Artikel & Tips Ide Sarapan Masakan Panggang yang Pasti Si Kecil Sukai
Ide Sarapan Masakan Panggang yang Pasti Si Kecil Sukai

Ide Sarapan Masakan Panggang yang Pasti Si Kecil Sukai

22 Feb 2023, 17:02

Mama punya ide untuk mengenalkan dan membiasakan makanan dengan aneka teknik memasak kepada si kecil? Ini penting lho Ma! 


Kalau si kecil terbiasa dengan berbagai jenis olahan makanan, saat besar nanti mereka lebih mungkin untuk jadi orang tak akan pilih-pilih makanan. Apalagi, masakan dengan teknik panggang juga tak kalah lezat dengan hasil olahan teknik lainnya.


Kebetulan banget, Dapur Umami punya beberapa resep sarapan dengan teknik panggang yang sangat cocok untuk disantap anak-anak. Meski sebenarnya, yang dewasa juga pasti akan suka dengan rasanya. Yuk temukan idenya!


Resep Roti Panggang Pedas ala Mayumi®


Roti untuk menu sarapan anak mungkin sudah sering Mama sajikan. Namun, bagaimana jika rotinya roti panggang? Meski sama-sama dengan roti, bahan lain dan proses pengolahan resep spesial ini bisa memperkaya pengalaman makan anak Mama di rumah.


Untuk menyajikan resep ini, Mama perlu menyiapkan empat komponen. 1 buah roti atau lebih, daging panggang asap, bumbu salad saus mayo, serta telur orak-arik. Berkat kombinasi ini, tentu saja sajian sarapan ini bernutrisi lengkap.


Mengenai dagingnya, tinggal panggang saja dengan minyak goreng, lalu sisihkan. Untuk telur, Mama bisa goreng orak-arik. Sedangkan salad saus mayo, dapat Mama olah dari campuran irisan kol, susu kental manis, serta Mayumi® Pedas.


Kalau ketiganya sudah siap, Mama dapat menata ketiganya di dalam tumpukan roti, lalu panggang dan sajikan resep roti panggang pedas ini di meja makan. Mudah kan? Kalau si kecil kurang suka makanan pedas, Mama tinggal ganti saja saus Mayumi®-nya dengan menggunakan varian lain.


Resep Hotdog Panggang Mayo ala Mayumi®


Makanan dengan proses penyajian praktis asal Amerika Serikat ini pasti si kecil senangi. Look-nya yang cantik serta perpaduan bahan yang gurih dan kaya protein, sangat cocok untuk membantu Mama meningkatkan nafsu makan anak di pagi hari.


Ada beberapa bahan yang perlu Mama siapkan. Selain roti hotdog yang sudah diiris memanjang, Mama juga perlu menyiapkan aneka isiannya. Mulai dari sosis, saus salad, selada, hingga keju.

Roti dan sosisnya perlu Mama panggang dulu secara terpisah. Sementara sausnya, campurkan saja irisan timun, tomat, saus tomat, serta Mayumi® Pedas dalam satu wadah. Untuk selada, cukup dipotong dan keju cukup diparut.


Jika semua proses di atas sudah Mama tuntaskan, tinggal tata saja semua bahan sehingga tampak seperti hot dog yang biasa Mama lihat sebelumnya. Resep hotdog panggang mayo ini bukan hanya lezat, tapi nutrisinya juga lengkap untuk menu sarapan.


Resep Makaroni Panggang Bolognese ala AJI-NO-MOTO®


Meskipun pasta ini berasal dari Italia, tapi makaroni sangat populer di Indonesia. Terutama, sebagai camilan yang menemai waktu bersantai. Namun yang perlu Mama tahu, sebenarnya makaroni juga cocok banget jadi menu sarapan. Mama dapat membuktikannya dengan menguji resep ini!


Tak banyak yang perlu Mama lakukan untuk makaroni. Cukup merebusnya hingga matang dengan tambahan sedikit minyak goreng.

Hal yang bikin spesial dari resep ini justru ada pada saus bolognese-nya. Saus ini dapat Mama rasakan dari tumisan bawang bombay, bawang putih, daging giling, pasta tomat, saus tomat, garam, lada, daun thyme, gula pasir, oregano, serta AJI‑NO‑MOTO®. 


Kalau sudah matang, Mama bisa campurkan dengan makaroni rebus lalu di taruh di dalam wadah aluminium dan taburi keju parut. Terakhir, panggang deh dengan wajan tertutup. Saat kejunya meleleh, itulah tanda resep makaroni panggang spesial ini siap Mama sajikan.


Resep Bayam Panggang ala Masako®


Kalau ide yang terakhir ini, dapat Mama gunakan sebagai jurus untuk membuat si kecil suka makan sayur. Khususnya, bayam.

Namun, adonannya bukan hanya berisi bayam. Mama juga perlu mencampurkan bahan lain mulai dari sosis ayam, kentang, telur, jagung manis, susu cair, dan tepung roti. Untuk bumbunya, hanya perlu Masako® Rasa Ayam sebagai pelezat masakan.


Setelah adonan tercampur, taruh di wadah tahan panas, taburkan sisa tepung roti, lalu panggang di atas wajan sampai matang. Resep bayam panggang lezat ini bakal bikin si kecil mau makan sayur!


Mama tak perlu bingung mau milih kreasi resep panggang yang mana, semuanya sama-sama lezat, menarik, dan sudah teruji langsung oleh tim Dapur Umami. Jadi, yuk mulai siap-siap memasak, Ma!




Source of thumbnail: by Pixzolo Photography on Unsplash
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.