Artikel & Tips Kreasi Hidangan Udang dengan Saus Lezat ala SAORI®
Kreasi Hidangan Udang dengan Saus Lezat ala SAORI®

Kreasi Hidangan Udang dengan Saus Lezat ala SAORI®

14 Feb 2023, 17:02

Udang, yang merupakan seafood yang hidup di perairan khususnya sungai laut atau danau itu pada dasarnya sudah gurih dan lezat. SAORI® bisa menghadirkan hal yang ekstra untuk membuat sajian udang lebih menggugah.


Dengan SAORI®, Mama bisa mengeksplorasi udang dan diolah menjadi lauk pauk yang lezat dan tidak monoton. Buat Mama yang belum tahu, SAORI® ini merupakan produk saus dari AJI-NO-MOTO® yang memiliki berbagai varian rasa. Tentunya, semua rasa ini lezat dan bisa Mama sesuaikan dengan selera.


Selain lezat, saus instan ini juga pastinya dapat membuat waktu dan energi Mama saat memasak lebih efektif. Tidak butuh waktu yang begitu lama untuk menghadirkan sajian udang yang kreatif. Yuk buktikan langsung dengan mencoba berbagai resep berikut ini, Ma!


Resep Udang Saus Mentega

Cita rasa mentega yang harum dan gurih, bisa Mama dapatkan dari SAORI® Saus Mentega. Saus yang meresap ke bagian dalam udang, dapat membuat rasa udang yang gurih menjadi ekstra gurih. Bukan hanya itu, teksturnya juga menjadi lebih khas dan ada efek creamy.


Untuk membuat resep udang saus mentega, mulailah dengan menumis irisan bawang bombay sampai harum. Kemudian, masukkan udang serta daun kucai. Saat udangnya sudah berubah warna, masukkan SAORI®. 


Pastikan sausnya merata ke seluruh udang di dalam wajan, lalu angkat ketika saus sudah meresap. Selanjutnya, sajikan deh udang ini bersama nasi hangat. Nikmatnya tentu jadi double.


Resep Udang Saus Lada Hitam

Citarasa pedas dengan efek hangat ala saus lada hitam (blackpepper) tak diragukan kelezatannya. Tapi, untuk membuatnya perlu sejumlah bahan dan waktu. Untungnya, dengan SAORI® Saus Lada Hitam, Mama bisa mendapatkan kelezatannya secara praktis! Termasuk, kalau mau mengolahnya bersama udang.


Membuat resep udang saus lada hitam ini juga sama praktisnya dengan rekomendasi resep pertama kami. Mama hanya perlu menumis udang dengan bawang bombay. Namun pastikan, sebelum memasukkan udang, bawang bombay yang Mama tumis sudah layu.


Terakhir, Mama cukup tambahkan SAORI®. Tak perlu tambahan penyedap rasa lainnya, karena SAORI® Lada Hitam terdiri dari racikan bumbu dan lada hitam terbaik yang bikin rasa hidangan jadi ala restoran.


Resep Udang Pedas Saus Tiram

Untuk mendapatkan rasa eksklusif saus tiram, Mama dan keluarga tak perlu berkunjung ke resto oriental. Cukup membeli stok SAORI® Rasa Saus Tiram dan memasaknya sendiri di rumah. Lebih hemat tanpa perlu ragu rasanya berbeda dengan versi resto.


Langkah pertama untuk membuatnya, tumis bawang bombay. Kalau teksturnya sudah layu, masukkan jahe sampai harumnya terasa. Selanjutnya, tambahkan kacang kapri, tuangkan air, dan masukkan udang. Masak sampai warna udang berubah.


Setelah itu, Mama bisa memasukkan SAORI®, saus tomat, saus sambal, merica, serta garam untuk membuat rasanya semakin variatif. Tambahkan lagi air secukupnya dan aduk sampai teksturnya sausnya mengental. Kalau sudah, sajikan deh udang pedas saus tiram di meja makan. 


Kombinasi udang yang gurih, berpadu dengan bumbu asam manis dengan tekstur creamy, bisa menjadi penambah nafsu makan yang efektif bagi keluarga.


Resep Omelet Udang Saus Teriyaki

Apakah Mama termasuk yang sering membuat omelet untuk hidangan sarapan? Sesekali, coba kreasikan omelet dengan udang dan SAORI® Saus Teriyaki. Dengan sentuhan kreativitas, suasana meja makan keluarga bisa menjadi lebih hidup dan penuh antusias.


Bagaimana membuatnya? Tumis dulu udang sampai berubah warna, sisihkan. Kemudian, buat omeletnya dari campuran kocokan telur, daun bawang, garam, serta merica. Masak dalam wajan, lalu bentuk melipat, dan angkat saat matang. Sisihkan.


Kini, saatnya membuat saus. Caranya, tumis bawang putih sampai harum, lalu tambahkan saus sambal, air, SAORI®, cabai merah, perasan jeruk nipis, dan aduk-aduk sampai kental. 

Terakhir, Mama bisa menata omelet, udang dengan jenis udang berukuran kecil (tidak musti berukuran besar ya, Ma), serta sausnya dalam piring dengan cantik. Resep omelet udang saus teriyaki ini siap untuk menjadi sajian favorit keluarga!


Dengan proses yang praktis dan rasanya yang variatif, resep-resep udang di atas juga sangat cocok jadi bekal sekolah anak atau bekal kerja suami. Namun, jangan lupa, lengkapi juga dengan lauk-pauk lain dalam kategori sayuran. Dapur Umami juga punya lho aneka resep sayur yang bisa Mama coba di rumah untuk melengkapi nutrisi sajian udang spesial kami.


Kalau Mama sering-sering main ke Dapur Umami, dijamin nggak akan pernah kehabisan ide masak deh!





Source of thumbnail: Lampos Aritonang by Unsplash
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.