Artikel & Tips Olahan Kuah Spesial ala AJI-NO-MOTO® yang Gurih untuk Makan Malam
Olahan Kuah Spesial ala AJI-NO-MOTO® yang Gurih untuk Makan Malam

Olahan Kuah Spesial ala AJI-NO-MOTO® yang Gurih untuk Makan Malam

28 Feb 2023, 13:02

Malam-malam, dingin, apalagi kalau lagi hujan, makan olahan kuah yang hangat, sepertinya nikmat ya Ma? Tapi menurut Dapur Umami sih bisa nikmat dan bisa juga nggak, tergantung bumbu yang Mama gunakan dalam proses pembuatannya. Kalau pakai AJI-NO-MOTO®, baru deh nikmatnya lebih terjamin.


Penyedap yang sudah eksis sejak 1909 ini mengandung bahan-bahan yang mampu memberikan efek umami pada aneka hidangan. Jangan heran kalau hingga lebih dari satu abad, AJI-NO-MOTO® masih menjadi favorit jutaan Mama sebagai bumbu penyedap andalan di dapur. 


Kalau Mama masih ragu dengan fakta ini, yuk coba sejumlah resep berikut ini!


Resep Cwie Mie Malang

Kuliner legendaris asal Malang ini bisa Mama nikmati di rumah. Bagi Mama yang belum pernah mencobanya, selintas mungkin mirip ayam. Namun kalau sudah tahu resepnya dan membuatnya sendiri, Mama akan tahu bedanya. Satu yang pasti sih, ini cocok untuk membersamai waktu makan malam Mama dan keluarga.


Ada dua komponen utama masakan yang perlu Mama siapkan secara khusus, yakni bumbu ayam dan kuah. Untuk bumbu ayamnya, Mama bisa membuatnya dari tumisan bawang putih, jahe, daging ayam cincang, garam, gula, saus tiram, serta AJI-NO-MOTO®. Sementara kuahnya, terbuat dari campuran air, garam, dan AJI-NO-MOTO®.


Kalau keduanya sudah jadi, Mama dapat mulai menata mie rebus dan selada dalam mangkuk. Kemudian, taruh bumbu ayam yang sudah ditumis beserta pangsit, acar, dan bawang goreng. 

Nah, kini Mama dapat menyantap resep cwie mie malang. Cara makannya mirip mie yamin yang kuahnya terpisah. Kalau suka pedas, Mama bisa bikin sambalnya juga!


Resep Bakmi Jawa

Jika Malang punya cwie mie, Jawa Tengah punya bakmi khas yang tak kalah lezatnya. Resep bakmi ini kaya dengan aneka vitamin dan mineral karena mengandung sejumlah sayuran bergizi tinggi. Kuahnya juga dijamin segar dan membangkitkan selera!


Mama membutuhkan bumbu halus untuk mengawali proses pembuatannya. Bahannya terdiri dari bawang putih, bawang merah, serta kemiri. Kalau sudah halus, tumis bumbu ini di wajan. Kemudian, tambahkan air, kecap manis, sawi, kol, tomat, merica, garam, serta AJI-NO-MOTO®. Aduk sampai merata.


Ketika sayuran sudah tampak matang, tuangkan telur kocok dan masukkan mie telur rebus. Sisanya, aduk saja sebentar lalu sajikan selagi hangat. Resep bakmi jawa spesial ini siap Mama dan keluarga santap!


Resep Mie Cakalang

Bukan hanya Jawa yang kaya dengan sajian mie dengan resep khas. Di Manado, ada mie cakalang yang rasanya tak kalah lezat. Kuatnya aroma ikan cakalang yang berpadu dengan aneka bumbu yang terdapat dalam resep ini, akan memberi sedikit kejutan bagi Mama yang belum pernah mencobanya.


Kalau mau membuatnya, siapkan dulu ikan cakalangnya. Sebelum mencampurkannya bersama mie, tumis ikan bersama minyak goreng, bawang putih, daun bawang, serta garam sampai matang.

Setelah itu, gunakan sisa minyak bekas menggoreng ikan untuk membuat kuahnya. Nyalakan wajan, masukkan bawang putih, daun bawang, air, garam, dan tentu saja AJI-NO-MOTO®. Saat air mendidih, Mama bisa masukkan sawi sebentar ke dalam rebusan dan angkat lagi, sisihkan.


Terakhir, tata mie dalam mangkuk bersama tumisan cakalang dan sawi. Kemudian, siram dengan kuah. Untuk melengkapi kelezatan resep mie cakalang, Mama dapat menambahkan bawang goreng atau sambal cuko khas Sumatera. 


Resep Mie Kocok

Ide terakhir ini popularitasnya Dapur Umami mengajak Mama mencoba sajian mie kocok khas Jawa Barat. Kuahnya memang tak begitu kaya rempah, tapi rasanya tetap mewah dan menggugah. Cocok buat Mama yang suka sajian praktis-praktis.


Langkah pertama membuatnya dengan menumis bawang putih dan potongan daging sapi sampai warnanya berubah. Kemudian, masukkan air, garam, bakso sapi, serta penyedap AJI-NO-MOTO®. Masak sampai matang dan bumbunya merata dalam kuah.


Selanjutnya, siapkan mangkuk dan tata mie basah rebus bersama tauge. Finally, siram dengan kuah berisi daging dan bakso yang sudah Mama buat. Mie kocok bandung siap untuk disantap!

Selesai dengan resep-resep ini, Mama pasti butuh resep-resep lainnya kan? Balik lagi saja ke Dapur Umami Ma! Kami masih punya kreasi masakan spesial dengan AJI-NO-MOTO® yaitu Inspirasi Olahan Umami ala AJI-NO-MOTO® untuk Menu Sehari-hari yang siap menghidupkan nafsu makan Mama dan keluarga!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.