Dapur Umami Membuat Sayur Jadi Senikmat Ini

Ada masanya ketika anak-anak sulit sekali diajak makan sayur. Di zaman sekarang, tidak semestinya yang seperti itu tetap menjadi masalah. Ada banyak cara mengolah sayur yang hasilnya bisa begitu memukau. Untuk mengintip sebagian, cobalah mampir ke Dapur Umami.


Di situs kuliner kesayangan Mama ini, ada begitu banyak saran menyiapkan sayuran yang bisa dijadikan inspirasi. Mari kita coba intip dua yang mungkin bisa Mama coba minggu ini karena bahan-bahannya juga relatif tidak berbeda dengan sayuran sehari-hari.


Katsu Sayur ala Dapur Umami

Dengan cara yang relatif mudah, sayur ala Dapur Umami ini benar-benar bisa memukau buah hati. Bahan-bahannya terdiri dari dua bagian: katsu ayam dan topping sayurnya. 


Untuk katsu ayam, yang Mama butuhkan adalah fillet dada ayam (dipotong tipis melebar), tepung serbaguna Sajiku®, telur ayam (1 butir), garam (secukupnya), tepung panir.


Untuk toping sayurnya, minimal ada wortel, kacang polong, buncis, jagung pipil, sayuran lain sesuai selera, Mayumi® saus serbaguna. 

Cara pertama adalah menaburkan garam dan lada ke fillet ayam. Setelah menunggu sebentar, guling-gulingkan ayam ke tepung serbaguna, kemudian telur yang sudah dikocok, dan terakhir tepung panir. Setelah itu goreng ayam dengan minyak yang dipanaskan di atas kompor. 


Sementara itu, untuk sayurannya, panaskan sedikit minyak di wajan untuk menumis semua sayuran hingga cukup lunak. Kemudian tambahkan Mayumi® saus serbaguna. Bila ingin mengurangi konsumsi lemak, Mama boleh mengganti minyak goreng dengan sedikit air. Pastikan air telah menguap ketika menambahkan Mayumi®. 


Taburkan sayuran dengan saus Mayumi® di atas ayam yang sudah ditiriskan. BIla ingin, taburkan keju parut. 


Dapur Umami menawarkan berbagai cara menikmati sayur dengan nikmat dan berkelas


Telur Panggang Sayur

Dalam hal bahan, resep sayur ala Dapur Umami ini sangat mirip dengan omelet. Yang membedakannya adalah cara membuatnya yang menggunakan oven. 

Ada tiga jenis bahan yang diperlukan, bagian utama, isi, dan saus. Bagian utama untuk resep ini adalah telur (4 butir, dikocok), lada (secukupnya), dan garam (secukupnya). 


Bagian isi adalah daging giling dan sayuran. Di sini, selain daging giling (100 gram) Mama bisa memilih sayuran apa pun sesuai selera. Untuk memulai, Mama bisa mencoba dengan jamur kancing (1 cangkir) dan brokoli rebus (1 cangkir). 

Terakhir, untuk sausnya, Mama membutuhkan air (100 ml), tomat (250 gram, haluskan), bawang bombay (½ butir dicincang), gula, tepung maizena dan Masako®. 


Cara membuatnya terdiri dari dua langkah. Yang pertama adalah membuat isinya. Di sini, pertama-tama Mama perlu menumis bawang putih dan daun bawang. Kemudian masukkan daging giling dan lada. Selanjutnya, masukkan brokoli dan jamur. Tumis sampai matang merata. 


Langkah kedua adalah persiapan memanggang. Yang pertama-tama perlu Mama siapkan adalah oleskan margarin pada loyang kaca. Masukkan semua adonan isi secara merata. Bila ingin, Mama bisa menambahkan irisan telur rebus di sini. Tuangkan kocokan telur yang telah diberi lada. Biarkan kocokan merata di loyang. 

Terakhir, paling atas, taburkan keju parut dan kemudian masukkan loyang ke dalam oven.


Sambil menunggu selesai memanggang, Mama perlu menyiapkan sausnya. Cara membuatnya adalah dengan memanaskan 100 air. Tepat sebelum air membeku, masukkan tomat yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan bawang bombay, dan gula. Ketika air mulai mendidih, masukkan tepung maizena dan Masako®. Terus aduk hingga mengental. 


Telur panggang ini bisa dinikmati langsung dengan ditaburi saus atau digunakan sebagai lauk dengan sedikit nasi hangat. 

Dengan dua resep sayur mewah ala Dapur Umami ini, Mama bisa membuktikan bahwa makan sayur bisa dilakukan dengan sangat nikmat dan berkelas. Dan, yang paling penting, buah hati tidak perlu dibujuk-bujuk untuk mendapatkan manfaat sayur yang berlimpah di dua hidangan ala Dapur Umami ini