Artikel & Tips Aneka Resep Tempe Goreng Tepung Gurih untuk Lauk Makan
Aneka Resep Tempe Goreng Tepung Gurih untuk Lauk Makan

Aneka Resep Tempe Goreng Tepung Gurih untuk Lauk Makan

14 Feb 2023, 18:02

Tempe goreng adalah makanan sejuta umat dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Apapun sayurnya, kurang afdal kalau lauknya bukan tempe. Karena seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara produsen tempe terbesar di dunia dan menjadi pasar kedelai terbesar di asia.


Saking seringnya makan tempe goreng sehari hari, mungkin lama-lama merasa bosan. Maka, tak salah jika Mama mencari referensi resep lain yang unik.


Lagi pula, olahan tempe goreng untuk lauk makan tidak terbatas. Soalnya, bahan satu ini dapat dikreasikan menjadi banyak masakan.


Sebagai contohnya, Dapur Umami akan memandu Mama membuat menu tempe goreng yang tidak biasa.


Cara Membuat Tempe Goreng Unik untuk Lauk

Yuk, berkreasi membuat tempe goreng menjadi aneka lauk yang unik agar makan di rumah tidak membosankan. Berikut resepnya:


1. Stik Tempe

Cara termudah goreng tempe adalah dengan bumbu tempe goreng Sajiku® Tempe Crispy. Masak jadi lebih cepat selesai dan hasilnya sudah pasti enak. Ketika Mama butuh variasi goreng tempe, coba buat stik tempe. Cuma butuh beberapa langkah mudah untuk menyelesaikannya.


Mama butuh satu papan tempe kotak. Iris memanjang tempenya berbentuk stik.


Buat bumbu basah dari Sajiku® Tempe Crispy dan air. Usahakan jangan terlalu encer, ya. Tambahkan pula seledri cincang agar masakannya jadi semakin sedap.


Sekarang celupkan irisan tempe secukupnya ke bumbu basah. Aduk-aduk merata, lalu gunakan capitan untuk menggorengnya di minyak panas. Tanda-tanda stik tempe sudah matang yaitu warnanya berubah keemasan. 


Menu ini juga cocok jadi camilan dengan cocolan saus madu. Kalau mau coba, ikuti panduan Resep Stik Tempe Crispy Saus Madu ala Sajiku®.


2. Tempe Goreng Krispi

Susah payah goreng tempe biar krispi, tetapi tak berselang lama langsung lembek. Apakah Mama mengalami masalah yang sama? Sebenarnya, masak tempe goreng kriuk ada triknya. Bisa pakai air es atau membalurkan tepung dua kali. Dengan cara tersebut tempe akan tetap renyah saat disajikan meskipun tidak panas lagi.


Bahan-bahan Resep Tempe Crispy Sajiku® sangat simpel. Yang perlu disiapkan tempe mentah, minyak goreng, air es, dan Sajiku® Tepung Bumbu.


Iris tempenya kira-kira lima bagian per 100 gram. Intinya, tidak terlalu tebal ataupun ketipisan.


Pada resep ini, Mama akan melakukan dua trik tadi. Jadi, nantinya tempe dilapisi dua adonan tepung, sekaligus pakai air es.


Siapkan mangkuk adonan kering dan basah secara terpisah. Khusus adonan basah, campurkan Sajiku® Tepung Bumbu dengan air es. 


Cara melapisinya, masukkan tempe ke adonan basah dulu, baru balurkan ke tepung kering.


“Tips tambahan, goreng tempe di pada saat minyak sudah panas sehingga tidak menyerap terlalu banyak minyak.”


3. Tempe Sambal Matah

Kurang nafsu makan atau bosan dengan menu yang itu-itu saja dapat diatasi dengan sambal. Cita rasa pedasnya membangkitkan selera makan.


“Capsaicin pada cabai diketahui sebagai zat yang membuat orang ketagihan ketika makan pedas.”

Kalau Mama kurang suka pedas, bikin saja sambal tempe goreng matah. Sesuai namanya, sambal ini terbuat dari bahan-bahan mentah.

Tidak ada bumbu tambahan untuk tempe gorengnya. Cukup gunakan Sajiku® Tepung Tempe Crispy yang dicampur air. Masukkan tempenya, lalu goreng.


Sebaiknya tiriskan agak lama supaya minyak di tempenya benar-benar menetes. Sambil menunggu tiris, mari siapkan sambal matahnya.


Bahan-bahan Resep Crispy Tempe Sambal Matah ala Sajiku® meliputi rawit, bawang merah, daun jeruk, perasan jeruk nipis, dan sereh.


Iris semua bahan tersebut, tambahkan sedikit garam. Setelah itu, panaskan sebentar minyak goreng, lalu tuang ke campuran bahan-bahannya.


Sajikan sambal matah di atas tempe goreng kriuk yang masih hangat.


4. Jumput Tempe

Jumput paling terkenal adalah jumput pisang dari Kalimantan Barat. Namun, kali ini mari mencicipi jumput dengan bahan dasar tempe. Jumput tempe bisa jadi alternatif resep tempe goreng renyah gurih lainnya. Bentuknya unik, tidak seperti tempe goreng biasa.


“Alasan namanya jumput karena adonan diambil sejumput/secomot/sedikit untuk digoreng.”


Resep Jumput Tempe mudah banget. Ulek bumbu halus dari bawang putih dan ketumbar. 


Masukkan tempe parut, kelapa parut, teri medan goreng tumbuk, irisan serai, telur ayam, garam, merica, dan Masako® Rasa Ayam. Tambahkan sedikit minyak goreng, kemudian aduk-aduk adonan hingga semua tercampur rata. Cara menggorengnya, ambil sejumput adonan dan langsung masukkan ke minyak panas. 


Gurihnya Aneka Olahan Tempe Goreng Tepung

Barusan adalah beberapa variasi olahan tempe goreng yang cocok untuk lauk makan. Tepung Sajiku® membuat proses masak tempe jadi lebih cepat dan praktis. Selanjutnya, silakan Mama berkreasi membuat sendiri olahan tempe lainnya.




Source of thumbnail: Tempe Mendoan is a traditional food from Indonesia Free Photo by Reza Fahmi at Vecteezy
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.