Artikel & Tips Ide Sup Bakso Praktis untuk Tingkatkan Nafsu Makan Malam
Ide Sup Bakso Praktis untuk Tingkatkan Nafsu Makan Malam

Ide Sup Bakso Praktis untuk Tingkatkan Nafsu Makan Malam

22 Feb 2023, 16:02

Bakso menjadi salah satu lauk yang paling cocok berpadu dengan kuah yang segar. Buktinya, olahan daging khas Asia Timur ini mungkin sering Mama jumpai membersamai berbagai sajian makanan kuah. Termasuk, sup. 

 

Rasa gurih serta teksturnya yang kenyal dan empuk, menjadi salah satu alasan bakso bisa blend dengan kuah sup. Dapur Umami punya sejumlah resep sup dengan campuran bakso yang dapat Mama pertimbangkan untuk sajian menu makan malam.

 

Bukan hanya menawarkan kelezatan, tapi juga kehangatan dengan kuah beserta kaldunya (kuah kaldu) yang menggugah selera berkat aneka bumbu spesial Dapur Umami. 

 

Resep Sup Bakso Suki ala Sajiku®

Bagi Mama yang belum tahu, suki atau sukiyaki adalah hidangan kuah ala Jepang yang biasanya berisi campuran bakso seafood, jamur, serta aneka sayuran. Untuk menikmati kelezatannya, Mama tak perlu datang ke restoran. Bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Dapur Umami punya resepnya yang tak kalah menggugah!

 

Mulai membuatnya dengan memanaskan air. Kemudian, masukkan minyak goreng, bakso suki, serta jamur kuping ke dalam rebusan. Aduk rata dan masak sampai kondisinya setengah matang.

Kalau sudah, Mama dapat menambahkan Sajiku® Bumbu Sayur Sup, aduk hingga tercampur dalam kuah. Selanjutnya, masukkan irisan daun bawang dan sawi hijau. Cukup aduk sebentar saja, lalu angkat dan sajikan resep bakso suki ini ke meja makan. 

 

Bagi Mama yang suka pedas, silahkan siapkan sambalnya agar semakin nikmat.

 

Resep Sup Oyong Bakso Ikan ala Masako®

Oyong merupakan salah satu jenis sayuran dengan khasiat yang cukup banyak. Tapi untuk mengonsumsinya, Mama sebaiknya mencampurkan oyong dengan bahan lain seperti bakso. Selain itu, pastikan kuahnya juga kaya rasa. Jadi, rasa oyong yang pada dasarnya mungkin kurang akrab di lidah, bisa diterima keluarga.

 

Nah, resep oyong bakso ikan ini bisa jadi solusi untuk Mama. Prosesnya sangat praktis. Mama bisa memulainya dengan menumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan potongan oyong dan bakso ikan. Setelah itu, aduk-aduk sebentar, tambahkan air, jika suka, bisa berikan sedikit garam gula, dan taburkan Masako® Rasa Ayam.

 

Sisanya, Mama hanya perlu menunggu oyong dan baksonya masak. Cita rasa umami yang Masako® hasilkan, sudah cukup membuat sajian oyong ini dapat Mama hidangkan dengan penuh percaya diri kepada anak dan suami di rumah. Percaya deh!

 

Resep Sup Bakso ala Masako®

Resep sup ini mungkin akan tampak klasik dan mampu mengajak Mama merekam memori ketika kecil. Campuran dari olahannya, sangat mungkin sudah pernah Mama rasakan. Namun, dengan tambahan penyedap Masako®, rasa dari sup ini dapat menjadi ekstra spesial. Yuk, buktikan! 

 

Untuk membuatnya, siapkan dulu bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, serta lada bubuk. Kalau sudah, tumis bumbunya sampai harum. Kemudian, masukkan air dan seledri, lalu tunggu sampai airnya panas dan mendidih. 

 

Mendidihnya air adalah tanda bagi Mama untuk segera menambahkan Masako® Rasa Ayam serta gula. Setelah itu, secara berturut-turut, Mama bisa memasukkan bakso, potongan tahu. Sebelum menuangkannya, Mama dapat menambahkan sawi hijau segar untuk melengkapi nutrisi pada resep sup bakso khas Masako®.

 

Resep Sup Krim Bakso Kentang ala Masako®

Resep pamungkas ini spesial untuk Mama yang mungkin bosan dengan kuah sup yang bening. Mama dapat menyajikan bakso kentang dengan kuah creamy yang mungkin rasanya baru untuk keluarga. Mama tak perlu khawatir soal rasa, kreasi ini sudah Dapur Umami uji langsung untuk membuktikan rasanya memang lezat.

 

Cara membuat bakso kentangnya tak begitu sulit. Adonannya terbuat dari campuran kentang kukus halus, bayam cincang, kuning telur, bawang putih halus, tepung terigu, serta margarin. Sebelum dicampur bersama sup, adonannya harus Mama rebus dulu sampai matang.

 

Kalau baksonya sudah siap, buatlah kuah sup creamy-nya. Bahannya terdiri dari bawang bombay, tepung terigu, susu, garam, merica, serta Masako® Rasa Sapi. Pastinya, sangat mudah Mama dapatkan di pasar. Untuk proses lengkap membuatnya Mama bisa langsung cek resep sup krim bakso kentang.

 

Bagaimana, mana resep sup bakso yang paling menarik minat Mama untuk mengolahnya? Kalau Mama masih punya waktu santai, Mama bisa eksplorasi resep sup lezat spesial lainnya dari Dapur Umami sebelum memutuskan. Tapi kalau sudah ada resep yang bikin ngiler, langsung siap-siap saja membuatnya sekarang Ma. Selamat mencoba!

 

 

 
Source of thumbnail: beef ball fried dark wooden surface by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.