Artikel & Tips Menu Tumis Aneka Sayuran Penuh Gizi untuk Sarapan Pagi
Menu Tumis Aneka Sayuran Penuh Gizi untuk Sarapan Pagi

Menu Tumis Aneka Sayuran Penuh Gizi untuk Sarapan Pagi

18 Jan 2023, 18:01

Yuk semangat mulai hari, isi energi dengan menu tumis sayur yang kaya gizi. 


Untuk menunjang kegiatan anggota keluarga sebelum beraktivitas di luar rumah, menambahkan menu tumis aneka sayuran adalah ide bagus! Selain menyehatkan, makanan olahan tumis juga bisa mendorong anak atau suami lebih lahap dalam menyantap makanan. 


Kuncinya, Mama wajib menggunakan berbagai penyedap produk AJI-NO-MOTO® yang selama lebih satu abad teruji menjadi penyempurna rasa masakan di dunia. Kali ini, Dapur Umami sudah menyiapkan beberapa resep yang dapat Mama praktekkan segera setelah menuntaskan artikel ini!


Resep Tumis Pakcoy SAORI® Saus Tiram


Pakcoy adalah sayuran yang terkenal kaya manfaat. Selain bagus untuk kesehatan jantung, pakcoy juga low kolesterol. Namun, Mama perlu mengolahnya dengan kreatif agar semua anggota keluarga mau menyantapnya sampai habis. 


Selain pakcoy, bahan lain yang perlu Mama siapkan adalah dada ayam (potong kotak kecil) serta bakso, jagung muda, wortel, dan jamur kancing yang sudah diiris tipis. Pastikan semuanya sudah Mama cuci bersih dengan air mengalir, ya!


Prakteknya, mulai dengan menumis irisan bawang merah, bawang putih, dan bawang daun. Tumis hingga harum, masukkan ayam, dan tumis hingga warnanya berubah. Setelah itu, tuang semua bakso dan sayuran, lalu tumis hingga sayuran tampak sudah setengah matang.


Untuk memberi rasa yang lezat, tambahkan garam, merica, gula, serta SAORI® saus tiram. Terakhir, tuang sedikit air lalu aduk rata hingga semua sayuran matang. Kombinasi manis-asin yang umami dari SAORI®, jadi kunci kelezatan resep tumis pakcoy ini.


Resep Tumis Brokoli ala Masako®


Resep tumis brokoli yang satu ini memang praktis dan sederhana, tapi bisa menggugah selera dengan variasi warna dan kekuatan rasa khas Masako®. Tak sampai 10 menit, sudah bisa Mama sajikan.

Untuk menambah gizi, Mama bisa siapkan potongan sosis dan jagung manis sebagai teman bagi brokoli. Sebelum diolah, rendam dulu brokoli di dalam air garam ya!  


Kalau sudah siap, awali proses memasak dengan menumis bawang putih dan bawang bombay hingga wangi. Selanjutnya, masukkan brokoli, jagung manis, serta sosis, lalu aduk-aduk hingga merata.


Terakhir, taburkan semua gula pasir, lada bubuk, dan tentu saja Masako® Rasa Ayam. Rasa sedikit pahit yang kadang-kadang muncul pada brokoli, akan tertutup oleh rasa Masako® yang kuat dan kaya. Silahkan Mama coba! 


Resep Tumis Labu Siam Wortel ala AJI-NO-MOTO®


Khasiat labu siam tak ada yang meragukan. Mulai dari kemampuannya mengontrol gula darah, mencegah kanker, hingga membantu ibu hamil tetap sehat. Sayangnya, tak semua suka dengan rasa aslinya. 


Untungnya, Dapur Umami punya ide resep yang membuat labu siam lezat menjadi santapan saat sarapan. Mama hanya perlu menyiapkan labu siam kecil dan wortel yang dipotong kecil seukuran korek api sebagai sayuran utama dalam menu ini. 


Selanjutnya, siapkan wajan dan tumis bawang putih, bawang merah, cabe, salam, dan lengkuas hingga harum. Kemudian, tuang sedikit air lalu masukkan labu siam serta wortel. Terakhir, tabur garam dan AJI-NO-MOTO®. 


Rasa umami yang terdapat pada AJI-NO-MOTO® dapat meningkatkan selera makan sayuran jika Mama menambahkannya pada berbagai resep!


Resep Tumis Sawi Hijau ala AJI-NO-MOTO®


Sawi hijau sangat mudah Mama temukan di pasar. Namun, untuk mengolahnya menjadi menu yang menggugah selera, Mama perlu resep yang tepat. Dapur Umami punya ide yang bisa dicoba di rumah untuk mengolah sawi hijau menjadi hidangan lezat namun tetap praktis.


Pertama, iris dan potong semua bahan! Mulai dari bawang putih, cabai merah besar, sawi hijau, serta tahu kuning. Kemudian, mulailah memasak dengan memasukkan potongan tahu kuning dan tumis hingga warnanya berubah.


Setelah itu, tuang bawang putih dan cabai, lalu tumis hingga harum. Selanjutnya, giliran sawi hijau yang Mama masukkan ke dalam masakan. Untuk penyedapnya, cukup tambahkan garam dan AJI-NO-MOTO®, rasanya sudah jaminan juara!


Menu tumis aneka sayuran yang tadinya mungkin kurang populer di lidah keluarga Mama, bisa berubah jadi primadona dengan menambahkan rasa umami. Mama bisa jajal resep Tumis Sawi Hijau ala AJI-NO-MOTO® satu per-satu untuk membuktikannya. 


Kalau setelah itu Mama butuh inspirasi masakan tumis lagi, mampir saja ke Aneka Masakan Tumis Sederhana Ala Dapur Umami untuk Keluarga untuk dapatkan resep lainnya! 












Source of thumbnail: Assorted Green Vegetables by Billion Photos
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.