Resep Camilan Sayur untuk Anak Bisa Jadi Bekal Sekolah - Dapur Umami

Resep Camilan Sayur untuk Anak Bisa Jadi Bekal Sekolah

Camilan sayur, bisa jadi solusi membuat anak jadi hobi makan sayur. Apalagi, kalau pakai produk AJI-NO-MOTO® sebagai kuncian kelezatannya.


Zaman sekarang, mencari jajanan camilan sehat itu susah-susah gampang ya, Ma. Paling aman sih, mending bikin sendiri. Jadi, Mama bisa memastikan setiap bahan dan prosesnya baik untuk kesehatan tubuh anggota keluarga. Termasuk, bisa juga menambahkan sayur sebagai bahan camilan yang akan Mama buat. Kebaikan menjadi semakin banyak karena Mama seperti memasak sayuran menjadi sesuatu yang dikemas menjadi camilan.


Sayangnya, ini jadi masalah kalau Mama nggak punya cukup banyak ide untuk membuat camilan sehat. Untungnya, Dapur Umami punya sejumlah koleksi resep masakan sayur bahkan sampai camilan sayur yang merupakan salah satu resep andalan Dapur Umami yang siap dibagi untuk menemani hari-hari Mama keluarga di rumah. Bahkan, sebagiannya juga cocok jadi bekal sekolah anak sehari hari. 


Resep Pangsit Ayam Sayur ala Masako®


Saat berbelanja ke pasar, Mama mungkin sering menemukan penjual pangsit. Namun, pernah nggak Ma membeli dan memasukkannya ke keranjang belanja? Kalau belum atau masih jarang-jarang, coba deh beli dan buat camilan lezat pangsit ayam sayur ini.


Olahan ini tak melibatkan minyak dan penggoreng. Kalau mau membuatnya, siapkan dulu isian pangsitnya, seperti ayam cincang, potongan wortel, kucai, tahu, serta daun bawang. Jangan lupa, taburkan juga Masako® Rasa Ayam. Aduk-aduk semuanya sampai merata.


Kalau sudah, taruh isian tersebut di atas kulit pangsit, beri air di sekelilingnya, lalu lipat untuk membungkus semua isiannya. Terakhir, kukus sampai matang. Biasanya, kurang lebih 30 menit dalam kukusan, pangsit ini sudah bisa Mama sajikan di ruang keluarga untuk dikonsumsi.


Resep Kaki Naga Sayur ala AJI-NO-MOTO®

Camilan ala-ala katsu yang menggunakan stik ini pasti bisa menarik perhatian si kecil yang susah makan sayur. Bentuknya yang unik, rasanya yang umami, serta bumbunya yang creamy, jadi kombinasi yang susah untuk si kecil tolak.


Kalau Mama tertarik membuatnya, siapkan daging ayam cincang, telur, merica, gula, dan AJI-NO-MOTO®. Haluskan semua bahan tersebut menggunakan blender, lalu simpan dalam satu wadah. Kemudian, tambahkan hasil blenderan tersebut dengan bayam dan tepung terigu, aduk rata, dan bagi-bagi adonan dengan bentuk oval.


Sebelum menggorengnya, tusuk adonan tersebut dengan stik, gulirkan ke dalam tepung terigu, celup ke dalam kocokan telur, dan balur dengan tepung roti. Resep kaki naga sayur dapat Mama hidangkan saat warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Mama bisa siapkan juga saus Mayumi® untuk saus cocolannya. Sajikan untuk keluarga.


Resep Bola-Bola Makaroni Sayur ala AJI-NO-MOTO®

Biasanya, anak suka dengan makanan berbentuk bola-bola yang ‘imut’ dan mudah untuk dimakan. Sayur juga bisa kok Mama hidangkan dengan bentuk semacam ini. Jadi, mereka akan lebih mungkin tertarik makan sayur seperti yang Mama harapkan.


Adonan dari resep ini terdiri dari makaroni rebus, wortel, terigu, serta AJI-NO-MOTO®. Oh ya, agar lebih lezat, masukkan juga keju saat Mama merebus makaroninya. Kemudian, aduk semua adonan sampai tercampur merata, lalu bulatkan semuanya kecil-kecil sampai habis.


Setelah adonan siap, Mama perlu terlebih dahulu membalurkan tepung roti ke setiap adonan. Selain memberi efek crispy, tepung roti juga bakal membuat camilan lebih menarik. Terakhir, goreng bola-bola makaroni dan hidangkan selagi hangat bersama saus Mayumi®.


Resep Tuna Sayur Crispy ala Sajiku®

Resep tuna sayur crispy ini selain cocok jadi camilan, oke juga untuk menjadi teman makan nasi. Karena selain mengandung sayuran, terdapat pula ikan yang tergolong sebagai superfood. Sudah pasti, nutrisinya juga tinggi.


Menariknya, cara bikinnya super praktis. Mama hanya perlu mencampurkan ikan tuna cincang, wortel cincang, buncis, kocokan telur, serta tepung maizena ke dalam satu wadah. Kemudian, aduk merata dan bentuk adonannya menjadi bulat pipih. 


Untuk menghasilkan tekstur yang crispy, siapkan Sajiku® Golden Crispy dan masukkan ke dalam dua wadah terpisah. Satu berisi Sajiku® kering, satu lagi Sajiku® basah dengan larutan air. Kemudian, secara berurutan celup ke adonan kering → adonan basah → adonan kering lagi, lalu goreng hingga matang.


Dengan bekal resep camilan ini, Dapur Umami yakin Mama bisa lebih percaya diri menyajikan sayuran yang menggugah selera kepada anak-anak tercinta. Nggak ada lagi cerita si Kecil di kasih sayur malah menolak atau mau memakannya tapi bersisa. Pastinya, kalau sering makan sayur, kesehatannya juga otomatis lebih terjaga.


Sekarang tunggu apalagi, yuk mulai mencoba resepnya! Kalau masih butuh ide, cari resep sayur nikmat lainnya di Dapur Umami.





Source of thumbnail: school lunch box for kids with food by nata_vkusidey