Artikel & Tips Ide Sajian Salad untuk Makan Siang Berprotein yang Lezat
Ide Sajian Salad untuk Makan Siang Berprotein yang Lezat

Ide Sajian Salad untuk Makan Siang Berprotein yang Lezat

22 Feb 2023, 16:02

Buat Mama yang sedang diet, memilih salad sebagai jenis makanan siang tentu pilihan bagus. Hanya saja, Mama perlu mengolah salad menjadi kreasi yang menggugah selera agar semangat memakannya. Selain itu, pastikan nutrisinya juga lengkap untuk menunjang aktivitas siang hari tetap produktif.


Kali ini, Dapur Umami akan membagikan beberapa resep salad makanan sehat yang dapat membantu diet Mama sukses sesuai tujuan. Dengan tambahan bahan-bahan lain yang menjadi sumber protein, kebutuhan gizi terpenuhi dengan seimbang. Dengan aneka bumbu spesial Dapur Umami, rasanya akan semakin nendang! 


Resep Salad Sayur Mayo Pedas ala Mayumi®

Sensasi rasa pedas salah satunya dapat meningkatkan nafsu makan. Rasa bahan-bahan salad yang umumnya cenderung hambar, dapat tetap memicu selera jika Mama menaruh saus pedas dalam salad. Namun, pastikan agar bumbunya juga memang sehat dan higienis. 


Mayumi® Pedas adalah rekomendasi saus salad yang Dapur Umami rekomendasikan. Mama dapat menaruh saus ini dalam campuran salad yang terdiri dari jagung manis, wortel, serta selada segar. Untuk proteinnya, Mama dapat memasukkan protein hewani dari potongan telur rebus sekaligus protein nabati dari kacang merah. 


FYI, kacang ini sejak lama jadi andalan pegiat diet karena selain mengandung protein, ia mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi untuk membuat perut kenyang lebih lama. Jadi, terbukti kan resep salad sayur mayo ini layak jadi opsi yang menarik?


Resep Salad Thousand Island ala Mayumi®

Thousand island adalah salad dressing spesial yang memiliki rasa asam khas dan dapat menghidupkan rasa hambar pada sayuran. Mama dapat mengaplikasikan dressing ini untuk membuat sajian salad lebih segar dan menggugah pada menu makan siang dan makan malam. Tentu, dengan campuran bahan bernutrisi lengkap.


Kalau Mama berminat menyajikannya, Cara membuat salad sayur ini mulailah dengan menyiapkan wadah berisi acar timun, saus tomat, dan Mayumi®. Selanjutnya, aduk merata dan masukkan aneka jenis sayuran. Dalam resep ini, Dapur Umami sarankan Mama untuk menggunakan kombinasi jagung pipil, bawang bombay (jika suka), selada, buncis, tomat, serta wortel.


Sajian salad thousand island ini dapat Mama gunakan sebagai makanan pembuka sebelum memasuki hidangan utama makan siang. Pilihan lain untuk menyeimbangkan kadar nutrisinya, Mama dapat menambahkan sumber protein lain seperti telur rebus dalam hidangan ini.


Resep Ayam Salad Don ala AJI-NO-MOTO®

Kalau resep salad yang satu ini jauh dari rasa asam khas mayonaise karena sama sekali tidak menggunakan bumbu mayo. Lebih cocok bagi Mama yang ingin menyantap salad dengan rasa yang gurih dan umami. Namun tenang, ini tak sama sekali mengurangi esensi salad yang identik dengan selada.


Ayamnya dapat Mama olah dengan menumis bersama cabai, kecap asin, kecap manis, garam, serta AJI-NO-MOTO®. Saat matang, Mama bisa menaruh ayamnya di atas susunan nasi serta selada. 


Jika Mama ingin menghadirkan aroma yang lebih menggugah, tuangkan daun jeruk dan irisan bawang putih yang sebelumnya sudah Mama tumis kering. Gurihnya ayam don salad ini siap menjadi sajian lengkap untuk memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi Mama saat siang hari.


Resep Fish and Chips with Salad ala Mayumi®

Satu lagi hidangan salad spesial bernutrisi lengkap dan seimbang yang wajib Mama pertimbangkan untuk mengolahnya siang ini. Fish and Chips salad dengan cita rasa restoran ini menggabungkan aneka komponen bahan makanan dengan rasa berbeda namun menyatu sempurna.


Ada dua komponen utama yang wajib Mama siapkan. Pertama, ikannya yang menggunakan ikan dori crispy. Mama dapat menggorengnya dengan baluran adonan kering dan basah Sajiku® Tepung Bumbu. 


Kedua, saus mayonaise sayur yang terdiri dari sejumlah bahan. Cara membuat sausnya adalah dengan mencampurkan acar mentimun, kacang polong, telur rebus, serta Mayumi® dalam satu wadah, aduk rata. 


Dua hidangan utama ini dapat Mama lengkapi dengan sumber karbohidrat dari kentang goreng. Nah, resep fish and chips salad kini siap untuk Mama santap sebagai menu makan siang spesial.

Bukan hanya memastikan kesehatan, kelezatan dalam makanan harian juga jangan Mama lewatkan ya! Aneka resep salad dari Dapur Umami memiliki kriteria yang lengkap untuk menjawab kebutuhan Mama terhadap dua hal tersebut. Selamat mencoba sajian salad dan menikmati kelezatannya ya Ma!




Source of thumbnail: diet menu healthy salad fresh vegetables tomatoes egg onion healthy meal concept by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.