Artikel & Tips Olahan Sup Praktis, Bergizi, dan Anti Ribet untuk Sarapan Sehat
Olahan Sup Praktis, Bergizi, dan Anti Ribet untuk Sarapan Sehat

Olahan Sup Praktis, Bergizi, dan Anti Ribet untuk Sarapan Sehat

22 Feb 2023, 16:02

Sarapan dengan sup? Why not? Membuat aneka sup tidak selalu sulit. Mama bisa menyiapkan sup sebagai salah satu menu sarapan yang lezat tanpa membutuhkan waktu yang lama. Bahkan, dengan tetap mempertahankan kelezatan yang dapat menjaga nafsu makan keluarga.


Bukan hanya proses membuatnya yang simpel, bahan-bahan dan bumbu yang Mama butuhkan juga relatif sedikit serta terjangkau untuk aneka olahan sup ini. Kali ini kita tidak perlu menggunakan kuah kaldu maupun bahan-bahan yang memerlukan waktu lama dalam pengolahannya. Jadi, 100% cocok untuk Mama yang punya waktu terbatas untuk menyiapkan sarapan. Yuk, cek satu per-satu resepnya!


Resep Sup Bayam Wortel ala Masako®

Resep yang satu ini paling mewakili kalau yang Mama cari adalah sup yang praktis, bergizi, dan anti ribet. Membuatnya tak sampai 10 menit, bahan-bahannya mudah-mudah Mama dapatkan, serta kandungan nutrisinya juga kaya. Jadi, yuk kita eksekusi hari ini, Ma!


Cara membuatnya dapat Mama awali dengan menumis bawang putih dan bawang merah. Ketika harum, masukkan potongan wortel serta jagung. Kemudian, tambahkan air, bayam, serta Masako® Rasa Gurih Pas. Tunggu deh sampai semua sayurannya matang dan sajikan saat masih hangat.


Nggak pakai garam, gula, merica, dan lainnya? Nggak perlu Ma. Untuk resep sup bayam wortel ini, Mama hanya butuh Masako® sebagai bumbu. Cita rasa umaminya menghasilkan rasa yang lezat dan pas di lidah. Tinggal sesuaikan saja takarannya sesuai selera.


Resep Sup Bihun Sayur ala AJI-NO-MOTO®

Bihun sebagai salah satu makanan untuk tubuh. Apalagi, kalau Mama hidangkan bersama berbagai bahan makanan sehat lainnya seperti wortel, jagung muda, serta ayam suwir. Dengan kelengkapan nutrisi dari sajian ini, Mama mungkin tak perlu menyiapkan lagi nasi atau sumber protein dalam meja makan.


Proses membuatnya sebenarnya standar saja. Mulai dengan menumis bawang merah dan putih, lalu potongan wortel dan jagung muda. Saat teksturnya layu, tambahkan air, ayam suwir, serta garam. Hal yang memberi rasa istimewa pada sup ini adalah kehadiran AJI-NO-MOTO® yang bisa Mama masukkan sebagai bahan pamungkas.


Kelezatan racikan legendaris penyedap yang sudah eksis lebih dari satu abad lalu ini bisa membuat rasa hidangan jadi lebih kaya dan menggugah selera. Termasuk, ketika Mama memasukkannya dalam resep sup bihun sayur ini. 


Resep Sup Ceker ala Sajiku®

Ingin menghidangkan sup ayam untuk keluarga, namun bosan karena minggu lalu sudah memasak resep yang sama? Ceker adalah alternatif. Salah satu bagian dari ayam ini meski tak memiliki daging, tapi tetap mengandung protein dan kalsium yang tubuh butuhkan. Belum lagi soal rasa, ceker juga tak kalah lezat ketimbang bagian ayam lainnya.


Agar tekstur cekernya empuk saat Mama makan, untuk membuatnya rebus dulu ceker di awal proses pembuatannya. Ketika setengah matang, masukkan minyak goreng, potongan buncis dan kentang, irisan wortel, seledri, serta daun bawang. Untuk bumbunya, Mama hanya membutuhkan Sajiku® Bumbu Sayur Sop.


Selebihnya, Mama hanya perlu menunggu cekernya matang dan benar-benar empuk sebelum siap menyajikannya. Jika sudah matang, angkat dan sajikan. Sajiku® varian tersebut diracik dari aneka bahan pilihan dan berkualitas, sehingga dari segi rasa tidak kalah dengan bumbu racikan tradisional. Yuk coba resep sup ceker ini untuk membuktikannya!


Resep Sup Tahu ala AJI-NO-MOTO®

Untuk memenuhi kebutuhan protein, tak melulu harus dengan sumber protein hewani. Sesekali, boleh juga memasukkan sumber protein nabati seperti tahu dalam sajian sup. Caranya, dengan menjajal salah satu resep sup dari Dapur Umami ini yang menggunakan tahu sebagai bahan utama.


Seperti banyak olahan sup lain, mulai dengan tumis bawang putih (tumis bawang merah lain kali ya, Ma) hingga harum. Kemudian, masukkan air, rebus, dan aduk rata, lalu biarkan sampai mendidih. 


Setelah itu, masukkan potongan tahu, jamur, serta brokoli. Adapun bumbunya, gunakan AJI-NO-MOTO®, gula, garam, serta merica bubuk. Bumbu-bumbu tersebut selain memperkaya rasa, juga menyatukan rasa dari setiap bahan.


Terakhir, Mama hanya perlu menunggu bahan-bahan matang dan bumbu-bumbu meresap ke dalam kuah. Sebelum menyajikannya, Mama bisa mengoreksi rasa untuk mendapatkan rasa resep sup tahu yang paling sesuai selera keluarga.


Dari artikel yang kami bagikan ini, Mama bisa perkirakan kan seberapa praktis berbagai resep sup spesial di atas? Agar Mama bisa buktikan sendiri kepraktisannya, selamat mencoba salah satu resep sup di atas untuk menu hari ini, Ma.




Source of thumbnail: Chicken Soup With Green Peas Carrots Potatoes White Bowl by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.