam, dan sebagai pelengkapnya cabai rawit.


Tumbuk tempe atau haluskan langsung pakai tangan. Iris daun bawang, lalu campurkan ke adonan tempe. Jangan lupa tambah Masako®, ya.

Bentuk mendol dengan kepalan tangan menjadi agak lonjong. Jika sudah, diamkan selama 1-2 jam sebelum menggorengnya.


“Untuk menghasilkan rasa otentik mendol yang lebih asam, waktu fermentasinya kurang lebih enam jam.”



Masak Olahan Tempe Ternyata Mudah

Kesimpulannya, olahan tempe merupakan salah satu makanan yang mudah dibuat. Dengan hanya beberapa bahan serta sedikit waktu, Mama bisa memasak berbagai variasi olahan tempe rumahan. Jika mengolahnya dengan tepat, tempe akan menjadi makanan enak dan sehat untuk makan siang.




Source of thumbnail: Samosa by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.