Artikel & Tips Resep Ayam Panggang dengan Aneka Saus Lezat untuk Makan Siang
Resep Ayam Panggang dengan Aneka Saus Lezat untuk Makan Siang

Resep Ayam Panggang dengan Aneka Saus Lezat untuk Makan Siang

22 Feb 2023, 17:02

Salah satu sumber protein yang paling pas untuk diolah dengan cara panggang adalah ayam. Rasa gurih yang muncul dari lemaknya memang sulit untuk lidah tolak. Namun bukan hanya itu, memanggang ayam juga mengandung berbagai nutrisi penting untuk menunjang padatnya aktivitas pada siang hari.


Tapi tahukah Ma, ayam panggang yang khas bisa jadi sajian yang kelezatannya berlipat jika Mama menggunakan saus yang tepat. Untuk urusan ini, Dapur Umami punya beberapa ide saus yang dapat Mama olah menjadi bumbu spesial yang menemani ayam dengan bumbu panggang. Kalau Mama penasaran, ayo baca artikel ini sampai habis!


Resep Ayam Panggang Lada Hitam ala SAORI®

Terbayang dong bagaimana lezatnya lada hitam yang memiliki sensasi pedas dan hangat ketika meresap ke dalam daging ayam yang gurih? Stop, cukup sampai di sini saja membayangkannya Ma. Mama dapat langsung mengeksekusinya dengan cara yang bakal kami bagikan.


Cara membuatnya hanya membutuhkan empat bahan. Potong 1 buah ayam utuh menjadi beberapa bagian, SAORI® Saus Lada Hitam, minyak goreng, serta air. Sebelum memanggang ayam, tumis dulu ayam hingga warnanya berubah. Setelah itu, tuang air dan SAORI®, lalu ungkep dengan cara menutup wajan sampai ayamnya matang.


Kalau sudah, Mama tinggal memanggang ayam ke dalam wajan anti lengket. Pastikan kedua sisi ayam terpanggang untuk mendapatkan rasa paripurna dari resep ayam panggang lada hitam. Mudah bukan membuatnya?


Resep Ayam Panggang Madu ala AJI-NO-MOTO®

Berkebalikan dengan resep pertama yang super praktis, resep kedua ini memakan waktu yang sedikit lebih lama dan bahan lebih banyak. Namun percayalah, prosesnya akan sangat sebandingan dengan hasil yang Mama dapatkan. Sangat mungkin olahan ayam ini jadi primadona baru di rumah.


Mama membutuhkan aneka bumbu dan rempah untuk menghasilkan bumbu marinasi yang rasanya kuat dan kaya pada saus madu ini. Bumbunya dapat Mama olah dengan menumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, jahe dan minyak. 


Saat membalut dada ayam fillet dengan bumbu tersebut, tambahkan juga bumbu lain kecap manis, madu, garam, lada, serta penyedap AJI-NO-MOTO®. Sebelum memanggangnya, simpan dulu ayam di dalam kulkas minimal dua jam dan balur lagi dengan sisa bumbu. Rasa dan aroma ayam panggang madu ini dijamin juara!


Resep Ayam Panggang Yoghurt ala Masako®

Mungkin bumbu ini sedikit mengejutkan Mama. Ya, faktanya yoghurt bisa kok jadi bumbu panggang dengan kelezatan khas yang tak boleh Mama lewatkan untuk mencobanya. 

Jika Mama mau membuatnya, marinasi dulu Ayam yang sudah Mama fillet dengan yoghurt, ketumbar, pala, kunyit, serta Masako® Rasa Ayam. Aduk rata dan diamkan beberapa saat agar bumbu meresap ke dalam ayam. Kemudian, panggang ayam sampai matang dan sajikan di meja makan.


Untuk melengkapi nutrisi sajian ini, Mama dapat menambahkan sejumlah sayuran seperti buncis dan wortel rebus. Resep ayam panggang yoghurt dari Dapur Umami ini dapat jadi sajian makan siang istimewa yang memberi kesan rasa spesial di lidah keluarga! 


Resep Ayam Panggang SAORI®

Bumbu saus tiram, tidak hanya cocok untuk jadi penyedap pada olahan berkuah. Ketika berpadu dengan masakan panggang, rasanya juga tak kalah nikmat. Sensasi asam manis saus yang melekat pada ayam yang juicy, pasti jadi kombinasi yang rasanya sulit dilupakan.


Untuk memperkuat rasa khas oriental, gunakan wijen sebagai pendamping SAORI® Saus Tiram saat memarinasi ayam. Setelah mendiamkannya sekitar 15 menit, panggang ayam hingga matang, lalu sisihkan.


Sementara untuk membuat sausnya, panaskan wajan dan masukkan sejumlah bahan. Mulai dengan air, potongan kentang dan tomat ceri, kacang polong, sisa SAORI®, serta larutan maizena. Aduk-aduk rata semua bahan sampai tekstur kental dapat Mama rasakan.


Terakhir, tuangkan saus ke atas ayam yang sudah Mama panggang dan resep ayam panggang SAORI® kini siap jadi moodbooster makan siang. 


Bagaimana, mau menjajal yang mana dulu Ma? Oh ya, bukan hanya ayam, Dapur Umami juga punya aneka resep panggang berbagai bahan lain yang tak kalah lezat. Semua resep panggang yang menggugah selera ini bisa Mama akses dan praktikkan gratis di rumah! Ayo mencoba!



Source of thumbnail: Photo by Claudio Schwarz on Unsplash
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.