Artikel & Tips Ide Sajian Udang Spesial Praktis untuk Makan Malam
Ide Sajian Udang Spesial Praktis untuk Makan Malam

Ide Sajian Udang Spesial Praktis untuk Makan Malam

14 Feb 2023, 17:02

Olahan udang jadi semakin lezat dengan bumbu praktis dari AJI-NO-MOTO®


“Malam nanti mau makan udang, tapi bingung mau diolah menjadi seperti apa, ya?” Kalau itu yang kini ada dalam benak Mama, tepat sekali mengunjungi Dapur Umami. Kami punya sejumlah ide mengolah udang spesial yang tepat untuk makan malam.


Selain sudah pasti lezat dan punya citarasa yang khas, Mama juga tak membutuhkan waktu lama untuk menyiapkannya di meja makan. Bahan-bahannya pun relatif sederhana dan mudah Mama dapatkan di pasar. Penasaran kan apa saja ide resepnya? Mari kita bongkar satu demi satu!


Resep Spaghetti Udang ala AJI-NO-MOTO®

Adakah Mama yang suka mengolah spaghetti? Biasanya, pasta khas Italia ini tersaji bersama daging giling yang jadi sumber proteinnya. Kini, Mama bisa coba berinovasi dengan mengganti daging giling dengan udang. Jangan khawatir rasanya nggak bisa blend, tim Dapur Umami sudah menguji langsung lezatnya masakan ini.


Mulailah membuat hidangan ini dengan merebus spaghettinya bersama taburan garam sampai matang. Lalu, sisihkan dulu. Selanjutnya, siapkan wajan dan tumis bawang putih serta cabai merah sampai harum. Kalau sudah, masukkan kacang polong dan udang. Jenis udang boleh udang bawang, udang vaname, maupun udang dogol. Tunggu sampai matang.


Setelah itu, masukkan spaghetti yang sudah Mama rebus sebelumnya serta air secukupnya. Terakhir, taburkan aneka penyedapnya, yang terdiri dari garam, merica hitam, serta AJI-NO-MOTO®. Nah, resep spaghetti udang kini siap untuk jadi hidangan makan malam yang bisa menyenangkan seluruh penghuni rumah.


Resep Nasi Udang Meksiko ala SAORI®

Pernah coba nasi meksiko, Ma? Makanan salah satu negara di Amerika Selatan ini punya karakteristik campuran proteinnya yang banyak, pedas, serta tampilannya yang berwarna-warni. Meskipun mungkin Mama baru pertama mengolahnya, bukan tidak mungkin resep nasi udang meksiko ini akan jadi favorit keluarga.


Nasinya sendiri sebenarnya tidak perlu Mama apa-apakan, gunakan nasi biasa. Namun, Mama perlu membuat lauk-pauk yang punya bumbu dan campuran yang banyak. 


Bumbu dasar yang perlu Mama tumis antara lain bawang putih, paprika, serta bawang bombay. Untuk kelengkapan gizinya, masukkan udang, kacang hitam, kacang merah, tomat, jagung manis, cabai gendot, serta tomat. 


Saat tekstur tomat melunak, taburkan aneka bumbunya. Mulai dari merica, kaldu ayam, jintan, oregano, serta chili flakes. Oh ya, sebelum udang masuk dalam wajan, pastikan Mama sudah marinasi udang dengan SAORI® Saus Tiram dan jeruk nipis. Inilah kunci spesialnya nasi meksiko ala Dapur Umami.


Resep Mi Yum Yum Tom Yam Udang Kuah Creamy®

Kalau Mama mencari olahan udang yang super praktis, ini nih solusinya! Mi Yum Yum® Tom Yam udang adalah produk mie rekomendasi Dapur Umami yang punya rasa spesial. Salah satunya, rasa Tom Yam udang yang punya kuah creamy dan cita rasa asam dan umami.


Proses mengolahnya mienya sama dengan mie umumnya. Rebus mie, lalu tuang ke mangkuk yang sudah ada bumbu-bumbunya. Untuk melengkapinya, tambahkan rebusan udang peci ataupun jenis udang lainnya (yang tersedia saja ya, Ma), jamur, serta sawi. Tambahan bahan-bahan tersebut, menjadikan hidangan mie bukan hanya enak, tapi juga kaya dengan nutrisi. 


Terbayang kan bagaimana lezatnya makan Mie Yum Yum® kuah ini pada malam hari?


Resep Serundeng Udang Rebon ala Sajiku®

Ternyata, nggak hanya ayam yang cocok untuk Mama dan keluarga nikmati bersama bumbu serundeng! Dapur Umami sudah mencoba mengganti ayam dengan udang, hasilnya, rasanya terbukti lezat dan bikin nagih. Resep serundeng udang rebon ini juga relatif praktis untuk Mama olah. 


Untuk membuat serundengnya, campurkan kelapa parut bersama Sajiku® Bumbu Ayam Goreng, lalu aduk merata. Kemudian, sangrai adonan serundeng dengan menggunakan api kecil. Saat kelapanya mengering dan warnanya menjadi kecoklatan, angkat dan sisihkan.


Setelah itu, mulailah menumis udang rebon sampai kering. Lalu, masukkan cabai merah, daun jeruk, serta serundeng yang sudah Mama buat sebelumnya. Kalau sudah teraduk rata, sisihkan dulu hidangan sampai dingin, lalu tambahkan gula. Nah, hidangan kini suap untuk Mama sajikan!


Meskipun mungkin resep-resep udang di atas lebih cocok untuk makan malam, tapi tidak salah juga Mama jajal untuk sarapan atau makan siang. Kelezatan rasa yang umami dari aneka produk penyedap AJI-NO-MOTO®, dapat menjadi penggugah selera makan keluarga. Kapanpun dan untuk aneka bahan apapun.






Source of Thumbnail: S E A F O O D I ســي فــود by Mahmoud Fawzy by Unsplash
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.