Resep Mie Goreng Aceh Ala AJINOMOTO

Mie Goreng Aceh Ala AJINOMOTO

Durasi masak 30 Menit
Porsi 2 Porsi
Dapat resep ini dari seorang teman yang asli Aceh, menurutnya ini adalah resep simple mie goreng Aceh karena umumnya mie Aceh itu rasanya sangat kaya akan rempah. Namun mie goreng yang ini pun menurut saya dan keluarga tidak kalah enaknya, apalagi ditambahkan Ajinomoto, terasa makin umami bikin ketagihan yang mencicipnya.

Bahan - bahan

Bahan-bahan :

  • 250 gr mie basah
  • 50 gr fillet dada ayam (bisa diganti bakso)
  • Segenggam tauge
  • 1 buah tomat dipotong agak tebal
  • 2 butir bawang merah diiris
  • 1 batang daun bawang diiris
  • 1 tangkai seledri diiris
  • 50 ml air
  • 1 sdt AJINOMOTO
  • 1/2 sdt garam
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Bahan Saus :

  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus sambal
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap manis

Bumbu Halus :

  • 2 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri sangrai
  • 10 butir kacang tanah goreng
  • 1/2 sdt lada

Bahan Pelengkap :

  • 1 sdm air jeruk nipis (optional)
  • Secukupnya bawang goreng
  • Secukupnya telur ceplok atau sesuai selera

Cara Membuat

Langkah 1
1

Siram mie basah dengan air panas, tiriskan.

Langkah 2
2

Panaskan minyak, masukkan bawang merah iris, tumis sampai harum, masukkan daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil, tumis sampai berubah warna.

Langkah 3
3

Masukkan bumbu halus dan sebagian daun bawang, kecilkan api, tumis sampai bumbu tanak.

Langkah 4
4

Masukkan garam, lada bubuk, dan air, aduk rata. Masukkan tomat, tauge, dan mie. Tambahkan semua bumbu saus, aduk rata. Masukkan juga AJINOMOTO, aduk rata. Koreksi rasanya.

Langkah 5
5

Terakhir masukkan daun bawang dan daun seledri, jika suka tambahkan air jeruk nipis, aduk rata sebentar, angkat. Sajikan Mie Goreng Aceh dengan pelengkapnya.

1 Comment
Share Share

Rating Resep

Menurut kamu, bagaimana rasa resep ini?

Komentar (1)

rekook ya mba

User

Hasil Recook (0)

Belum ada hasil recook