Artikel & Tips 5 Cara Mencintai Diri Sendiri yang Bikin Hidup Lebih Bahagia
5 Cara Mencintai Diri Sendiri yang Bikin Hidup Lebih Bahagia

5 Cara Mencintai Diri Sendiri yang Bikin Hidup Lebih Bahagia

12 Feb 2024, 14:02

Selain bisa mencapai kemerdekaan finansial, memiliki hidup lebih bahagia juga menjadi dambaan banyak orang di tengah penatnya tekanan kehidupan yang dihadapi. Tidak jarang, seringkali kita terjebak dalam rutinitas sehari-hari dan mengabaikan kebutuhan pribadi untuk merasa bahagia.

Salah satu kunci penting agar bisa memiliki hidup yang lebih bahagia adalah mulai mencintai diri sendiri. Kesadaran untuk menyayangi diri yang ditumbuhkan terus menerus akan menghadirkan rasa bahagia yang selama ini diimpikan. 

Cara menghadirkan mencintai diri sendiri

Bukan rahasia lagi jika tidak semua orang dibekali pemikiran kuat untuk menyayangi diri, bahkan banyak di antaranya mempersilahkan masuk pemikiran destruktif tentang dirinya. Mencintai diri sendiri itu harus diusahakan untuk hadir dan menetap dalam pikiran, berikut ini beberapa cara yang bisa ditempuh:

  1. Coba menerima diri sepenuhnya
    Cara pertama yang mungkin terasa berat untuk sebagian besar orang, tetapi sangat krusial adalah bisa menerima dirimu sepenuhnya. Ini berarti menerima segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Penting untuk tidak terjebak membandingkan diri dengan orang lain atau bahkan mencoba menjadi (terlihat) sempurna.
    Fokuslah untuk menerima diri apa adanya, dengan segala kelebihan yang dimiliki dan kekurangan yang dikaruniakan. Ingat selalu jika kamu adalah seorang individu berharga dan berarti yang pantas untuk mencintai diri sendiri.

  2. Menjaga kesehatan fisik dan mental
    Mencintai diri sendiri juga berarti bisa menjaga kesehatan fisik dan metal. Luangkan waktu untuk merawat tubuhmu dengan baik seperti berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan menghindari kebiasaan yang merugikan kesehatan. Tidak lupa juga mulai menjaga pola makan seimbang dengan membuat masakan sendiri menggunakan resep-resep dari Dapur Umami.
    Selain itu, jaga juga kesehatan mentalmu. Temukan cara untuk mengelola stres yang sesuai dengan rutinitas sehari-hari. Dapat juga memilih beberapa kegiatan yang menenangkan seperti meditasi, olahraga, atau kegiatan yang prosesnya sangat kamu nikmati. Jika diperlukan, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional untuk mendukung kesehatan mental terjaga dengan baik.

  3. Beri waktu untuk hobi dan minat pribadi
    Seringkali kita terlalu sibuk dengan pekerjaan dan tanggung jawab sehingga melupakan minat dan hobi pribadi. Memilih untuk memberikan waktu pada minat atau hobi juga merupakan bentuk dari mencintai diri sendiri. Temukan kegiatan yang dapat membuatmu bersemangat dan bahagia melakukannya.

  4. Berikan prioritas pada kebutuhan dan keinginan
    Memiliki takaran prioritas pada kebutuhan dan keinginan bukanlah sebuah kejahatan, melainkan sesuatu yang diperlukan untuk pengembangan diri. Tidak perlu merasa bersalah atau egois karena mementingkan untuk mengurus diri sendiri. Karena ketika sudah dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut, kantong rasa bahagia kita akan terpenuhi bahkan lebih dari cukup untuk dibagikan ke orang lain.

  5. Bangun hubungan positif dengan diri sendiri
    Hal penting lainnya yang tidak boleh ketinggalan adalah mulai membangun hubungan positif dengan diri sendiri. Jangan terlalu kritis terhadap diri sendiri dan mulai menghindari berbicara hal negatif tentang dirimu. Alih-alih, coba berlatihlah untuk menerima segala situasi dirimu; menghormati diri sebagai manusia yang berharga; dan memberikan apresiasi terhadap usaha yang sudah dilakukan.
    Ajaklah dirimu untuk berbicara dengan santun, penuh hormat, dan apresiasi seperti saat berbicara dengan orang yang paling dicintai. Cara ini akan membantumu memperkuat rasa percaya diri, meningkatkan harga diri, dan menciptakan hubungan internal yang sehat.

Artikel terkait: Serba Serbi Ergogenic Aids untuk Meningkatkan Performa Olahraga

Untuk menjalankan langkah-langkah di atas, perlu untuk mengingat jika kita merupakan individu yang berharga dan pantas untuk mendapatkan rasa cinta serta hormat dari diri sendiri. Luangkanlah waktu untuk mulai mengusahakan membangun hubungan positif dengan diri sendiri dan ciptakan hidup yang lebih bahagia mulai hari ini.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.