Artikel & Tips Tips Menjaga Berat Badan Selama Lebaran
Tips Menjaga Berat Badan Selama Lebaran

Tips Menjaga Berat Badan Selama Lebaran

09 Apr 2024, 13:04

Menjaga berat badan selama Lebaran seringkali menjadi tantangan bagi banyak orang. Saat hidangan lezat dan berbagai makanan khas hari raya melimpah di atas meja makan, sangat sulit untuk tidak tergoda menikmatinya. Namun, tentu saja selalu ada cara yang bisa ditempuh dan tidak mustahil untuk menjaga berat tubuh selama periode ini.

Dengan beberapa tips sederhana dan pendekatan bijaksana berikut ini, kamu bisa tetap menikmati hidangan lebaran tanpa khawatir peningkatan berat badan yang signifikan:

1. Merencanakan menu yang seimbang

Perencanaan menu merupakan kunci utama dalam menjaga berat badan selama Lebaran ini. Usahakan untuk memasukkan pilihan makanan yang sehat dan rendah kalori seperti sayuran, buah, dan protein tanpa lemak. Sisihkan waktu untuk memikirkan menu seimbang atau coba 3 resep praktis dari Dapur Umami berikut:

 

1. Ayam Hainan Saus Tiram Ala SAORI® 2. Sawi Gulung Ayam Ala Masako® 3. Bayam Mentega

2. Porsi yang terkendali

Selalu usahakan untuk mengontrol porsi makanan jika memiliki goal menjaga berat badan. Saat menikmati hidangan khas Lebaran, hindari mengambil porsi yang terlalu besar atau banyak. Cobalah untuk makan dengan perlahan dan dengarkan sinyal kenyang dari tubuh. Jika memungkinkan gunakan piring lebih kecil agar terhindar dari kecenderungan mengambil porsi berlebih.

3. Hindari makan berlebihan

Tidak bisa dipungkiri jika salah satu godaan utama selama Lebaran adalah makan berlebihan. Makan dengan penuh rasa senang adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk tetap mengendalikan jumlah makanan yang dikonsumsi. Nikmati hidangan dengan penuh kesadaran dan hargai setiap gigitannya.

4. Pilih makanan rendah lemak, rendah garam, dan rendah gula

Bijaklah saat memilih hidangan Lebaran yang ingin dinikmati. Usahakan untuk memilih makanan yang rendah lemak, rendah garam, dan rendah gula. Hindari juga makanan yang digoreng berlebihan, terlalu asin, atau mengandung banyak gula tambahan.

5. Minum air yang cukup

Seringkali kita cenderung mengabaikan asupan cairan selama perayaan Lebaran. Padahal, minum air yang cukup penting untuk menjaga hidrasi tubuh dan membantu mengontrol nafsu makan. Pastikan untuk minum air secukupnya sepanjang hari dan hindari minuman manis yang mengandung kalori tinggi.

Selain kelima tips di atas, jangan lupa pula untuk terus menjaga tubuh melakukan aktivitas fisik dengan tujuan dapat membakar kalori dari makanan yang telah dikonsumsi. Dengan menerapkan tips di atas, kamu akan dapat menjaga berat badan selama Lebaran tanpa harus mengorbankan diri untuk tidak menikmati hidangan yang telah disajikan.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.