Artikel & Tips Aneka Kreasi Ide Sup Lezat dan Umami untuk Sajian Spesial Keluarga
Aneka Kreasi Ide Sup Lezat dan Umami untuk Sajian Spesial Keluarga

Aneka Kreasi Ide Sup Lezat dan Umami untuk Sajian Spesial Keluarga

22 Feb 2023, 16:02

Apakah saat ini Mama sedang kebingungan? Mau masak sup, tapi bingung sup apa yang mau Mama sajikan?

Seringkali, yang paling mudah terpikir tatkala ingin membuat sup adalah resep sup ayam atau sup daging. Padahal, sebenarnya ada banyak lho Ma varian sup yang tak kalah lezat untuk Mama olah. 


Menurut Dapur Umami sih, ada baiknya Mama untuk mencoba sup lain. Siapa tahu anak dan suami malah lebih suka? Kami punya banyak ide sup yang dapat Mama masak hari ini. Yuk, mulai eksplor idenya!


Ide Resep Sup Praktis untuk Sarapan Sehat

Sarapan dengan sup? Bisa kok! Meski waktu masak untuk menyajikan sarapan, nyatanya ada aneka varian sup yang dapat Mama olah dalam waktu singkat dan praktis. Berikut ini buktinya!


Sup Ceker 


Ceker ayam bisa jadi ide alternatif selain daging ayam. Meski sama berasal dari ayam, tapi harganya lebih hemat dan secara rasa agak berbeda. Sangat cocok untuk Mama olah, apalagi kalau uang belanja sedang menipis.


Untuk melengkapi nutrisi ceker, Mama dapat menambahkan sejumlah bahan bahan sayuran dalam sajian ini, seperti wortel dan buncis. Adapun untuk memperkuat aroma, gunakan daun bawang dan daun seledri. Nah, kalau urusan bumbunya, cukup serahkan pada Sajiku® Bumbu Sayur Sop. Dijamin deh lezatnya, selamat mencoba!


Sup Tahu


Protein adalah nutrisi wajib yang harus ada dalam lauk pauk untuk mendukung pemenuhan gizi harian. Namun yang patut Mama pahami, protein nggak melulu daging (hewani). Bisa kok dari sumber lain, misalnya tahu.


Tekstur lembut tahu, kalau Mama rebus, pasti bakal makin lembut dan enak disantap. Ikuti resep dengan menambahkan sayuran seperti brokoli dan jamur agar lauk dalam sup lebih variatif. Untuk bumbunya, pakai kombinasi garam, gula, merica, serta AJI-NO-MOTO®. Udah deh, tinggal siapkan nasi hangat kalau sudah matang!


Sup Bihun Sayur


Sup lain yang nggak kalah cocok untuk sarapan adalah sup bihun sayur. Bihun jadi ide yang menarik kalau sebelumnya Mama dan keluarga sering menjadikan mie sebagai salah satu sajian favorit saat sarapan. Bentuknya sama-sama panjang, tapi tekstur dan rasanya jelas beda.


Mengenai pilihan sayurnya, Dapur Umami rekomendasikan wortel dan jagung muda. Sementara bumbunya, sebenarnya pakai AJI-NO-MOTO® saja cukup. Kalau misalnya Mama nggak mau repot menyiapkan lauk tambahan sebagai sumber protein, bisa juga menambahkan ayam suwir. 


Selain ketiga resep di atas, masih ada ide sup lain yang bisa Mama temukan di artikel sup untuk sarapan sehat Dapur Umami.


Ide Resep Sup Tinggi Protein untuk Makan Siang

Siang-siang biasanya panas, emang cocok makan sup yang juga biasanya disajikan panas? Cocok dong. Dengan bahan dan kuah yang spesial, makan siang dengan sup dapat menyegarkan tubuh dan lidah sekaligus.


Sup Iga Sapi Korea


Nama lain hidangan ini galbi-tang. Sup iga ini lumayan populer di Korea. Mama yang penasaran, nggak perlu datang ke Korea untuk mencoba sensasi rasanya. Bisa kok bikin sendiri di rumah.

Setidaknya ada empat bahan utama yang perlu Mama siapkan, yakni iga sapi, lobak, soun, serta jamur enoki. Justru bumbu dan rempahnya yang sedikit lebih banyak kebutuhannya. Mama perlu menambahkan bawang putih, bawang bombay, daun bawang, jahe, serta Masako® Rasa Ayam. 


Menariknya, hidangan ini punya nutrisi lengkap dan seimbang. Bahkan fungsi karbo pada nasi sudah dapat tergantikan dengan soun. 


Sup Sawi Daging Sapi


Sawi dan daging sapi adalah dua bahan unggul untuk kategori bahan masakan yang berbeda. 

Sebagai jenis sayuran, sawi termasuk sayuran hijau yang nutrisinya paling luar biasa. Sementara dalam kategori daging, daging sapi terkenal dengan proteinnya yang tergolong paling tinggi. Mama bisa menyatukan keduanya dalam satu hidangan sup daging sawi. Cara membuat keduanya menjadi hidangan dengan rasa yang blend, gunakan tumisan bawang merah, bawang putih dan cabai hijau keriting serta Masako® Rasa Sapi! Yakin deh, rasanya umami dan bikin mau lagi!


Sup Sapi Jamur


Hal yang spesial dari hidangan ini bukan pilihan bahan utamanya yang hanya terdiri dari daging sapi dan jamur. Namun, yang menarik adalah kuah supnya yang kental dengan rasa khas oriental.

Jadi, dalam kuahnya ini Mama perlu mencampurkan SAORI® Saus Tiram, terigu, susu, serta air. Menarik bukan? Oh ya, selain itu jangan lupakan juga Masako® Rasa Sapi. Rasa umaminya tak boleh Mama lewatkan agar lahap saat menyantapnya.


Sup Patin Asam Pedas


Di beberapa daerah di Indonesia, sup dengan sumber protein hewani ikan lebih populer. Mama juga dapat mengolah ikan sebagai bahan utama sup dengan mencoba resep sup patin asam pedas ini.


Untuk memberikan sensasi asam pedas yang kuat, ada lebih dari 10 bahan bumbu dan rempah yang harus Mama siapkan. Mulai dari bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, belimbing sayur, air asam, gula, garam, hingga AJI-NO-MOTO®. Tapi yakin deh, banyaknya bumbu ini sebanding dengan rasanya.


Kalau Mama masih membutuhkan penjelasan lebih rinci mengenai resep berbagai sup di atas, Mama bisa baca aneka resep sup kaya protein dan rupa-rupa ide sup dengan kuah spesial.


Ide Resep Sup Bakso Lezat untuk Makan Malam

Memadukan sup dengan bakso adalah ide bagus dan praktis. Ketimbang beli bakso di luar, mending Mama membuat bakso sendiri di rumah. Kuahnya bisa lebih Mama jamin kelezatan dan keamanannya!


Sup Bakso Masako®


Bakso ini kelihatannya memang basic dan biasa saja. Namun, ada rasa yang spesial dari kuahnya yang bikin Mama perlu mempertimbangkan untuk mengolahnya. Apalagi, proses membuatnya juga praktis banget.


Mama cukup menyiapkan bakso, potongan tahu, serta sawi hijau untuk bahan utamanya. Adapun bumbunya, terdiri dari bawang merah, bawang putih, serta lada yang perlu Mama tumis sebagai bumbu halus di awal proses. Tambahan gula dan Masako® Rasa Sapi dapat Mama menjelang sup matang dan siap saji.


Sup Bakso Suki 


Bagi yang sudah pernah wisata kuliner ke restoran Jepang, pasti sudah tidak asing dong dengan suki atau sukiyaki? Itu lho, hidangan yang berisi aneka sayuran, tahu, dan dan daging yang direbus bersama dalam satu tempat. Nah, Mama sebenarnya bisa juga membuat sup suki dengan bakso sendiri kok. 


Tinggal siapkan saja bakso suki instan, lalu rebus bersama kuping, dan sawi hijau. Untuk masalah bumbunya tak perlu pusing, tuangkan saja Sajiku® Bumbu Sayur Sup dan daun bawang sebagai penambah aroma. Beres!


Sup Krim Bakso Kentang ala Masako®


Dengan sedikit kreativitas, Mama bisa membuat bakso yang bahan baku utamanya bukan daging, melainkan kentang. Adonan kentang yang sudah dikukus, tepung terigu, kuning telur, bayam cincang, bawang putih, serta margarin, dapat Mama jadikan bakso yang tak kalah lezat.


Nantinya, bakso tersebut dapat Mama padukan dengan kuah creamy yang terbuat dari campuran tepung terigu, susu, bawang bombay, garam, merica, dan Masako® Rasa Sapi. Sensasi rasanya pasti menarik deh!


Selain untuk makan malam, berbagai ide olahan sup bakso lezat dan bergizi ini cocok kok untuk sajian sarapan atau makan siang.


Setelah membaca artikel ini, pasti adalah satu atau dua resep yang sudah Mama bidik untuk jadi sajian sup hari ini? Kalau tebakan Dapur Umami ini benar, ayo Ma segera dieksekusi saja. Siapkan bahannya dari sekarang!







Source of thumbnail: close up high protein soup meal by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.