Artikel & Tips 5 Alasan Kenapa Perawatan Tubuh itu Penting
5 Alasan Kenapa Perawatan Tubuh itu Penting

5 Alasan Kenapa Perawatan Tubuh itu Penting

16 Feb 2024, 12:02

Perawatan tubuh sering diartikan sekadar cara mendapatkan penampilan fisik yang sempurna atau indah saja. Padahal, langkah merawat diri ini merupakan upaya nyata dari manifestasi pada kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Kegiatan yang melibatkan serangkaian hal seperti mandi, membersihkan kulit, merawat rambut, mengatur pola makan, serta menjaga kebugaran fisik pastinya akan memberikan manfaat luar biasa lainnya. Berikut ini beberapa alasan pentingnya merawat tubuh dan manfaat yang akan didapatkan:

 

  1. Tubuh jadi bersih sekaligus sehat
    Mandi secara teratur dapat membantu membersihkan kotoran dan bakteri dari tubuh, mencegah infeksi kulit, dan menjaga keseimbangan pH kulit. Selain itu, menjaga kebersihan rambut dan kuku juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri ataupun infeksi. Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi tentu saja dapat mengurangi risiko penyakit dan menjaga diri tetap sehat.

  2. Meningkatnya rasa percaya diri
    Disadari atau tidak, kita akan merasa lebih percaya diri ketika tubuh dalam kondisi segar dan bersih. Kulit yang sehat, rambut yang terawat, serta tubuh yang bugar akan memberikan perasaan positif pada diri. Hal tersebutlah yang bisa meningkatkan rasa percaya diri, terlebih lagi saat berinteraksi dengan orang lain. Perasaan yang dialami akan berbeda jika kita tidak dalam kondisi bersih dan terawat.

  3. Relaksasi yang mengurangi stres
    Momen saat merawat tubuh ternyata bisa menjadi waktu yang menyenangkan untuk relaksasi diri sekaligus mengurangi stres. Pijatan yang lembut namun pas atau saat tubuh berendam di air hangat akan membantu otot-otot rileks dan melepaskan ketegangan yang selama ini bernaung. Selain itu, aroma terapi pada minyak esensial saat melakukan perawatan tubuh juga dapat memberikan efek menenangkan.

  4. Peningkatan kualitas hidup
    Melakukan perawatan tubuh secara teratur dan baik juga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Ketika kita menjaga kesehatan dan kebersihan, maka tubuh akan terasa lebih nyaman dan energik.

    Kulit sehat dan terawat membuat kita merasa lebih segar serta muda. Rambut terpelihara dengan baik dan kuku rapi memberikan penampilan diri yang menarik. Tidak hanya itu, menjaga kebugaran fisik melalui olahraga atau pola makan seimbang juga dapat meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih maksimal.

  5. Menjaga diri sendiri
    Perawatan tubuh juga merupakan bentuk penghargaan dan perhatian terhadap diri sendiri. Meluangkan waktu untuk merawat tubuh bisa dibilang sebagai cara  praktis membangun hubungan lebih baik dengan diri sendiri.

    Pada momen merawat diri, kita akan lebih fokus pada kebutuhan dan keinginan sendiri tanpa memikirkan tuntutan dari luar. Tidak lupa saat itu pula kita sedang memberi pesan bahwa ia sangat layak untuk mendapatkan waktu dan perhatian. Momen ini menjadi bentuk self-care yang penting untuk menjaga keseimbangan emosi dan rasa bahagia.

Artikel terkait: Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Keamanan Obat Tradisional

Manfaat-manfaat selain penampilan fisik tersebut akan dapat dirasakan apabila rutin melakukan perawatan tubuh. Kegiatan tersebut dapat dilakukan mandiri di rumah saja, atau datang ke spa yang memiliki fasilitas lengkap untuk merawat dari ujung kepala hingga ujung kaki. Tambahkan pula perawatan diri dengan berolahraga agar fisik tidak lemah, mulai menjaga pola makan dan temukan beragam ide-ide resep menarik di Dapur Umami. Investasikan waktu untuk merawat diri dan nikmati sendiri bagaimana manfaat baiknya pada diri sendiri!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.