Artikel & Tips Resep Tumis Tahu Ala Masako® yang Bikin Rindu Masakan Ibu
Resep Tumis Tahu Ala Masako® yang Bikin Rindu Masakan Ibu

Resep Tumis Tahu Ala Masako® yang Bikin Rindu Masakan Ibu

18 Jan 2023, 18:01

Ide masakan olahan tahu, bisa membangkitkan kerinduan dengan masakan Ibu. Sekarang, giliran kamu membuat anak-anak jatuh cinta dengan tumis tahu buatanmu!


Mengenang masa kecil memang indah ya, Ma? Apalagi, kalau kita mengingat-ingat masakan ibu yang rasanya bisa bikin terngiang-ngiang. Meskipun ‘hanya’ tumis tahu, tapi rasanya bikin kita mau nambah nasi terus sampai kenyang. Benar kan, Ma?


Tumis tak hanya sayuran saja. Resep tumis tahu kali ini spesial, sama spesialnya dengan resep tumis sayur praktis seperti resep tumis kangkung, resep tumis sawi, tumis kacang panjang, dan lainnya yang ada di Dapur Umami. Sekarang, sambil flashback masa kecil, kita coba bikin tumis tahu yuk! Dapur Umami yakin, Mama juga bisa kok bikin olahan tahu yang sederhana jadi memorable rasanya di ingatan si kecil. Apalagi, kalau Mama pakai produk AJI-NO-MOTO® yang sudah jadi rahasia kelezatan masakan ibu-ibu di seluruh dunia sejak 1909.


Yuk uji beberapa resep tumis tahu rekomendasi kami berikut ini!


Resep Tumis Tahu Saus Tauco ala SAORI® Saus Teriyaki


Bumbu tauco yang bisa jadi kombinasi super lezat untuk menemani tekstur tahu yang lembut. Belum lagi, kalau Mama tambahkan SAORI® Saus Teriyaki yang rasanya khas banget.


Cara membuat tumis tahu ini sangatlah mudah. Bahan utama yang Mama butuhkan hanya tahu putih, buncis, dan tomat. Bahan halus yaitu bawang putih bawang merah, dan lainnya. Untuk bumbu bawang putih dan bawang merah yaitu: 2 siung bawang putih dan 3 siung bawang merah. Untuk tahu, potong ukuran dadu lalu goreng terlebih dahulu hingga agak kering. Lalu, potong buncis memanjang serta potong tomat dan buang bijinya.


Kalau sudah, siapkan wajan, minyak goreng, lalu tumis bawang putih sampai harum. Kemudian, tambahkan air, cabai, dan tahu yang sudah digoreng. Aduk-aduk sebentar, setelah itu tuangkan bumbu tauco dan SAORI®. Tumis dan tunggu hingga aromanya terasa. Koreksi rasa. Jika sudah pas, sajikan.


Terakhir, masukkan potongan tomat dan masak sampai bumbunya mengental. Tekstur yang creamy serta cita rasa paduan asin, manis, dan umami dari bumbunya, jadi jaminan hidangan tumis tahu saus tauco ini bikin kangen.


Resep Tumis Tuna Tahu ala Masako®


Kalau protein pada tahu Mama pikir ingin diperbanyak,, tambahan tuna pada sajian tumis tahu ini bisa memperkuatnya. Terlebih lagi, tuna juga merupakan salah satu superfood yang nutrisinya bagus terutama untuk anak-anak.


Sama seperti resep sebelumnya, Mama perlu menggoreng dulu tahu secara terpisah sekitar 5 menit (setengah matang). Setelah itu, siapkan wajan, tuangkan margarin, dan tumis bawang merah dan bawang putih dan cabai (jumlahnya 3 siung bawang putih) kalau sudah harum, tambahkan potongan daun bawang dan tuna, lalu masak sampai tunanya matang.


Selanjutnya, Mama bisa masukkan tahu dan berbagai bumbu. Kombinasi kecap asin, minyak wijen, lada halus, serta Masako® Rasa Ayam, sudah bisa jadi jaminan kelezatan masakan Tumis Tuna Tahu ala Masako®.


Gurih dan aroma yang kuat dari resep ini, bisa jadi booster selera makan anak dan suami. Oh ya, pastikan aduk tahu secara perlahan agar teksturnya tidak hancur.


Resep Tumis Tahu Jamur ala Masako®


Tahu dan jamur ditumis bareng-bareng, memangnya enak? Enak dong! Kalau pakai bumbu yang tepat dan blend, Mama nggak perlu meragukan rasanya. Buktikan resep untuk menu ini di Tumis Tahu Jamur ala Masako®, yuk!


Sebagai langkah awal, balur tahu dengan campuran terigu dan tepung maizena. Untuk 1½ kilogram terigu, cukup 1½ setengah sendok teh maizena ya, Ma. Kemudian, goreng sampai warna tahu berubah menjadi coklat keemasan, sisihkan.


Setelah itu, tumis irisan bawang putih, daun bawang, serta cabai merah besar hingga harum. Lalu, masukkan jamur enoki dan irisan jamur champagne. Tuangkan air dan gula pasir secara berurutan, aduk.


Ketika semuanya sudah tampak merata, giliran tahu goreng dan Masako® Rasa Ayam yang masuk dalam masakan. Terakhir, Mama tinggal aduk dan tunggu hingga matang. Gurihnya Masako®, bikin tahu dan jamur ekstra umami! Cocok untuk disajikan kapan saja.


Resep Tumis Tofu Brokoli Saus Tiram ala SAORI®


Resep rekomendasi pamungkas ini cocok banget buat Mama yang butuh ide bikin tumis tahu yang simpel tapi nutrisinya lengkap. Proteinnya ada, karbonya ada, lemak, vitamin, dan serat juga semuanya ada. Plus, rasanya juga enak, Ma!

Untuk membuatnya, mulai dengan menggoreng tahu dengan balutan tepung maizena sampai matang, lalu sisihkan. Kemudian, tumis bawang putih dan bawang bombay. Saat wanginya terasa, masukkan potongan wortel,irisan jamur kuping, udang, cabai merah, lalu tahu yang sudah digoreng.


Supaya sayur tidak over cooked, gunakan api kecil saat sayur sudah masuk wajan. Tutup prosesnya dengan menambahkan air dan SAORI® Saus Tiram. Tunggu sampai airnya susut dan SAORI® mengental bercampur dengan bahan-bahan yang ada.


Semua resep di atas, bisa membantu Mama mewariskan kenangan lezatnya tumis tahu ke anak-anak di rumah. Saat sudah besar, mereka bakal mengingat-ingat, kalau tumis tahu bikinan Mamanya, punya rasa yang ngangenin juga! Yuk coba buat sekarang, dan buat yang lainnya dari kumpulan resep ​ Aneka Masakan Tumis Sederhana Ala Dapur Umami untuk Keluarga. Yuk, sekarang!





Source of thumbnail: Tahu goreng cabai garam by Geanina Vlasceanu's Image
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.