Artikel & Tips Beragam Masakan Daging dengan Kuah Segar untuk Makan Siang
Beragam Masakan Daging dengan Kuah Segar untuk Makan Siang

Beragam Masakan Daging dengan Kuah Segar untuk Makan Siang

22 Feb 2023, 15:02

Siang-siang sepertinya enak ya kalau makan daging dengan kuah yang gurih dan segar? Energi yang mulai berkurang serta suasana mood yang mulai turun, bisa naik lagi dengan hidangan-hidangan semacam ini. Daging untuk isi energi, kuahnya untuk booster mood.  Setuju nggak sih, Ma? 


Buat yang setuju, pastikan baca artikel ini sampai habis. Dapur Umami ada sejumlah rekomendasi olahan daging dengan kuah yang bumbunya bisa memuaskan ekspektasi Mama dan keluarga di rumah dan bisa digunakan untuk referensi Mama dalam memperkaya cita rasa di dapur Mama. Pastinya, dengan aneka bumbu spesial yang menjadi kunci kelezatannya. 


Kalau penasaran, langsung saja cek rekomendasi kami berikut ini!


Resep Garang Asem ala Sajiku®

Dominasi rasa gurih, asam, dan pedas ala olahan daging khas Jawa Tengah ini bisa jadi jaminan kelezatannya sesuai yang Mama harapkan. Sekedar info saja, penamaan garang asem itu sendiri dalam bahasa Jawa memang karena rasanya ‘garang’ (pedas) dan ‘asem’ (asam).


Proses membuatnya bisa Mama mulai dengan merebus daging dan kluwek halus secara terpisah. 


Setelah itu, tumis bawang merah, bawang putih, serai, cabai merah, cabai hijau rawit, serta kluwek. Kemudian, tuangkan sisa air kluwek, masukkan daging, dan taburkan Sajiku® Bumbu Sayur Asem. Sajiku® ini adalah bumbu kuncinya yang jangan Mama lewatkan. 


Sisanya, Mama tinggal tunggu sampai mendidih dan bumbunya meresap. Kalau sudah, sajikan selagi masih hangat bersama nasi. Sekali coba resep garang asem daging, bisa auto nambah terus.


Resep Sup Sawi Daging Sapi ala Masako®

Untuk Mama yang cari resep daging dengan kuah segar tapi tidak terlalu strong, resep sup sawi daging ini bisa jadi pilihan. Komposisi resep ala Dapur Umami ini juga dilengkapi dengan bahan-bahan lain yang membuat gizinya lebih tinggi. Jadi, semakin cocok lagi kalau saat ini Mama sedang hamil atau menyusui. 


Jika Mama tertarik membuatnya, mulailah dengan memotong daging kotak-kotak dan merebusnya dulu sampai empuk, sisihkan. Setelah itu, masak bawang merah, bawang putih, serta cabai hijau keriting. Kemudian, tambahkan air, belimbing wuluh, sawi, daging sapi, dan Masako® Rasa Sapi.


Buat Mama yang belum pernah coba, belimbing wuluh itu selain punya kandungan vitamin C, ia juga punya rasa yang segar lho Ma! Pas deh pokoknya kalau resep sup sawi daging ini Mama konsumsi siang-siang. 


Resep Terik Daging Sapi ala Masako®

Masakan dengan kuah kental dan segar khas Solo ini biasanya jadi langganan masyarakat ketika musim Idul Adha. Namun, tidak ada salahnya kok kalau Mama membuatnya kapan saja. Termasuk, hari ini. Kalau belum menemukan resep yang menarik, langsung gas saja eksekusi resepnya.


Daging yang paling pas untuk olahan ini adalah bagian sandung lamur. Untuk bumbunya, siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jinten, kemiri, serta ketumbar. Kalau sudah siap, langsung tumis bumbu halusnya sampai harum.


Setelah itu, masukkan daging sapi, santan, larutan asam jawa, gula merah, serta Masako® Rasa Sapi. Saat santannya mulai menyusut, Mama bisa tambahkan potongan buncis untuk memperkaya gizi hidangan ini. Kemudian, masak sebentar saja dan sajikan di meja makan keluarga. Terik daging sapi kini siap disantap!


Resep Soto Daging Santan Kuning ala Masako®

Banyak sekali varian soto daging yang populer di nusantara. Perbedaan bahan yang menghasilkan kuah beraneka ragam jenisnya adalah salah satu pembeda aneka soto di berbagai daerah. Salah satu kuah yang segarnya tak perlu Mama ragukan adalah kuah kuning bersantan. Yuk, cobain Ma!


Untuk menghilangkan bau amis pada daging, Mama dapat merebusnya dulu bersama daun jeruk dan daun salam sampai teksturnya empuk. Setelah itu, mulailah menumis bumbu halusnya yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, serta ketumbar. Tambahkan juga daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, serta air ketika bumbu halusnya terasa harum. 


Kemudian, masukkan daging sapi dan aneka bumbu penyedapnya yakni Masako® Rasa Sapi, gula, serta lada. Terakhir, Mama bisa menambahkan santan lalu tunggu sampai kuahnya mendidih dengan menggunakan api kecil. Saat penyajian soto daging santan kuning, Mama boleh melengkapinya dengan bawang goreng atau jeruk nipis. 


Kalau boleh Dapur Umami tebak, Mama pasti sudah mulai bisa membayangkan bagaimana kesegaran dari berbagai resep daging di atas. Benar kan? Jika benar, tunggu apalagi Ma, ayo mulai siapkan daging terbaik dan bahan-bahannya, lalu mulai memasak!




Source of thumbnail: delicious goulash ready dinner by Freepik
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.