Artikel & Tips Ide Olahan Sayur Spesial yang Lezat, Cocok untuk Makan Malam
Ide Olahan Sayur Spesial yang Lezat, Cocok untuk Makan Malam

Ide Olahan Sayur Spesial yang Lezat, Cocok untuk Makan Malam

09 Feb 2023, 12:02

Malam hari makan sayur itu bakal nikmat, asalkan menggunakan cara dan bumbu yang tepat.


Buat Mama yang masih bingung nanti malam mau masak apa, ide resep masakan sayur dari Dapur Umami ini bisa membantu. Kami punya sejumlah ide mengolah sayuran yang tidak monoton, tapi tetap tidak begitu sulit untuk mempraktekannya.


Bahkan, bukan tidak mungkin anak dan suami di rumah merasa tidak sedang makan sayur, padahal dalam resepnya mengandung banyak sayur. Menarik, bukan? Mama bisa mulai bayangkan dari sekarang, mereka semua lahap menyantap sayuran yang mana sayuran merupakan salah satu bahan makanan untuk dikonsumsi yang kaya vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh tersebut. 


Tapi jangan lama-lama membayangkannya, selanjutnya langsung coba saja!


Resep Capcay Mie ala Sajiku®

Dapur Umami sih yakin banget, mie adalah salah satu makanan favorit sebagian dari keluarga Mama di rumah. Kalau iya, Mama bisa membuat mie yang kaya dengan sayuran agar gizi pada sajiannya lebih banyak. Jadi, anggapan kalau mie itu hidangan yang kurang baik untuk medis, tertolak dengan resep ini!


Selain menggunakan ayam, capcay mie versi Dapur Umami ini menggunakan aneka sayuran seperti wortel, buncis, jamur kancing, dan jagung muda. Mama bisa menumis semuanya sampai semua sayur jadi layu. 


Hal yang membuat spesial adalah Sajiku® Bumbu Capcay yang wajib Mama hadirkan dalam masakan untuk keluarga. Bumbu khas oriental yang terbuat dari bahan-bahan pilihan ini jadi jaminan capcaynya enak. Terakhir, Mama bisa mencampurkan capcay dengan mie yang sudah direbus.


Resep Nasi Goreng Daging Sayur ala Sajiku®

Selain mie, makan nasi goreng di malam hari juga jadi favorit banyak orang di Indonesia. Buktinya, banyak tuh yang jual hidangan ini saat malam. Tapi untuk malam ini, mending Mama bikin sendiri dengan menjajal resep Dapur Umami ini. Karbohidratnya ada, proteinnya ada, vitamin dan mineral juga ada!


Untuk membuatnya, mulai dengan menumis potongan daging dengan minyak goreng sampai warna mentahnya berubah. Kemudian, masukkan potongan wortel, nasi putih, serta Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Rasa Ayam secara berturut-turut. Pastikan semuanya Mama aduk sampai rata.


Selanjutnya, tuangkan irisan daun bawang untuk menambah aroma. Kami rekomendasikan, siapkan juga irisan atau suwiran telur dadar untuk melengkapi kesempurnaan resep nasi goreng daging sayur ini.


Resep Kentang Goreng Bolognese ala Masako®

Kalau yang Mama cari adalah makan malam yang agak ringan, sepertinya resep ini paling cocok. Bukan nasi, bukan juga mie, tapi Mama jadikan kentang untuk menjadi sumber karbo.


Untuk kentangnya, Mama bisa gunakan kentang goreng instan atau bikin sendiri. Tergantung selera sih, yang penting goreng kentangnya sampai matang. Selain itu, siapkan juga potongan sosis goreng supaya variasi rasanya lebih enak.


Sementara saus bolognese, Mama bisa buat dengan cara menumis bawang bombay, bawang putih, dan daging giling. Kemudian, berikan aneka bumbu dan rempah berupa pasta tomat, saus tomat, lada, daun thyme, gula pasir, parutan wortel, oregano, serta Masako® Rasa Sapi. Terakhir, campurkan saus ke kentang dan sosis yang sudah Mama sajikan di satu piring.


Kalau masih kurang jelas, selengkapnya silahkan cek resep kentang goreng bolognese ini.


Resep Kacang Panjang Gulung Daging ala AJI-NO-MOTO®

Bikin sayur kacang panjang biasa mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana dengan memasak sayuran kacang panjang gulung daging? Dapur Umami kira, nggak semua Mama pernah dengar resep ini. Benar, kan? Jadi, mari kita coba!


Cara membuatnya, siapkan dulu daging untuk penggulungnya. Buat dari irisan daging yang dibentuk pipih. Lalu, potong juga kacang panjang dengan panjang ukuran yang sama. Kemudian, bungkus masing-masing lima potong kacang panjang beserta daging dan sematkan dengan memakai tusuk gigi.


Setelah itu, Mama bisa tumis bumbu yaitu bawang bombay, kemudian masukkan kacang panjang gulung daging, lalu masak deh sampai daging matang. Terakhir, tuang bumbu-bumbunya yang terdiri dari garam, gula, tomat halus, serta AJI-NO-MOTO®. Cara kreatif ini mungkin bisa jadi pemicu semangat keluarga makan kacang panjang!


Tahu nggak, Ma? Sebenarnya, ide-ide di atas hanya secuil saja lho dari berbagai resep sayur spesial ala Dapur Umami. Mama masih bisa eksplorasi lebih banyak resep dengan mengunjungi situs kami. Pastinya, nggak bakal kehabisan ide deh kalau mau mengolah sayur!




Source of thumbnail: top view assortment vegetables paper bag by Freepik


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.